Inilah Tips Perawatan Rambut Rontok Yang Harus Anda Coba

0
692

Perawatan rambut yang rontok merupakan hal yang harus segera dilakukan saat sahabat muslimah mengetahui jika mahkota kepala sahabat tiba-tiba mulai berjatuhan, apalagi saat sahabat menyisir rambut dan merasakan banyak rambut yang jatuh, itu merupakan tanda bahwa rambut sahabat membutuhkan perhatian lebih.

perawatan rambut rontok
perawatan rambut rontok

Rambut memang merupkan salah satu bagian tubuh yang sangat vital terutama bagi penampilan kita. Apalagi bagi wanita muslimah, rambut yang sehat alami adalah hal yang sangat diidam-idamkan. Hal ini karena dalam merawatnya tentu akan sedikit lebih menyita waktu dan perhatian, karena dalam kehidupan sehari-hari rambut kita ditutup oleh jilbab yang kita kenakan. Jika rambut kita tidak dirawat dengan benar maka akan terjadi kerusakan seperti rambut rontok dan lepek, bercabang dan juga kering.

Nah sahabat muslimah, jika rambut kita rontok, apa yang harus kita lakukan untuk mengobatinya? Dalam artikel ini kami mencoba untuk memberikan tips perawatan rambut rontok yang mungkin sahabat alami, dengan menggunakan bahan-bahan alami yang banyak terdapat di sekitar kita. Dengan menggunakan bahan alami insha Allah akan membuat kita lebih sehat dan segar.

Berikut ini cara perawatan rambut rontok yang dapat sahabat muslimah pakai yaitu:

1.Hilangkan Stress dan Kegelisahan Berlebihan

Perasaan stress, gelisah dan tidak tenang tidak hanya berdampak pada pikiran saja, namun itu akan berdampak kepada kesehatan sahabat juga. Sebagai contohnya adalah rambut yang rontok bisa disebabkan karena pikiran yang stress dan tidak tenang. Hilangkanlah perasaan stress itu dengan cara lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, bertaubat, mohon ampun dan memohon pertolongan atas segala masalah yang sedang kita dihadapi. Dan yakinkanlah bahwa semua yang terjadi adalah dengan izin-Nya, sehingga yang dibutuhkan hanyalah pertolongan Allah Ta’ala. Insha Allah Allah akan memberikan kemudahan kepada kita.

2.Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini memang mempunyai banyak manfaat. Selain daunnya yang dapat dijadikan minuman kesehatan, tanaman lidah buaya ini juga terkenal dengan khasiatnya yang dapat mengobati masalah rambut rontok. Dalam daunnya ini terdapat kandungan zat yang dapat mengembalikan tekstur sel-sel kulit rusak dan meremajakan serta membentuk sel-sel jaringan rambut menjadi sehat dan mengobatikerontokan.

lidah buaya untuk mengobati rambut rontok
lidah buaya untuk mengobati rambut rontok

Untuk perawatan rambut rontok, caranya adalah dengan mengambil potongan daun idah buaya yang berukuran besar sehingga mempunyai daging yang tebal. Belahlah potongan daun lidah buaya tadi menjadi dua bagian dan kupaslah. Ambil bagian dagingnya saja. Usapkan daging lidah buaya tadi ke seluruh rambut dan kulit kepala secara merata, dan diamkanlah selama 20 sampai 30 menit. Setelah itu bilaslah sampai bersih dengan air dingin.

Baca Juga:  Sebenarnya Wanita Boleh Tampil Berhias Didepan Siapa Saja?

3.Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini juga mempunyai kegunaan yang sangat banyak. Selain sudah terkenal sebagai obat tradisional untuk sakit gigi, ternyata bawang putih juga berguna untuk perawatan rambut rontok. Bagi rambut, bawang putih ini berkhasiat untuk engurangi dan juga mencegah rambut rontok.

bawang putih bermanfaat untuk rambut rontok
bawang putih bermanfaat untuk rambut rontok

Cara menggunakannya adalah ambil bawang putih secukupnya, kupaslah kulitnya sehingga tinggalisi atau buahnya saja. Kemudian blender sampai hancur, dan oleskan pada bagian rambut yang rontok dan juga kulit kepala. Lakukanlah dengan teratur sebelum tidur, kemudian esok paginya tinggal dibersihkan atau dibilas dengan air dingin.

