7 Penyebab Rambut Kering Yang Sering Terjadi Pada Muslimah

0
1011

Sahabat Qorina, mempunyai rambut yang panjang dan sehat merupakan dambaan setiap orang, terutama muslimah yang senang memelihara rambut sampai panjang. Namun banyak diantara kita yang rambutnya rusak, kering dan mudah kusut. Nah jika terjadi hal itu, maka kita menjadi penasaran apakah penyebab dari rambut kering, kusut dan mudah rontok itu? Nah berikut ini Qorina mencoba menjelaskan penyebab-penyebabnya untuk Anda.

Berikut ini beberapa penyebab dari rambut kering yang seringkali kita alami, antara lain:

1. Sering Berjemur dibawah Matahari

Berjemur atau melakukan kegiatan di bawah siraman sinar matahari memang dapat menyehatkan badan dan organ-organ tubuh kita, namun bila terlalu lama tentunya malah akan menimbulkan efek samping. Hal itu seringkali terjadi pada kulit dan rambut kita.

Jika kita sering berjemur di bawah sinar matahari terik, sinar matahari ini akan mengikis kesehatan dan keindahan rambut dan menjadikannya kering dan kusut. Kondisi ini juga tetap terjadi walaupun kita sudah memakai jilbab yang besar. Oleh karena itu, gunakan produk perawatan rambut yang juga sekaligus melindungi rambut agar tidak mudah rusak.

2. Salah Menggunakan Shampo

Menggunakan produk shampoo atau pencuci rambut yang tidak cocok dengan jenis rambut kita juga akan menyebabkan rambut menjadi kering dan rusak. Kita harus teliti saat membeli produk shampoo ini, bacalah kegunaan dan jenis rambut yang cocok menggunakan shampoo itu. Sahabat jangan cepat tergiur iklan atau produk merk luar yang harganya lebih mahal namun ternyata tidak cocok untuk tipe rambut kita. Hal ini penting karena jika salah memilih shampoo, bukan rambut yang bagus yang akan kita dapatkan, tapi malah bisa jadi produk tersebut mengakibatkan rambut kita bertambah kering, rusak, mudah patah, kusam dan rontok.

Baca Juga:  Ingin Wajah Tidak Jerawatan? Inilah Tips Mencegah Jerawat di Wajah Anda
penyebab rambut kering
penyebab rambut kering bagi muslimah

3. Terlalu Keras dalam Mengeringkan Rambut

Biasanya saat kita selesai mandi dan mencuci rambut, kita tentu akan mengeringkan rambut dengan cara digosok menggunakan handuk. Nah Sahabat, saat menggosok rambut ini usahakan jangan terlalu keras, karena dapat merusak permukaan rambut sehingga rambut menjadi rusak dan kering. Selain itu hendaknya handuk yang kita gunakan dipilih yang lembut sehingga permukaan dan batang rambut tidak menjadi rusak.

4. Salah Menggunakan Hair Dryer

Salah dalam mengatur temperatur panas dari hair dryer dapat menimbulkan rambut rusak dan kering. Saat menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut, aturlah dengan temperatur yang tidak terlalu panas. Memang menggunakan hair dryer ini akan mempercepat pengeringan rambut, namun sahabat mesti teliti dalam memakainya.

5. Badan Terkena Penyakit

Saat badan sakit, hal ini juga dapat menyebabkan rambut kering dan rusak. Salah satu contoh dari penyakit yang dapat mempengaruhi kesehatan rambut adalah anoreksia nervosa. Penyakit ini dikenal dengan salah satu tandanya yaitu rambut si penderita yang menjadi rusak, kering dan gampang patah. Hal ini terjadi karena penyakit ini menyebabkan tubuh menjadi kekurangan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk juga rambut.

6. Berenang

Sahabat Muslimah suka berenang? Jika iya, maka sebaiknya pilihlah kolam renang yang airnya berasal dari sumber air yang jernih dan bukan hasil pengolahan seperti dari PAM. Hal ini karena air yang berasal dari air olahan banyak sekali mengandung klorin yang akan membuat rambut mudah rusak dan kusut, serta kering. Bila memang tidak memungkinkan, gunakanlah kondisioner setiap sehabis berenang untuk mengembalikan kelambaban rambut Anda.

7. Terkena Bahan Kimia

Bahan kimia yang berbahaya tidak hanya akan membuat rambut menjadi kering tapi juga dapat membuat rambut kita menjadi rusak dan bahkan tidak mau tumbuh lagi. Oleh karena itu berhati-hatilah saat mencoba bahan kimia yang katanya dapat membuat rambut menjadi indah dan sehat.

Baca Juga:  Inilah Cara Ruqyah Syar'iyyah yang Benar

Kesimpulan

Demikianlah sudah diuraikan diatas penyebab rambut kering dan rusak yang sering terjadi pada kita atau rekan-rekan kita. Namun kunci utama dari semua kesehatan pada tubuh kita adalah hidup yang teratur, makan makanan yang bergizi dan olahraga secara teratur. Semoga dengan mengetahui penyebabnya sahabat muslimah akan lebih berhati-hati dalam menjaga dan merawat rambut kita. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply