Inilah Berbagai Model dan Gaya Jilbab Di Dunia

2
1983

Indonesia sebagai negara besar dan mempunyai penduduk dengan mayoritas pemeluk agama Islam terbesar di dunia tentunya memiliki banyak sekali ciri khas dan model dalam berbusana muslim, slah satunya adalah model dan gaya dalam memakai jilbab. Sahabat dapat melihat berbagai gaya dan model jilbab yang sekarang ini sedang tren di pasaran. Selain itu juga dengan warna dan corak yang beraneka ragam, mulai dari jilbab syar’i yang besar dan cenderung ke arah warna-warna gelap dan monokrom, sampai dengan jilbab yang dipakai oleh jilbaber-jilbaber yang umumnya menyukai jilbab dengan banyak corak dan warna serta berbagai gaya pemakaian yang berbeda.

Namun ternyata tidak hanya di Indonesia saja model dan gaya jilbab yang beraneka ragam. Di belahan dunia yang lain juga dimana terdapat pemeluk agama Islam maka akan terdapat juga para muslimah yang berjilbab dengan gaya dan model yang biasa mereka gunakan. Nah bagaimanakah gaya dan model jilbab di dunia khususnya di negara-negara Timur Tengah? Berikut ini ulasannya.

1. Jilbab Muslimah Kuwait

Wanita muslimah Kuwait sangat menyukai gaya busana muslim dan berjilbab yang cukup simpel, oleh karena itu sebagian besar gaya dan model jilbab yang mereka kenakan cukup sederhana dan clean.

jilbab model wanita kuwait
gaya berjilbab model wanita kuwait

Gaya jilbab muslimah Kuwait ini cukup sederhana. Sahabat hanya membutuhkan sebuah ciput atau inner atau bergo dan sebuah kerudung halus, sebagai contoh kerudung berbahan sifon. Pertama sahabat memakai bergo atau ciput di kepala. Kemudian setelah memakai bergo, sahabat hanya perlu melilitkan kerudung tersebut dua kali sehingga membuat efek draperi menggantung yang cantik dan natural. Jilbab model seperti ini akan banyak terlihat pada muslimah Kuwait.

Model jilbab Kuwait yang lain adalah dengan membuat jilbab di bagian atas ketat dan pada bagian bawah jatuh di leher membentuk draperi. Sangat cantik bukan? Biasanya jilbab model begini akan disesuaikan dengan model busana muslim dengan desain yang modern.

2. Jilbab Muslimah Mesir

Di Mesir, para wanita muslimah sangat menyukai jilbab dengan model tumpuk. Namun mereka biasanya tidak hanya memakai satu macam kerudung saja dalam pemakaiannya, namun bisa beberapa jenis kerudung sekaligus. Hal ini akan terlihat lebih mewah dan ramai.

Untuk busana muslimah, wanita Mesir tidak terikat pada sebuah gaya berbusana saja, tetapi mereka juga suka mengadopsi berbagai gaya busana dari luar. Hal ini terlihat dengan berbagai gaya berbusana muslimah yang sering dipakai wanita Mesir, mulai dari baju gamis hitam yang biasa dipakai di Timur Tengah dengan berbagai hiasan manik-manik yang berkilauan, sampai dengan busana kasual yang banyak dipakai oleh muslimah-muslimah mudanya.

3. Jilbab Muslimah Aljazair

Gaya berjilbab Muslimah aljazair
Gaya berjilbab Muslimah aljazair

Di negara Aljazair, para wanita musimahnya senang dengan model jilbab lilit. Jilbab model lilit ini didapat dengan cara mereka memakai kerudung panjang atau scarf atau pashmina yang dililitkan sedemikian rupa sehingga membungkus rambut mereka. Bagi kita tentunya gaya berjilbab lilit model ini sangat unik dan praktis. Di Aljazair juga pemakaian jilbab ini tidak membutuhkan banyak peniti atau jarum pentul seperti di Indonesia. Mereka menggunakan jilbab model lilit ini dipadukan dengan busana muslim model gamis.

4. Jilbab Muslimah Turki

gaya jilbab ala turki
gaya jilbab ala turki

Walaupun sebelumnya di Turki banyak muslimah yang tidak mengenakan jilbab karena peraturan sekuler di instansi-instansi negara itu, namun beberapa tahun terakhir geliat perubahan sangat terasa di sana, salah satunya juga dengan pemakaian kembali jilbab dan busana muslim yang disambut dengan antusias oleh muslimah di sana. Gaya berbusana muslim dan jilbab di Turki banyak dipengaruhi oleh kedekatan negara itu dengan benua Eropa, sehingga tampilan dari jilbab dan busana muslimnya juga lebih banyak dan beragam. Namun biasanya para wanita Turki memakai jilbab dengan cara menggunakan scarf dari bahan yang halus dan glossy, kemudian ditambah dengan dalaman yang berupa bandana yang melekat ketat di wajah. Cara memakainya juga sangat simpel yaitu seperti anak sekolah, namun dengan letak ciput yang lebih tinggi. Selain model itu, wanita Turki biasa memakai turban yang dibuat dengan model sangat simpel.

Untuk busana muslimnya, wanita Turki biasa menggunakan busana berupa mantel dan yang sejenisnya. Hal ini sudah menjadi kebiasaan di sana, dan model mantel ini dapat dipadukan baik dengan rok atau celana, atau mantel yang model panjang.

Demikianlah beberapa model dan gaya jilbab di dunia khususnya di beberapa negara di Timur Tengah. Sangat menarik bukan? Namun pada dasarnya kita memakai busana muslim dan jilbab sesuai dengan syarat yang sudah ditentukan dalam Islam. Sahabat dapat membaca artikel kami yang lain tentang Jilbab apakah hanya sebagai penutup kepala saja, atau juga artikel yang lain tentang busana muslim syar’i. Dan tentunya sebagai umat Islam, kita harus terus banyak belajar dan menuntut ilmu agama agar kehidupan kita bisa selamat, baik di dunia dan akhirat kelak. Semoga bermanfaat.

2 COMMENTS

  1. menarik sekali bisa mengetahui jenis jilbab di dunia terutama di negara-negara mayoritas Islam, makasih atas artikelnya…

Leave a Reply