Inilah Bahan Katun Ima , Kelebihan dan Kekurangan Serta Penggunaannya

Bahan katun ima merupakan salah satu jenis katun yang lumayan populer di pasaran Indonesia setelah bahan katun jepang dan katun twill atau cina. Kain ini banyak dipakai untuk bahan pembuatan busana muslimah seperti baju gamis syar’i, jilbab, rok, dress, dan juga perlengkapan rumah seperti sprei dan perniknya. Namun apakah sahabat muslimah sudah mengetahui detil tentang jenis kain ini? Jika belum, kami akan mencoba memberikan gambaran lengkap tentang apa itu bahan katun ima bagi sahabat agar nantinya jika berbelanja bahan ini tidak akan salah dalam memilih.

Apa Itu Bahan Katun Ima

Bahan Katun ima adalah salah satu jenis kain katun yang tentunya dibuat dari bahan dasar serat kapas.

bahan katun ima
bahan katun ima. image: thermalblind.wordpress.com

Bahan ini memiliki sifat yang halus, rapi, dan jika digunakan menjadi busana akan memberikan efek dingin yang menyejukkan. Dan jika sahabat memperhatikan permukaan kain ini secara cermat maka akan terlihat garis-garis kecil yang memiliki warna senada dengan warna dasar kain.

Ciri-ciri Bahan Katun Ima

Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai iklim tropis sehingga para penduduknya lebih memilih busana yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat. Oleh karena itu bahan kain katun menjadi salah satu pilihan terbaik untuk berbagai jenis busana yang dibuat untuk orang Indonesia. Namun karena ada banyak jenis kain katun yang beredar di pasaran, tentunya sahabat muslimah ingin mengetahui ciri-ciri bahan kain katun ima agar tidak salah beli saat berbelanja kain.

Beberapa ciri-ciri dari bahan kain katun ima antara lain:

  • Adanya tulisan “Pure Cotton Japanese” yang berarti asli memakai serat katun 100% tanpa tambahan serat sintetis terlihat di bagian paling ujung katun import dari Negeri Sakura.
  • Katun ima memiliki tekstur yang tidak berbulu, lebih ringan, dan relative lebih lembut jika dibandingkan dengan jenis katun lainnya.
  • Serat katun alami yang dijadikan bahan utama katun Ima dapat menyerap keringat dengan sangat baik

    contoh gulungan kain katun ima di toko kain
    contoh gulungan kain katun ima di toko kain. image: tokopedia
  • Dilihat dari sisi harga, katun ima memiliki harga yang terbilang lebih mahal jika dibandingkan dengan katun biasa.
  • Banyak yang mengatakan jika katun ima memiliki tampilan fisik yang shiny atau mengkilap, tetapi ternyata katun yang yang shiny tersebut lebih disebut dengan katun sateen. Sateen dan satin adalah jenis kain yang berbeda. Sateen menggunakan struktur tenun satin tetapi menggunakan jenis benang yang berbeda yakni benang pintal bukan benang filament.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Katun Ima

Setelah mengetahui apa itu bahan katun ima dan bahan dasarnya, maka sekarang saatnya sahabat muslimah mengerti kelebihan dan kekurangan dari bahan kain ini.

Kelebihan Bahan Katun Ima

Jenis katun ima ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Memiliki daya serap keringat yang tinggi sehingga pemakainya tidak akan mudah kepanasan.
  • Memiliki permukaan kain yang lebih halus dibandingkan jenis katun lainnya.
  • Jenis kain ini tidak berbulu
  • Warnanya lebih awet dan bisa bertahan lebih lama.
  • Tidak membuat alergi karena terbuat dari serat alami
  • Tidak mudah kusut saat dicuci

​Kekurangan Bahan Katun Ima

Sama seperti bahan kain lainnya, jika ada kelebihan dari bahan kain ima maka tentu juga kain ini memiliki kekurangan yang sebaiknya sahabat ketahui, antara lain:

  • Bahan katun ima mudah kusut ketika dipakai
  • Jika direndam dalam detergent lebih dari 2 jam, pakaian/kain katun ima akan mudah rusak
  • Kain katun ini sangat mudah terkena jamur, oleh karena itu simpan katun ima di tempat yang kering.

Jenis-jenis Bahan Katun Ima

Di pasaran Indonesia paling tidak ada tiga jenis bahan kain ima yang banyak beredar antara lain katun ima slub (Japan), katun ima non slub (Japan), dan katun Ima buatan lokal.

Penggunaan Katun Ima

Penggunaan bahan katun ima untk busana muslimah ternyata banyak sekali.

katun ima luxury
katun ima luxury. image: imgrum.com

Hal ini karena corak garis-garis pada katun ima yang berasal dari benang slub dapat menampilkan kesan elegan dan rapi, sehingga kain ini sangat cocok digunakan untuk:

  • Dress
  • Gamis dan Baju Koko
  • Hijab, Kerudung, Jilbab
  • Mukena
  • Blouse wanita
  • Hand craft
  • Bedcover
  • Sprei

Selain itu katun ima juga memiliki ketebalan yang sedang, tidak terlalu tipis dan tidak tebal. Dengan ketebalan tersebut di kalangan masyarakat Indonesia yang memiliki penduduk muslim terbanyak, para kaum hawanya memanfaatkan kain tersebut sebagai hijab dengan berbagai bentuk kreasi.

Motif, Corak dan Warna Bahan Katun Ima

Bahan katun ima memiliki pilihan corak, motif dan warna yang beragam. Umumnya corak katun ima full colour, cerah, memiliki motif yang lucu, ceria, corak bunga-bunga yang dominan dan juga berbagai motif dan corak lain yang beragam yang terprint rapi di katun ima.

Katun ima yang sebagian besar adalah kain import dari jepang mungkin terinspirasi dari kain yang dikenakan sebagai pakaian khas negeri matahari terbit tersebut yakni kimono. Sebagian besar kimono memiliki warna-warna cerah dan memiliki banyak corak yang sama dengan katun ima.

Demikianlah sahabat muslimah berbagai hal yang perlu sahabat ketahui tentang bahan kain katun ima, salah satu bahan katun yang cukup populer pemakaiannya di Indonesia.Untuk bahan katun lainnya silahkan baca artikel kami tentang Jenis Bahan Katun dan Ciri-cirinya Yang Wajib Sahabat Ketahui

Semoga dapat menambah pengetahuan tentang bahan kain dan fashion sehingga dapat mengaplikasikannya secara tepat dalam pembuatan busana muslimah yang elegan namun tetap dalam batas syar’i dalam berbusana.

Leave a Reply