Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home Busana Muslimah Inilah Bahan Kain Katun Toyobo, Karakteristik , Kelebihan dan Kekurangan serta Harganya

Inilah Bahan Kain Katun Toyobo, Karakteristik , Kelebihan dan Kekurangan serta Harganya

Hai sahabat muslimah, tahukah Anda dengan bahan kain katun Toyobo? Ya, bahan yang satu ini mungkin agak kurang terkenal dibandingkan dengan bahan kain wolfis maupun katun jepang yang sejak lama menempati urutan pertama pilihan bagi sahabat muslimah saat mencari bahan busana atau pakaian. Oleh karena itu, kembali lagi kami dari GamisJilbabSyari mencoba membawakan artikel yang mencoba mengulas informasi tentang bahan kain Toyobo secara lengkap dengan segala karakteristik dan juga keunggulannya.

bahan kain toyobo beserta capnya
bahan kain toyobo beserta capnya. image: tokologi

Apakah Bahan Kain Katun Toyobo?

Kain katun memang sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu jenis bahan kain yang paling banyak digunakan sebagai bahan pakaian. Dari kain katun ini walaupun sama-sama dibuat dari serat kapas alami,  namun Sahabat muslimah juga harus mengetahui jika kain katun ini sendiri sebenarnya juga dibuat dalam berbagai macam varian. Hal ini tentunya terkait dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan di sektor industri tekstil. Dengan berkembangnya teknologi tekstil ini maka para produsen kain berusaha membuat varian dari kain katun ini sesuai dengan permintaan para konsumen. Nah salah satu jenis katun yang baru-baru ini mulai populer yaitu kain katun toyobo.

bahan kain katun toyobo dijual per roll
bahan kain katun toyobo dijual per roll. image: bukalapak

Hal pertama yang kita bahas adalah pengertian dari bahan kain toyobo. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa semakin hari maka semakin banyak bermunculan jenis bahan kain yang dijual di pasaran. Nah diantara bahan tersebut, ada jenis bahan katun Toyobo yang sekarang ini namanya mulai terkenal dan mendapat banyak tanggapan positif karena keunggulannya. Sudah tidak sabara ingin mengetahui lebih banyak tentang bahan katun Toyobo ini? Mari kita simak berikut ini.

Bahan katun toyobo merupakan salah satu jenis kain katun yang mempunyai tekstur halus dan lembut. Dibandingkan dengan katun jepang yang pastinya sahabat sudah mengetahui, kain katun toyobo ini memiliki karakteristik sedikit lebih tebal, lebih jatuh dan cenderung glossy. Jadi kalau Sahabat menggunakan kain ini untuk membuat pakaian maka tidak perlu menambahkan furing lagi.

Dilihat dari asal pembuatnya, bahan kain Toyobo ini adalah salah satu jenis bahan katun berkualitas yang diproduksi di Jepang, sehingga masuk ke pasar Indonesia dengan cara diimpor. Dengan karakteristiknya yang khas tadi, kain katun ini banyak digunakan oleh pria dan wanita untuk berbagai desain dan model pakaian. Dengan sifat khasnya yang lembut dan jatuh, saat Sahabat membuatnya menjadi gamis, kemeja, blouse, pasmina, outer ataupun rok, pakaian yang dihasilkan umumnya akan terlihat sangat bagus dan terkesan anggun. Oleh karena itu jenis bahan katun ini laris di pasaran karena karakteristiknya yang banyak disukai terutama karena nyaman dipakai di negara kita yang beriklim tropis.

Karakteristik Bahan Katun Toyobo

Dari sekian banyak bahan katun yang beredar di pasaran, salah satu jenis katun yang kami rekomendasikan sebagai bahan busana muslimah seperti gamis syar’i adalah bahan Toyobo ini. Hal ini karena Toyobo mempunyai karakteristik yang pasti sahabat suka, antara lain:

  • Bahan katun Toyobo terbuat dari bahan serat alami sehingga tingkat kenyamanan dalam pemakaiannya akan lebih baik dibanding bahan kain yang terbuat dari serat tiruan.
  • Mempunyai serat kain yang sangat rapat dan tidak menerawang
  • Sifat bahannya adem dan halus serta tidak kaku, lebih adem dibandingkan bahan wolfis maupun wollycrepe
  • Karakteristik bahannya tidak transparan dan tidak mencetak tubuh, sehingga sangat cocok untuk untuk membuat bahan gamis yang anggun dan elegan
  • Walaupun terlihat licin namun tidak terlalu mengkilap sehingga cocok untuk sahabat muslimah yang suka dengan warna-warna dove yang tidak mencolok
  • Jika sahabat akan menggunakannya sebagai bahan gamis syar’i maka sebenarnya tidak memerlukan furing. Namun untuk lebih aman dapat ditambahkan furing sesuai dengan selera
  • Bahannya ringan dan agak jatuh, namun tidak sejatuh bahan wolfis
  • Dibandingkan dengan bahan katun Ima, bahan Toyobo terlihat lebih tebal namun tetap tidak kaku dan ringan
  • Mempunyai pilihan warna yang beragam
  • Mempunyai ketahanan warna yang bagus sehingga tidak mudah kusam dan luntur
Baca Juga:  Inilah Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Jilbab Yang Panjang
bahan kain toyobo di pasaran
bahan kain toyobo di pasaran. image: bukapalak

Nah setelah mengetahui karakteristik dan ciri-ciri dari bahan katun toyobo ini tentunya sahabat muslimah bisa membandingkan dan mencocokkan jenis kain yang sesuai dengan model busana yang akan dibuat.

