Inilah Tips Nyaman dan Anti Gerah Dalam Berjilbab

Tips nyaman dan anti gerah dalam menggunakan jilbab adalah salah satu hal yang banyak dicari oleh para wanita muslimah agar tetap beraktifitas dengan penuh semangat sepanjang hari tanpa ribet dengan busana muslimah yang dipakainya. Hal ini karena faktor iklim tropis di Inonesia yang relatif panas dan lembab sehingga mengakibatkan banyak sahabat yang beralasan bahwa tidak nyaman untuk memakai jilbab, sehingga mereka enggan dalam menggunakan jilbab. Padahal jilbab atau hijab adalah salah satu model busana muslimah yang wajib dipakai untuk menutup aurat dari pandangan laki-laki lain yang bukan mahram.

Berhijab Adalah Kewajiban Muslimah

Sahabat muslimah, kita telah mengetahui bahwa menggunakan hijab adalah kewajiban bagi semua muslimah yang telah memenuhi persyaratan syariat, seperti baligh. Hal ini adalah perintah langsung dari Allah SWT kepada umat Islam sebagaimana tertera dalam AL-Qur’an yang berbunyi, “Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,” (QS. Al-Ahzab: 59).

tips nyaman dan anti gerah dalam berjilbab
tips nyaman dan anti gerah dalam berjilbab

Memang benar banyak muslimah yang belum menggunakan hijab untuk menutupi auratnya. Mereka menggunakan berbagai alasan saat ditaanyakan mengapa tidak memakai jilbab, dan salah satunya adalah dengan alasan bahwa mereka merasa gerah dan kepanasan, serta badannya yang terlalu banyak mengeluarkan keringat saat panas sehingga tidak cocok untuk menggunakan jilbab. Ya, ini adalah suatu masalah yang cukup mengganggu.

Namun sahabat muslimah tidak perlu merasa khawatir, karena setiap masalah pasti ada solusinya, termasuk dalam mengatasi rasa gerah ketika menggunakan hijab. Bagaimana caranya? Berikut ini beberapa solusinya.

Tips Nyaman dan Anti Gerah Dalam Berjilbab

Sedikitnya ada empat tips nyaman dan anti gerah yang dapat kami sharing untuk para sahabat muslimah agar dapat menggunakan jilbab atau hijab dengan nyaman dalam semua aktifitas sehari-hari, yaitu:

1. Usahakan Rambut Sahabat Selalu Kering

Kita sebagai muslimah tentu sangat tidak nyaman pada saat keringat banyak keluar dan hampir tidak terkontrol, apalagi saat kita sedang beraktifitas di luar ruangan dan kondisi udara yang panas terik. Untuk menghilangkannya maka kita akan sering membersihkan rambut kita sehingga bersih dan keringat yang menempel akan hilang.

jaga kesehatan rambut sahabat
jaga kesehatan rambut sahabat

Nah supaya rambut tetap sehat dan nyaman, kita harus mengusahakan agar rambut dalam kondisi kering pada saat akan menggunakan jilbab. Caranya adalah dengan mengeringkan rambut menggunakan handuk yang kering, kemudian menyisir rambut kita dengan rapi agar cepat kering, atau dengan menggunakan hair dryer otomatis agar rambut cepat kering.

Mengeringkan rambut ini berfungsi agar rambut tetap kering dan sehat, serta mencegah kerontokan yang berlebih. Selain itu dengan rambut yang kering saat berjilbab akan mengurangi bau apek dan rambut yang kusut, serta mencegah timbulnya ketombe. Karena mengeringkan rambut memerlukan waktu, maka sebelum beraktifitas, usahakan untuk meluangkan waktu lebih untuk merawat rambut sebelum sahabat melakukan kegiatan.