4.Teh Hijau

Sahabat muslimah tentu sudah mengetahui jika teh hijau sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, juga berfungsi sebagai obat pelngsing alami. Namun ternyata teh hijau juga mempunyai kegunaan yang penting bagi rambut. Teh hijau ini dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok dan sekaligus berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal ini karena kandungan antioksidan dalam teh hijau yang tinggi.

teh hijau untuk mengobati rambut rontok
teh hijau untuk mengobati rambut rontok

Cara merawat rambut rontok dengan teh hijau ini adalah pertama seduhlah dua kantung teh hijau dengan air hangat atau panas. Setelah air cukup hangat, oleskan atau basahi rambut sampai dengan kulit kepala dengan air seduhan teh hijau ini. Diamkan selama satu jam, kemudian bilaslah dengan air bersih.

5.Jeruk Nipis

Jeruk nipis ternyata juga bermanfaat untuk merawat rambut yang rontok serta berketombe. Biasanya salah satu penyebab dari rambut yang rontok ini adalah karena ketombe, sehingga untuk menyembuhkan rambut rontok ini juga harus bersamaan dengan mengobati ketombenya supaya hilang dari kulit kepala.

jeruk nipis untuk merawat rambut rontok
jeruk nipis untuk merawat rambut rontok

Cara perawatan rambut rontok dengan jeruk nipis adalah sebagai berikut. Pertama ambillah jeruk nipis dan irislah menjadi beberapa bagian. Usapkanlah irisan jeruk nipis ke rambut dan juga kulit kepala secara merata, diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu bilaslah rambut sampai bersih dengan air dingin. Untuk memberikan efek yang cepat, lakukan secara teratur.

Baca Juga:  7 Tips Sehat Cantik dan Bahagia bagi Muslimah Setiap Hari

6.Jahe

Seperti penggunaan bawang putih, jahe juga dapat digunakan untuk mengobati rambut rontok. Caranya adalah dengan dicuci bersih, kemudian diblender dengan ditambah sedikit air. Setelah itu oleskan ke rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan selama kurang lebih satu jam, kemudian bilas sampai bersih menggunakan air dingin.

7.Alpukat

Selain enak dan mempunyai banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, alpukat ternyata juga bagus untuk mengobati rambut rontok. Hal ini dikarenakan banyak protein yang terkandung didalamnya yang dibutuhkan oleh rambut agar tumbuh sehat.

Cara menggunakannya adalah dengan mengambil daging alpukat dan masukkan ke dalam mangkuk, kemudian lumatlah sampai hancur dan tambahlah sedikit air sehingga menjadi adonan kental. Oleslah rambut dan kulit kepala secara merata, kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilaslah dengan shampoo dan air bersih hingga rambut bersih.

8.Minyak Kemiri

Minyak kemiri mempunyai kandungan yang berguna untuk mempercepat pertumbuhan rambut, dan juga mencegah rambut rusak dan rontok.

Cara menggunakannya adalah minyak kemiri dioleskan ke rambut dan kulit kepala sampai rata, kemudian diamkan sekitar setengah jam sehingga meresap. Setelah itu baru dibilas. Minyak kemiri juga bisa digunakan untuk menghaluskan dan membuat rambut tidak kering dengan cara mengoleskannya ke rambut secara teratur.

9.Yoghurt

Selain digunakan sebagai minuman yang bermanfaat untuk kesehatan badan, yoghurt juga dapat membantu merawat rambut yang rontok.

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan yoghurt ke rambut dan kulit kepala secara merata, kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilaslah rambut hingga bersih.

Demikianlah tips perawatan rambut rontok dengan bahan-bahan alami yang banyak terdapat di sekitar kita yang layak Anda coba. Semoga tulisan ini dapat menjadi solusi dan cara mengatasi kerontokan rambut yang alami sehingga dapat meminimalisir penggunaan bahan kimia.

Namun selain hal tersebut diatas, ada faktor utama yang juga sangat berpengaruh dengan kesehatan rambut dan badan kita, yaitu asupan makanan juga harus memenuhi kebutuhan tubuh kita. Selain tips perawatan rambut rontok, sahabat juga bisa membaca artikel kami tentang 15 tips dan cara merawat rambut kering dan rontok dan 7 penyebab rambut kering yang terjadi pada muslimah.  Semoga bermanfaat.

Leave a Reply