Tips Perawatan Rambut Kering dan Rusak Yang Harus Sahabat Coba

2
527

Sahabat muslimah, inilah tips perawatan rambut kering dan rusak yang dapat sahabat lakukan di rumah saat mahkota sahabat kering dan tidak sehat, baik rusak karena akibat pemakaian obat-obatan kimia ataupun pengaruh lingkungan yang tidak sehat, atau juga karena rambut yang jarang dirawat dengan benar.

perawatan rambut kering dan rusak
perawatan rambut kering dan rusak. image credits: hariansehat.com

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang bisa mencerminkan kondisi kesehatan tubuh secara umum. Jika kondisi bagian tubuh yang satu ini terlihat tidak sehat bahkan rusak, maka kita harus berpikir apakah ada yang salah dengan kondisi tubuh kita. Kita bisa mereview ulang apakah asupan makanan yang kita dapatkan sudah memenuhi kebutuhan gizi? Apakah kondisi lingkungan cukup sehat? Apakah pikiran kita sedang dilanda stress yang berlebihan? Jika salah satu dari ketiga pertanyaan tersebut adalah benar, maka kita harus segera melakukan pengobatan sesuai dengan kondisi yang terjadi, dan juga melakukan perawatan rambut yang kering dan rusak harus segera dilakukan sehingga rambut kita dapat kembali sehat dan segar.

Bagi sahabat muslimah yang mempunyai masalah dengan rambut kering dan rusak, jangan terlalu kuatir. Inilah tips yang dapat sahabat lakukan dalam melakukan perawatan rambut kering dan rusak, yaitu:

1.    Hindari untuk mencuci rambut atau keramas setiap hari. Mencuci rambut setiap hari akan mengakibatkan kelembaban rambut menjadi berkurang karena minyak alami yang berada di kulit kepala akan semakin berkurang sehingga menyebabkan kulit rambut kering dan rambut menjadi kering dan rusak. Untuk kondisi normal cucilah rambut sahabat paling tidak tiga hari sekali.

2.    Saat mencuci rambut, janganlah menggosok rambut terlalu keras karena akan menyebabkan rambut mudah rusak. Gosoklah secara pelrahan-lahan dan bersihkan shampo yang menempel di rambut dan kulit kepala sampai benar-benar bersih.

Baca Juga:  Minum Air Hangat Tiap Pagi Ternyata Berguna Bagi Kesehatan Lho! Inilah Dia Kegunaannya

3.    Setelah selesai mencuci rambut, keringkanlah rambut secara alami dengan menggosoknya dengan handuk secara perlahan. Hindari penggunaan hair dryer, karena alat ini akan menjadikan rambut menjadi kering dan muudah rusak.

4.    Hindari ikatan rambut yang terlalu kencang dan sering. Pada saat sahabat akan beristirahat di malam hari, segera lepaskan ikatan rambut dan sisirlah rambut sehingga tergerai dengan teratur. Dengan melepaskan ikatan rambut, hal ini akan mengurangi kerontokan pada rambut, dan juga rambut akan lebih sehat karena bisa bernapas dengan bebas setelah melakukan berbagai aktiftas. Ikatan rambut yang terlalu kencang juga banyak menyebabkan rambut menjadi rusak dan lebih kering, yang akhirnya menyebabkan rambut menjadi rontok.

5.    Pemakaian pewarna rambut yang tidak cocok dengan jenis rambut dan kulit kepala sahabat muslimah juga bisa menyebabkan rambut menjadi kering dan rusak. Oleh karena itu jika sahabat mau mewarnai rambut, hendaknya membaca aturan pakai dan juga tipe rambut yang direkomendasikan oleh jenis pewarna rambut tersebut.

6.    Pakailah jilbab yang mempunyai jenis serat kain yang dapat menyerap keringat sehingga keringat dari kulit kepala akan keluar dan tidak tertahan di rambut. Hal ini akan mempecepat proses perawatan rambut kering dan rusak yang sedang sahabat lakukan.

7.    Asupan makanan yang bergizi dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut juga sangat diperlukan dalam proses atau program perawatan rambut yang kering dan rusak. Hal ini akan membantu dari dalam tubuh sahabat. Sahabat bisa memulainya dengan meningkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan yang organik yang jauh lebih sehat, serta diimbangi dengan konsumsi kacang-kacangan, protein hewani dan protein nabati untuk menambah asupan nutrisi pada folikel rambut yang rusak. Kondisi rambut yang rusak mungkin tidak bisa berubah dengan cepat, tapi setidaknya sahabat bisa mengurangi risiko rambut ke arah yang jauh lebih buruk.

Baca Juga:  Sahabat, Inilah Tips Perawatan Kulit Yang Bermasalah

8.    Perawatan rambut kering dan rusak dengan cara mengoles rambut dan kulit kepala dengan minyak alami yang dibutuhkan. Rambut kering dan rusak membutuhkan nutrisi yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan rambut normal. Tips merawat rambut rontok dengan rutin memakai kondisioner setelah selesai keramas atau dengan mengoleskan minyak alami dengan merata pada permukaan kepala hingga meresap langsung ke kulit kepala dan rambut. Hal ini juga berlaku untuk merawat rambut yang kering dan rusak.

9.    Jika rambut sahabat kering, rusak dan bercabang, hendaklah memotong rambut pada bagian yang bercabang secara teratur. Hal ini akan mengurangi kerusakan pada rambut sahabat.

10.    Berikan tambahan perawatan pada rambut sahabat yang kering dan rusak dengan cara memberikan kondisioner setelah selesai elakukan keramas. Kondisioner akan membantu menambah nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Namun sebelum memakai kondisioner, hendaklah pilih jenis kondisioner yang cocok dengan rambut sahabat, sehingga program perawatan rambut kering dan rusak yang sedang dilakukan lebih cepat berhasil.

11.    Untuk penggunaan bahan alami sahabat dapat mencoba artikel kami yang berjudul 15 tips dan cara merawat rambut kering dan rontok.

Demikianlah tips perawatan rambut kering dan rusak yang dapat sahabat muslimah praktekkan di rumah. Dengan tips yang mudah dilakukan ini semoga dapat membantu sehingga rambut kering dan rusak dapat segera terobati dengan sempurna. Semoga bermanfaat.

2 COMMENTS

Leave a Reply