2.Pilih Bahan Jilbab Yang Nyaman Dipakai

Menggunakan hijab atau jilbab memang identiK dengan keringat yang akan keluar secara berlebih. Keringat yang belebih pada kepala akan membuat rambut menjadi lembab dan kusut, serta dampaknya jika dibiarkan saja akan tumbuh ketombe dengan subur di kulit kepala sahabat. Selain itu juga akan timbul kerontokan pada rambut karena rambut yang tidak sehat. Dan yang lebih parah adalah bau apek yang akan mengganggu aktifitas sahabat.

pilih bahan yang nyaman untuk jilbab
pilih bahan yang nyaman untuk jilbab

Untuk mengatasi masalah-masalah diatas, sahabat muslimah dapat memilih bahan dari penutup kepala atau jilbab yang nyaman dipakai, yang dapat menyerap banyak keringat sehingga kulit kepala dan rambut akan tetap kering. Bahan yang biasanya dipilih untuk memberikan kenyamanan dalam berjilbab ini sebagai contohnya adalah yang berbahan dasar katun atau juga bahan kaos. Dengan memilih bahan jilbab yang menyerap keringat maka sahabat muslimah akan merasakan kenyamanan dalam menggunakan jilbab dan dapat beraktifitas secara maksimal setiap hari.

3.Gunakan Perawatan Rambut Yang Sehat

Rambut adalah salah satu faktor utama yang harus sahabat perhatikan dalam berjilbab. Rambut yang sehat akan membawa dampak yang luas pada diri sahabat, dimana nantinya akan nyaman dalam beraktifitas, dan jika sebaliknya maka akan mengurangi kenyamanan sahabat.

Untuk menjaga rambut sahabat tetap sehat dan segar, maka ada baiknya untuk beralih menggunakan produk perawatan rambut yang berasal dari alam seperti menggunakan ginseng, susu kambing atau the hijau. Hal ini karena bahan alam diyakini akan memberikan perawatan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan produk kimia, dan tanpa efek samping tentunya.

Untuk menambah khasiatnya, Anda juga dianjurkan untuk menggunakan masker rambut berbahan dasar alami seperti lidah buaya, yoghurt atau bahan lainnya untuk menutrisi rambut agar kembali sehat setelah setiap hari ditutup menggunakan hijab. Lakukan hal ini minimal seminggu sekali ketika Anda sedang tidak melakukan kegiatan dengan mobilitas yang tinggi. Selain menutrisi rambut, masker rambut alami juga menciptakan efek rileks yang Anda butuhkan setelah setiap hari harus beraktivitas.

Dengan shampoo yang berbahan dasar natural ini sahabat akan lebih nyaman dalam menggunakan jilbab sehingga dapat melaksanakan aktifitas dengan tenang.

4.Tambah Nutrisi Tubuh Agar Sehat dan Segar

Langkah terakhir yaitu menjaga kondisi tubuh tetap sehat, termasuk juga rambut dan daerah kepala dari dalam tubuh, yaitu dengan menambah asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain itu juga agar kesehatan rambut Anda terjaga dari luar maupun dalam. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin E, B kompleks, dan juga C seperti yang biasa terkandung di dalam buah-buahan maupun sayur mayur yang Anda konsumsi setiap hari.

teh hijau untuk mengobati rambut rontok
teh hijau untuk mengobati rambut rontok

Selain itu, konsumsi makanan dengan protein tinggi seperti ikan, kacang-kacangan dan juga daging harus Anda cukupi. Sehingga, Anda tidak pelru mengeluarkan biaya untuk perawatan terlalu mahal bagi rambut Anda. Asalkan, nutrisi harian terpenuhi, maka rambut Anda secara langsung pun akan sehat sepanjang waktu.

Demikianlah empat tips nyaman dan anti gerah yang dapat kami sharing, yang kami himpun dari berbagai sumber di internet. Dengan mengikuti tips diatas kami harap sahabat akan nyaman dalam menggunakan jilbab sebagai bagian dari ketaatan kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, dan semoga Allah mencatat perbuatan kita sebagai pahala, sebagai tabungan kita di akhirat nanti, amiin. Semoga bermanfaat.

2 COMMENTS

    • baik mba terima kasih atas koreksinya. Nanti insya Allah kami akan menulis artikel tentang tips mengatasi kegerahan saat memakai busana muslim syar’i 🙂

Leave a Reply