Inilah Tips Perawatan Kulit dan Rambut Secara Alami Menggunakan Minyak Essential

0
793

Sahabat muslimah, sekarang ini perawatan kulit dan rambut bagi wanita muslimah merupakan salah satu hal yang sudah menjadi kebutuhan primer. Kebutuhan ini seiring dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan tentang kesehatan dan kecantikan, dan juga gaya hidup sehat di masyarakat pada umumnya. Namun dengan semakin banyak produk perawatan kulit dan rambut yang beredar di masyarakat dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya serta dengan harga yang bervariasi, akhirnya banyak wanita muslimah yang merasa bahwa kembali menggunakan bahan-bahan alami merupakan pilihan yang paling tepat untuk menjaga kesehatan tubuh.

perawatan kulit dan rambut menggunakan minyak essential
perawatan kulit dan rambut menggunakan minyak essential. image credits: kompas.com

Pilihan inilah yang akhirnya memunculkan kembali banyak tips perawatan kesehatan, terutama kulit dan rambut dengan menggunakan bahan-bahan alami yang berada di sekitar kita. Salah satunya adalah minyak essential. Ternyata minyak essential ini banyak sekali kegunaannya untuk merawat kulit dan rambut. Nah dari bermacam-macam jenis minyak essential, dalam artikel ini kami ulas secara singkat kegunaan dan cara pemakaian dari masing-masing minyak essential ini.

1. Minyak Jojoba

Sahabat muslimah pastinya pernah mendengar istilah minyak jojoba ini kan? Minyak jojoba atau Jojoba oil setelah melalui berbagai penelitian ternyata sifatnya mirip sekali dengan minyak yang dihasilkan oleh tubuh manusia. Dengan sifatnya yang licin, tetapi tidak lengket di kulit serta tidak menyumbat pori-pori, minyak jojoba sangat bagus untuk merawat rambut. Minyak jojoba ini yang digunakan pada rambut secara teratur akan menghasilkan rambut yang halus dan hitam sehat. Selain untuk perawatan rambut, minyak jojoba juga sering digunakan setelah bercukur, dan juga bermanfaat bagi bibir yaitu sebagai pelembab alami.

2. Minyak Maracuja

Minyakmarajuca atau marajuca oil adalah minyak yang dihasilkan dari biji bunga markisa. Minyak ini mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh kita yaitu banyak mengandung asam lemak serta vitamin C. Asam lemak sangat berguna bagi kemebaban kulit, dan vitamin C berfungsi untuk mencerahkan kulit. Kandungan lain dalam minyak Maracuja juga mempunyai efek anti inflamasi yang berguna dalam mengobati jerawat, dan membantu mengatur tingkat sebum pada kulit yang menjadikan kulit menjadi netral, tidak berminyak dan juga tidak kering. Dan dengan kandungan antioksidan yang terdapat dalam minyak Maracuja, minyak ini dapat menghilangkan kerutan-kerutan serta garis halus pada wajah, yang akan membuat wajah menjadi lebih muda dan sehat.

Baca Juga:  3 Cara Jitu Mengetahui Masa Subur Wanita

3. Minyak Argan

Sahabat muslimah, minyak Argan atau Argan oil diproduksi dari pohon argan, yang merupakan salah satu pohon tertua di dunia. Minyak ini berasal dari negara Maroko.

Minyak argan mempunyai banyak kandungan vitamin A, E, Omega 6 dan asam lemak esensial.

Minyak argan sangat berguna bagi perawatan kulit dan rambut. Mnyak ini berkhasiat untuk memberikan kelembaban yang sempurna bagi kulit tanpa menyebabkan kulit menjadi berminyak, dan juga tidak menyumbat pori-pori kulit. Oleh karena itu minyak ini juga berfungsi untuk mencegah kekeringan dan memperlambat proses penuaan pada kulit.

Selain untuk kulit, fungsi dari minyak argan pada kesehatan rambut adalah untuk merawat rambut yang bercabang, rambut rontok dan juga rambut kering. Minyak argan juga berguna bagi ibu hamil, dimana minyak ini dapat menghilangkan strech mark pada perut dan juga sesulit setelah melahirkan.

4. Minyak Moringa

Pohon moringa di Indonesia umum disebut pohon kelor. Pohon ini merupakan tanaman asli Afrika dan India, yang ternyata mempunyai kegunaan dan manfaat bagi tubuh kita, antara lain bagi dunia kecantikan.

Bagi kulit, minyak moringa banyak mengandung vitamin A dan C yang berfungsi untuk bahan anti aging atau memperlambat proses penuaan, dan juga membuat kulit lembab dan berkilau.

5. Minyak Marula

Sama seperti manyak Miyak marula atau marula oil berasal dari Afrika Selatan dan mengandung vitamin C dan E, serta beberapa asam lemak. Minyak ini mempunyai pH netral dan sebagai non-comedogenic yang bersifat anti mikroba yang berfungsi menghilangkan bekas jerawat dan bekas luka pada kulit.

Minyak marula sangat bagus digunakan sahabat muslimah untuk perawatan kulit yang kering, sensitif, kulit yang rusak terkena paparan sinar matahari. Selain itu minyak ini juga berfungsi menghilangkan strech mark dan parut, serta memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Dan yang paling penting adalah minyak ini dapat dipergunakan untuk semua jenis kulit.

Baca Juga:  Inilah Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

6. Minyak zaitun

Kalau yang ini pastinya sahabat muslimah sudah familiar dengan minyak zaitun. Minyak zaitun sudah umum digunakan oleh masyarakat kita bagi perawatan kulit dan rambut. Kelebihan dari minak zaitun adalah mampu menembus rambut sehingga rambut akan menjadi lembab dan tidak kering. Dengan kandungan anti inflamasi yang dimilikinya, minyak zaitun akan meningkatkan kesehatan bagi kulit kepala serta mencegah timbulnya ketombe. Minyak zaitun bisa dipakai oleh semua orang dan tidak menimbulkan alergi bagi orang yang mempunyai kulit dan rambut sensitif. Selain berguna untuk rambut, minyak zaitun juga berguna untuk membersihkan kulit.

7. Minyak Mongongo

Nama yang cukup asing memang sahabat muslimah, tapi minyak mongongo ini merupakan salah satu minyak essential yang sangat berguna bagi perawatan kulit dan rambut.

Minyak mongongo dihasilkan dari pohon kacang Afrika. Minyak ini banyak mengandung vitamin dan mineral, serta asam lemak dan asam eleostaric. Asam eleostaric adalah tabir surya alami bagi kulit.

Minyak mongongo adalah minyak nabati yang sangat berguna untuk kecantikan dan kesehatan rambut dan kulit. Minyak ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit dan rambut, nyaman digunakan, melindungi dan mengembalikan kesehatan kulit serta mempercantik dan memperkuat rambut Anda. Selain itu yang paling penting adalah minyak ini tidak mencemari lingkungan dan aman digunakan.

Penutup

Demikianlah jenis-jenis minyak essential yang banyak berguna untuk kesehatan dan kecantikan badan terutama rambut dan kulit. Selain alami, minyak essential diatas juga harganya cukup terjangkau serta aman digunakan dan tanpa efek samping. Dengan adanya tips perawatan kulit dan rambut secara alami ini semoga dapat semakin menambah wawasan sahabat muslimah dalam menggunakan bahan-bahan alami sebagai langkah maju untuk meraih hidup sehat tanpa efek samping. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply