Bahan Katun Twill atau Katun Cina, Inilah Karakteristik dan Ciri-cirinya

Bahan katun memang tidak ada matinyaa ya Sahabat muslimah, karena dari jenis ini banyak sekali turunan atau cabang bahan katun yang hampir semuanya sangat bagus dipakai untuk membuat busana muslimah yang nyaman dan enak dipakai serta mempunyai warna-warna yang sesuai dengan selera kaum perempuan.

Contoh bahan katun twill atau katun cina untuk celana chinos
Contoh bahan katun twill atau katun cina untuk celana chinos. image: celana-chinos.com

Nah setelah pada artikel sebelumnya kita telah membahas beberapa macam bahan kain maka sekarang giliran kita untuk menjelaskan apa itu bahan kain twill beserta ciri-cirinya. Bagi sahabat yang sudah mengetahui jenis bahan kain ini, mohon bisa dikoreksi jika ada penjelasan yang kurang valid, dan bagi sahabat yang belum mengetahui, semoga dapat menjadi tambahan ilmu pengetahuan tentang macam-macam jenis kain khususnya kain katun.

Apa Itu Bahan Katun Twill atau Katun Cina

Bahan katun cina atau Twill ini merupakan salah satu jenis kain yang cukup digemari oleh muslimah untuk dibuat berbagai macam dan model busana muslimah syar’i, rok dn celana serta dress atasan. Namun jangan salah,karena jenis kain ini ternyata juga dipakai untuk bahan busana pria yaitu celana Chinos yang sekarang sedang populer dipakai oleh para pria.

contoh kulot dari bahan katun twill
contoh kulot dari bahan katun twill. image: bukalapak

Kain katun Twill atau katun Cina ini memiliki kualitas yang hampir sama dengan katun Jepang. Namun katun Twill pada umumnya memiliki tekstur kain yang lebih tipis dan dari segi warna kurang kuat atau kurang mencolok. Selain itu Twill juga memiliki campuran spandex 2%, sehingga Twill akan memiliki kelenturan apabila mendapatkan tekanan. Selain itu akan mengunci warna sehingga tidak mudah pudar. Oleh sebab itu bahan Twill ini sering digunakan untuk busana muslim karena memiliki kelenturan. Kelenturan ini juga menjadikan busana muslim menjadi tahan lama.

Ciri lain dari bahan katun twill ini adalah dari gaya menenunnya yang berpola diagonal. Kain ini memiliki tekstur yang lumayan ringan, apalagi jika ditenun dengan wol akan menghasilkan kualitas kain yang bagus, meski tidak efektif jika digunakan di suhu dingin. Twill memiliki teksture layaknya drill, perbedaannya terletak pada ketebalannya yang lebih tebal dari drill. Selain biasa digunakan untuk kain celana Chinos, kain Twill juga cocok digunakan untuk bahan jaket.

Baca juga:

Inilah Bahan Katun dan Ciri-cirinya Yang Wajib Sahabat Ketahui

Karakteristik dan Ciri-ciri Kain katun Twill

Beberapa ciri-ciri dan karakteristik dari bahan katun twill atau katun cina ini antara lain:

  • Katun Twill memiliki permukaan yang sama dengan drill, yaitu berbentuk diagonal
  • Memiliki kualitas yang hampir sama dengan bahan katun jepang, sehingga tergolong kain yang adem dan nyaman dipakai.
  • Tekstur kain twill tipis dan warnanya kurang mencolok
  • Banyak yang menggunakannya untuk bahan sprei yang nyaman dan adem dipakai
  • Bahan kain ini termasuk kuat dan tahan lama serta mudah perawatannya
  • Bahan katun twill memiliki daya serap keringat yang bagus namun tidak sebagus dengan katun Jepang.
  • Katun twill bertekstur kasar tapi lembut jika kita pegang.

Penggunaan Bahan Katun Twill

Sekarang ini banyak desainer yang pintar untuk memadukan dan mencoba jenis bahan kain yang berbeda-beda untuk mendapatkan hasil busana muslimah yang bagus, adem dan nyaman dipakai. Untuk bahan katun twill ini sendiri karena karakteristiknya yang kuat dan tahan lama namun adem maka banyak yang menggunakannya untuk seragam lapangan seperti kemeja dan celana panjang, namun banyak juga yang menggunakannya untuk busana muslim syar’i.

contoh gamis syar'i dari bahan katun twill
contoh gamis syar’i dari bahan katun twill. image: butikdesitra.com

Demikianlah sahabat muslimah artikel yang mengulas bahan katun twill atau katun cina. Semoga dapat menambah pengetahuan kita tentang bahan kain yang sering dipakai untukmembuat busana muslim dan lainnya.

Leave a Reply