Inilah Bahan Moscrepe, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya

0
9

Gamisjilbabsyari.com – Hai sahabat bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Dalam artikel kali ini akan kami bahas tentang bagaimana bahan kain moscrepe, sifat dan karakteristiknya, serta kelebihan dan kekurangannya. Baik langsung saja kita kupas bagaimana bahan kain ini sebagai berikut.

Apakah Bahan Moscrepe Itu? Inilah Pengertiannya

Bahan Moscrepe merupakan salah satu jenis kain yang bisa dimasukkan ke dalam keluarga Crepe. Salah satu cirinya adalah dengan tekstur yang mirip seperti ada butiran pasir yang tersusun di permukaan kain. Jika sahabat melihat bahan ini dari jarak dekat, memang akan terlihat seperti ada pasir-pasir yang menempel, padahal sebenarnya itu adalah bagian dari serat kain itu sendiri.

contoh bahan moscrepe
contoh bahan moscrepe. image:tokopedia

Jenis bahan Moscrepe sebenarnya ada banyak dan karena teknologi pembuatan kain yang terus berkembang maka jenis kain ini juga akan terus bertambah. Namun secara umum karakteristik kain ini adalah cukup tebal, rabaannya halus, tidak menerawang dan tergolong kain yang jatuh.

Jika dilihat berdasarkan bahan utamanya, kain moscrepe umumnya dibuat dari serat rayon dan ditenun menggunakan mesin tenun dobby. Mesin tenun bermotif ini ditemukan pada tahun 1840. Salah satu karakteristik yang paling khas yaitu adanya gambar-gambar kecil (biasanya bentuk geometris) yang dibentuk langsung oleh struktur tenun kain tersebut.

Dengan mesin tenun dobby dan bantuan dobby card, pada seluruh permukaan kain moscrepe akan terbentuk pola butiran-butiran kecil seperti pasir secara berulang. Dari situ bisa didapatkan juga kain moscrepe yang ringan, jatuh dan cenderung lemas sehingga cocok digunakan untuk membuat berbagai macam busana wanita.

Bagaimana Kualitas Bahan Moscrepe, Baguskah?

Sebagaimana yang diulas diatas sebelumnya, keunggulan khusus yang dimiliki oleh kain Moscrepe ini dibanding saudaranya yaitu kain Crepe adalah serat kainnya yang agak melar ketika ditarik. Moscrepe kainnya agak tebal dan tidak transparan. Kainnya juga jatuh sebagaimana saudara-saudara Crepe yang lainnya. Jadi kalau sahabat akan menjadikannya busana muslim seperti jilbab dan gamis Syar’i, insya Allah tidak akan membuat kepanasan.

Baca Juga:  Inilah Bahan Kain Rayon, Karakteristik dan Jenis-jenisnya

Karakteristik Bahan Moscrepe

Setiap jenis bahan kain pasti mempunyai ciri-ciri dan karakteristik masing-masing yang membedakannya dengan bahan kain lainnya. Hal ini juga berlaku bagi bahan moscrepe, dimana jenia bahan kain premium ini mempunyai karakteristik yang membedakannya. Karakteristik bahan moscrepe ini antara lain sebagai berikut:

  1. Jika diperhatikan maka tekstur kain moscrepe tampak seperti kulit jeruk atau berpasir.
  2. Kain moscrepe mempunyai sifat yang ringan dan lentur.
  3. Serat kain moscrepe jauh lebih rapat dan jika ditarik sedikit elastis dibandingkan bahan kain wollycrepe dan bubble crepe
  4. Bahan ini lebih jatuh, lemas, tidak terlalu kasar dan tidak mudah kusut. Jika sahabat tidak suka menyeterika maka sangat cocok memilih bahan ini karena tanpa harus diseterika sekalipun permukaan kain moscrepe akan senantiasa tampak rapi.
  5. Bahan moscrepe tidak tansparan dan tidak menerawang. Namun demikian untuk moscrepe yang berwara putih sebaiknya tetap diberi tambahan furing.
  6. Masih nyaman sewaktu digunakan meskipun tidak dapat menyerap keringat dengan baik, tapi hal ini masih bisa disiasati dengan menambahkan kain furing sebagai pelapis dalamnya.
  7. Bahan ini sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan tunik, gamis dan khimar yang panjang.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Moscrepe