Kelebihan Bahan Katun Toyobo

Setelah mengetahui bagaimana karakteristik dan ciri-ciri dari bahan toyobo, berikut ini adalah keunggulan dan kelebihannya yang akan sahabat dapatkan dari jenis bahan ini yaitu:

  • Terbuat dari serat alam sehingga adem dan meningkatkan kenyamanan dalam memakainya.
  • Serat kainnya yang sangat rapat, lebih tebal dibanding bahan katun jepang dan tidak menerawang sehingga Sahabat tidak perlu menggunakan furing pada baju gamis Anda.
  • Bahannya halus dan lembut sehingga nyaman dipakai di segala suasana baik kondisi di dalam ruangan maupun di kondisi ruangan terbuka.
  • Ada banyak pilihan warna, namun karena sifatnya yang tidak terlalu mengkilat maka bagi sahabat yang menyukai warna-warna dove, bahan ini merupakan pilihan yang baik bagi Anda
  • Bahannya ringan dan agak jatuh, namun tidak sejatuh bahan wolfis
  • Dibandingkan dengan bahan katun Ima, bahan Toyobo terlihat lebih tebal namun tetap tidak kaku dan ringan. Sahabat pasti akan memilih bahan kain yang lebih tebal namun ringan dipakai terutama jika akan menggunakannya sebagai busana muslimah seperti baju gamis maupun jilbab. Betul tidak?
  • Mempunyai ketahanan warna yang bagus sehingga tidak mudah kusam dan luntur
  • Bahan ini juga tidak mudah kusut sehingga Sahabat akan lebih mudah dalam menjaganya
pilihan warna bahan kain toyobo
pilihan warna bahan kain toyobo. image: tokopedia

Nah begitulah beberapa kelebihan dari bahan kain toyobo yang kami ketahui sehingga Sahabat dapat membadingkannya dengan jenis bahan lainnya saat akan membuat sebuah pakaian. Namun walaupun begitu ada beberapa kekurangan dari bahan kain ini yang sahabat juga harus mengetahui seperti diuraikan di bawah ini.

Kekurangan dari Bahan Kain Toyobo

Bahan kain katun toyobo mempunyai kekurangan antara lain:

  • Bahan kain ini rata-rata yang beredar di pasaran berupa warna-warna polos, sehingga jika Sahabat mencari yang bermotif atau bercorak sepertinya agak susah mendapatkannya.
  • Harga yang ditawarkan dari bahan katun toyobo lumayan diatas harga bahan katun Jepang namun tidak terpaut jauh selisihnya. Jika Sahabat akan membuat pakaian seperti gamis syar’i yang membutuhkan kain yang cukup banyak, mungkin perlu diperhitungkan juga harga kainnya.
  • Karena dibuat dari serat kapas alami maka ketahanannya mungkin akan kalah dibandingkan dengan bahan kain yang dibuat dari serat sintetis. Oleh karena itu Sahabat mesti lebih memperhatikan petunjuk perawatannya yang akan kami bahas dalam artikel berikutnya.
Baca Juga:  Tips Mudah Berbusana Muslim Untuk Wanita Bertubuh Gemuk Agar Terlihat Lebih Ramping

Harga Bahan Kain Katun Toyobo

Jika dilihat dari kualitasnya maka Sahabat sudah mengerti bahwa kualitas dari bahan toyobo ini jauh lebih baik dibandingkan dengan bahan katun jepang maupun bahan wolfis dan wollycrepe. Namun sesuai dengan pepatah lama, bahwa ada kualitas ada harga. Nah untuk bahan katun ini juga mengikuti kaidah itu, dimana harganya akan lebih mahal dibandingkan dengan bahan katun jepang.

DI pasaran bahan kain katun toyobo umunya dijual dengan harga antara 40.000 IDR sampai dengan 50.000 IDR per meter, tergantung warna dan siapa yang menjual. Sebagai rata-rata para pedagang kain menjualnya dengan harga 45.000 per meter.

Selain dengan membeli bahan kain secara offline atau datang langsung ke penjualnya seperti ke toko-toko kain maupun pasar kain, Sahabat sekarang juga tidak perlu repot lagi. Banyak penjual kain yang menggelar dagangannya melalui internet atau secara online. Sahabat tinggal membuka smartphone, komputer atau laptop yang terhubung dengan internet dan browsing dengan kata kunci „bahan kain toyobo murah“ atau kata kunci lainnya. Maka sahabat akan menemukan banyak sekali toko online yang menjual bahan kain ini. Selain hemat waktu juga hemat biaya karena Sahabat tidak perlu repot datang ke toko mereka, dan bahan kain akan dikirimkan langsung ke alamat Sahabat setelah Sahabat membayarnya.

Namun perlu diingat jika Sahabat membeli bahan kain ini secara online maka ada kemungkinan barang yang dibeli tidak sesuai dengan harapan. Oleh karena itu Sahabat harus mengetahui jelas tentang bahan kain yang akan sahabat beli seperti warna, merk, berat dan harganya.

Penggunaan Bahan Katun Toyobo

Penggunaan bahan kain katun jenis ini ada banyak sekali, mulai dari busana muslimah seperti baju gamis syar’i, jilbab, rok, blouse, kemeja, baju koko dan model pakaian lainnya.

contoh gamis syar'i bahan katun toyobo
contoh gamis syar’i bahan katun toyobo. image: tokopedia

Hal ini karena kain toyobo lumayan tebal namun tetap lembut dan tidak kaku sehingga orang akan akan suka memakainya.

Demikianlah sahabat muslimah apa yang bisa kami informasikan mengenai bahan kain toyobo, pengertian, kelebihan dan kekurangan serta harganya. Semoga dapat menambah wawasan dan berguna bagi kita dalam kehidupan sehari-hari ini.

 

 

 

 

NO COMMENTS

Leave a Reply

%d bloggers like this: