Resep dan Cara Membuat Kue Serabi Manis Spesial

0
1109

Inilah resep dan cara membuat kue serabi manis spesial yang merupakan salah satu jajanan tradisional khas Indonesia. Jika sahabat belum pernah memakan jajanan ini, tentunya kebangetan yah, karena memang kue serabi banyak sekali dijual di pasar-pasar tradisional, dan sekarang ini juga banyak toko-toko kue basah yang tidak absen dalam menyediakan makanan khas yang satu ini.

Apakah sahabat muslimah mengetahui bahwa jenis dari kue serabi ini ada bermacam-macam? Jika sahabat mengunjungi suatu daerah dan disana ada yang menjual makanan kue serabi ini, jangan kaget jika bentuk dan cara memakannya agak berbeda. Ya, ada yang bentuknya kecil, besar, dan ada yang diberi kuah berupa gula merah, santan dan sebagainya. Namun pada dasarnya bahan utama dari kue serabi ini sama, yaitu berasal dari tepung beras dan rasanya manis. Jika sahabat penasaran ingin membuat sendiri makanan tradisional kue sarabi ini, dalam artikel ini kami mencoba menyajikan resep dan cara membuat kue serabi manis spesial.

Inilah resep dan cara membuat kue serabi manis spesial ala dapur Qorina, selengkapnya adalah sebagai berikut:

1.Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue serabi manis:
•100 gram Tepung beras
•100 gram Tepung terigu
•600 cc santan segar
•2 butir Telur dikocok
•Garam secukupnya
•Pewarna makanan, bisa diberi atau tidak tergantung selera sahabat.

2.Bahan Untuk Biang
•50 gram tepung terigu
•1 sendok makan ragi kue
•50 cc air

3.Bahan Untuk Membuat Kinca atau kuah
•Santan
•Gula merah
•Garam secukupnya

Resep dan Cara Membuat Kue Serabi Manis Spesial

1.Buatlah biang dengan cara mencampurkan semua bahan untuk biang yaitu tepung terigu, ragi kue dan air. Campurkan hingga rata, kemudian diamkan selama duapuluh menit.
2.Membuat kinca atau kuah, masukkan santan ke dalam panci, kemudian aduklah dan perlahan maukkan gula merah serta garam. Aduk sampai kuah mendidih.
3.Membuat kue serabi, yaitu campurlah tepung beras dan tepung terigu. Aduklah hingga tercampur. Setelah itu masukkan biang, adukkembali hingga semua bahan tercampur rata.
4.Masukkan santan secara perlahan-lahan ke dalam adonan, kemudian masukkan garam secukupnya. Remas-remas adonan sampai tercampur rata.
5.Tambahkan telur yang sudah dikocok. Campurkan sampai benar-benar rata.
6.Masukkan pewarna apabila sahabat menginginkannya.
7.Siapkan cetakan serabi,panaskan di tas kompor selama beberapa menit. Kemudian masukkan adonan tersebut ke dalam cetakan dan panaskan cetakan. Setelah matang, angkatlah kue serabi.
8.Kue serabi siap dihidangkan.

resep kue serabi manis spesial
resep kue serabi manis spesial. image: internet

Demikianlah resep dan cara membuat kue serabi manis spesial yang merupakan salah satu jajanan pasar tradisional khas Indonesia. Makanan ini sangat cocok jika dihidangkan saat masih hangat, untuk menemani minum teh atau saat sedang berkumpul bersama keluarga. Selamat mencoba resep kue serabi manis ini sahabat muslimah, dan nantikan resep-resep makanan yang lainnya di GamisJilbabSyari.com.

Leave a Reply