Kelebihan Bahan Moscrepe

Bahan moscrepe mempunyai kelebihan-kelebihan yang menjadikannya banyak dipilih untuk bahan busana muslim syar’i. Diantara kelebihannya, ada beberapa hal yang menonjol yaitu:

  1. Dibandingkan dengan bahan crepe yang memiliki ketebalan sama, kain moscrepe lebih ringan. Dengan begitu busana wanita yang dibuat dari kain moscrepe tidak terasa berat, walaupun menggunakan banyak bahan.
  2. Kain moscrepe seratnya cenderung rapat karena itulah tampilannya jadi tidak menerawang.
  3. Busana dari kain moscrepe jatuhnya tidak melekat di tubuh jadi sangat cocok digunakan untuk menutupi lekukan tubuh sehingga tetap cantik. Sifat seperti ini juga dimiliki bahan toyobo, tetapi kainnya glossy dan licin.
  4. Serat rayon yang menyusun kain moscrepe mampu mengikat warna dengan baik sehingga warna kainnya jadi lebih hidup. Pilihan warnanya pun juga sangat banyak dan beragam.

    contoh busana muslim dari bahan moscrepe
    contoh busana muslim dari bahan moscrepe. image:shopee.com

  5. Kain sejenis crepe biasanya bersifat mati (tidak lentur) atau lentur hanya ke satu arah vertikal atau horizontal saja, tapi ini tidak berlaku untuk moscrepe. Kain ini memiliki kelenturan ke arah vertikal maupun horizontal sehingga sangat nyaman dipakai seharian.
  6. Sensasi kasar dari tekstur moscrepe memang membuat pakaian seperti terasa panas. Untuk mengatasinya anda bisa meambahkan furing sehingga bagian yang kasar tidak bersentuhan langsung dengan kulit.
  7. Kain moscrepe termasuk bahan dengan rentang harga medium sehingga cocok bagi anda yang ingin memiliki busana yang berkualitas, tetapi harganya tetap terjangkau.
    Kain moscrepe tidak mudah kusut, kalaupun ada sedikit kusut tekstur kain akan menyamarkannya. Jadi tanpa disetrika sekalipun pakaian akan selalu terlihat rapi.
Baca Juga:  Busana Gamis Syar’i, Gamis Anggun yang Banyak Diminati

Kekurangan Bahan Moscrepe

Setelah diatas kita tampilkan bermacam kelebihan dari bahan kain ini, berikut adalah kekurangan yang akan sahabat jumpai pada bahan moscrepe ini yaitu:

  1. Kain moscrepe kurang tahan dengan suhu tinggi jadi sangat rentan rusak bila terkena panas setrika.
  2. Untuk kain moscrepe yang berwarna putih bahannya bisa jadi bersifat sedikit transparan sehingga perlu dilapisi kain furing supaya lebih aman.

Harga Bahan Moscrepe

Untuk harga dari bahan kain moscrepe lumayan bervariasi sesuai dengan grade dan kualitasnya. Sebagai contoh di Tokopedia untuk bahan moscrepe Grade A dijual mulai dari 10.250 rupiah sampai dengan 15.000 rupiah per setengah meter, sedangkan harga per 1 roll 150 yard mulai dari 2.250.000 rupiah.

Demikianlah sahabat gamisjilbabsyari untuk pengertian bahan moscrepe, karakteristik serta kelebihan dan kekurangannya, serta harga jual bahan ini di pasaran.Semoga dapat memberikan inspirasi bagi sahabat dalam memilih bahan kain yang cocok untuk dibuat busana muslim syar’i.

Leave a Reply