6 Cara Mudah Mengangkat Sel Kulit Mati Diwajah Secara Alami

3
50666

Sahabat muslimah, mengangkat sel kulit mati di wajah adalah salah satu cara terbaik untuk menjadikan wajah tetap segar, sehat dan menjadikan kulit wajah tetap kencang dan sempurna. Pengangkatan sel kulit mati ini biasa disebut dengan cara pengelupasan atau exfoliating. Dengan teknik ini diharapkan wajah akan mempunyai tekstur kulit yang halus, kenyal dan bersih.

tips dan cara mengangkat sel kulit mati di wajah secara alami
tips dan cara mengangkat sel kulit mati di wajah secara alami

Memang memunyai wajah yang sehat dan segar merupakan dambaan setiap orang, terlebih bagi muslimah yang memang pada fitrahnya sangat menjaga penampilan. Saat ini ada banyak pilihan dalam membuat kulit wajah tetap kencang dan segar alami, mulai dari facial, masker, chemical peeling dan yang terakhir adalah pengelupasan atau exfoliating ini. Fungsi dari pengelupasan adalah mengangkat sel kulit mati, merangsang produksi kolagen di kulit wajah dan memberikan tampilan segar, serta merevitalisasi permukaan kulit.

Namun Sahabat, ada yang harus Anda teliti saat akan membeli bahan pengelupasan atau pengangkat sel kulit mati ini di pasaran, apalagi kalau menyangkut bahan kimia. Hampir semua produk pengelupas sel kulit mati ini mengandung microbeads. Microbeads ini merupakan material kecil yang berbentuk manik-manik plastic dengan ukuran mikro yang berfungsi untuk mengelupas kulit. Dampak buruk dari microbeads adalah terlalu kasar yang dapat merusak kulit, serta saat terbuang material ini tidak dapat tersaring oleh pengolahan air sehingga menjadi sampah yang tidak terurai oleh lingkungan. Hal ini tentu akan berakibat buruk bagi lingkungan. Karena dampak buruknya ini, saat ini di negara-negara maju sudah banyak yang melarang penggunaan microbeads.

Penggunaan Bahan Alami Untuk Mengangkat Sel Kulit Mati di Wajah

Nah daripada membeli produk-produk pengangkat sel kulit mati berbahan kimia yang sebagian besar tidak aman, apa tidak lebih bak menggunakan bahan-bahan alami saja? Karena itu pada artikel kali ini kami mencoba memberikan 6 tips dan cara pengelupasan untuk mengangkat sel kulit mati di wajah Sahabat secara alami dengan mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk melakukannya juga alami dan sangat mudah didapat, yaitu:

1.Kopi

Kopi terkenal dengan zat Kafein yang terkandung didalamnya. Selain enak untuk dibuat minuman, ternyata kopi juga dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati di wajah. Zat kafein ini dapat digunakan untuk mengurangi bengkak di sekitar mata, selain itu juga berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati.

kopi untuk mengangkat sel kulit mati di wajah
kopi untuk mengangkat sel kulit mati di wajah

Caranya adalah sediakan bubuk kopi segar atau dapat juga menggunakan bubuk kopi yang sudah diseduh. Campurlah bubuk kopi tersebut dengan sedikit minyak essensial yang pastinya Anda mempunai di rumah, kemudian gosoklah perlahan-lahan pada kulit wajah Anda. Insya Allah Anda akan mendapatkan kulit yang segar, halus dan lembut serta bebas selulit.

2.Garam laut

Untuk garam laut memang sudah dipercaya dapat mengelupas kulit mati secara sempurna. Namun garam yang digunakan disini bukanlah garam meja. Dengan butirannya yang besar dan kasar serta tidak mudah larut, garam laut ini sangat baik untuk membersihkan kulit dibagian-bagian tubuh Anda yang kasar seperti siku, kaki dan lengan. Selain itu kelebihan dari garam laut ini adalah sifatnya yang tidak lengket di kulit.

garam laut untuk kesehatan wajah
garam laut untuk kesehatan wajah

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu campurkanlah garam laut dengan sedikit minyak essensial , kemudian gosokkan ke kulit wajah Anda secara perlahan-lahan.

3.Gula Pasir

Hampir sama dengan garam laut, gula butir juga secara alami mempunyai butiran yang kecil dan kasar. Hal ini membuat gula pasir merupakan material yang bagus untuk membantu mengelupas sel kulit mati dari wajah.

gula pasir untuk menghilangkan sel kulit mati di wajah
gula pasir untuk menghilangkan sel kulit mati di wajah

Cara menggunakannya adalah campurkanlah gula pasir ini dengan sedikit minyak essensial yang biasa Sahabat pakai, kemudian gosokkan secara perlahan di wajah Anda sampai terasa bersih.

Selain sebagai Kristal pembersih kulit wajah, gula pasir juga mempunyai kandungan glikolat yang tinggi yang berfungsi untuk membantu secara alami memecah sel-sel kulit mati dan juga mengurangi garis-garis halus pada kulit. Bagi Anda yang biasa membeli facial asam glikolat untuk membersihkan wajah dengan harga yang lumayan mahal, maka kini Anda tak perlu melakukannya lagi. Tinggal menggunakan gula pasir dan minyak essensial akan membuat wajah Sahabat bersih alami dan tetap segar dan sehat.

4.Baking soda

Selain dipakai untuk membuat makanan, baking soda merupakan salah satu material yang dapat mengelupas kulit secara alami.

baking soda untuk membersihkan wajah
baking soda untuk membersihkan wajah

Cara menggunakannya adalah campurkan baking soda dengan air, kemudian oleskan pada wajah Sahabat dan dapatkan wajah yang lebih segar dan lembut.

5.Oatmeal

Masih juga menggunakan makanan, oatmeal adalah salah satu pengelupas atau exfoliant yang lembut yang mudah Sahabat dapatkan. Apalagi jika Sahabat muslimah mempunyai kulit yang sensitive, maka oatmeal ini merupakan bahan yang sangat pas untuk mengelupas sel kulit mati di wajah Anda. Untuk jenis kulit berminya juga cocok sekali, karena salah satu manfaat dari oatmeal ini adalah menyerap minyak, sehingga akan membantu Anda membersihkan wajah dari sisa-sisa minyak dan juga sel kulit mati.

oatmeal digunakan sebagai pembersih sel kulit mati
oatmeal digunakan sebagai pembersih sel kulit mati

Caranya adalah oatmeal dihaluskan sampai menjadi bubuk, kemudian tambahkan air secukupnya. Oleskan adonan oatmeal ini di wajah dan pijat secara perlahan-lahan.

Jika kamu memiliki kulit sensitif, solusi efektif untuk melakukan pengelupasan. Haluskan oatmeal kemudian tambahkan air dan oleskan pada wajah kamu. Manfaat lain untuk oatmeal adalah dapat menyerap minyak, sehingga akan membantu secara alami membersihkan kulit anda.

6.Kacang almond

Terakhir adalah menggunakan kacang almond. Kacang almond ini juga mempunyai kandungan yang sangat baik untuk membantu membersihkan sel kulit mati di wajah dan juga melembutkannya.

kacang almond untuk menghilangkan kotoran di wajah
kacang almond untuk menghilangkan kotoran di wajah

Cara menggunakannya adalah kacang almond dihaluskan, kemudian dicampur dengan air secukupnya. Oleskan di wajah Anda, dan pijatlah secara perlahan-lahan. Diamkan selama 5 menit kemudian bilaslah dengan air dingin.

Penutup

Membersihkan wajah dengan cara mengelupas sel kulit mati merupakan salah satu cara alami yang sangat efektif dan mudah dilakukan. Hanya saja untuk menghindari efek kemerahan akibat iritasi, gosoklah wajah dengan lembut sehingga efek iritasi dapat dihindari.

Demikianlah Sahabat muslimah, 6 tips dan cara mudah mengangkat sel kulit mati secara alami pada wajah. Semoga bermanfaat.

3 COMMENTS

Leave a Reply