Home Dunia Fashion Jenis Bahan kain Fleece Dan Cirinya Yang Harus Sahabat Ketahui

Jenis Bahan kain Fleece Dan Cirinya Yang Harus Sahabat Ketahui

Jenis bahan kain fleece memang banyak dipergunakan untuk membuat baju dan pakaian hangat seperti jaket, hoodie, sweater dan jumper karena memang sifat dari bahan ini adalah empuk dan hangat. Kain ini sebenarnya terbuat dari serat sintetis dengan lapisan serat seperti kapas pada salah satu sisi permukaan kainnya. Jadi jika sahabat muslimah mencari bahan kain yang akan dibuat pakaian yang bersifat hangat namun tidak panas dan tetap nyaman dipakai, maka sahabat bisa memilih kain fleece ini sebagai bahan dasarnya.

Jenis Bahan Kain Fleece di Pasaran

Ternyata bahan kain fleece ini sendiri ada tiga jenis yang banyak dijual ditoko-toko kain di sekitar kita. Jenis kain fleece ini adalah kain fleece cotton, fleece CVC dan kain fleece PE. Nah untuk memberikan gambaran dari jenis-jenis kain ini, dalam artikel ini akan dibahas karakteristik dan sifat dari masing-masing jenis bahan kain fleece agar sahabat tidak salah beli nantinya. Berikut adalah jenis bahan kain fleece yang harus sahabat ketahui:

1. Bahan Fleece PE / Polyethylene

Bahan kain Fleece PE / Polyethylene mempunyai sifat dan ciri-ciri yang dapat sahabat kenali saat melihatnya dengan detil, antara lain:

bahan kain fleece pe polyethylene
bahan kain fleece pe polyethylene. images: alibaba.com
  • Bahan kain fleece PE akan terlihat lebih mengkilap dibanding bahan fleece cotton. Hal ini dikarenakan kain fleece PE memiliki kandungan polyester yang lebih banyak.
  • Bagian terluar dari kain fleece PE memiliki tampilan yang sama seperti kaos PE, hanya saja ketebalan bahan kain ini yang akan berbeda dimana fleece PE lebih tebal dibandingkan jenis kaos PE.
  • Kain fleece PE mempunyai tekstur kain yang lebih kaku dibandingkan dengan fleece cotton. Hal ini menjadikan fleece PE banyak dipakai sebagai baju luar.
  • Busana seperti jaket dan hoodie yang dibuat dengan bahan fleece PE umumnya terlihat lebih elegan dan sporty, sehingga banyak disukai terutama oleh kaum muda.
Baca Juga:  Tips Mudah Berbusana Muslim Untuk Wanita Bertubuh Gemuk Agar Terlihat Lebih Ramping

2. Bahan Fleece Cotton

Sebagaimana jenis kain lain yang mempunyai campuran katun atau cotton, maka bahan kain fleece cotton ini juga mempunyai karakteristik dan sifat paling halus dan lembut diantara 3 jenis bahan fleece. Ciri-ciri umum dari kain fleece katun ini antara lain:

bahan Fleece cotton
bahan Fleece cotton. image: indiamart.com
  • Bahan ini mempunyai permukaan yang sama-sama halus, baik bagian dalam maupun luarnya.
  • Dibandingkan dengan bahan kaos, bahan ini mempunyai serat kain yang lebih besar dan lebih kasar.
  • Bahannya mempunyai sifat yang bagus dan hangat sehingga cocok digunakan sebagai pakaian hangat.
  • Permukaan kain fleece cotton umumnya bersifat lebih sejuk, lebih lembut, dan lebih halus di kulit.

3. Bahan Kain Fleece CVC

Bahan kain ini sering juga disebut dengan fleece cotton viscosa. Bahan ini mempunyai karakteristik dan tekstur serat yang lebih kasar jika dipegang atau diraba.

bahan fleece cvc
bahan fleece cvc. image: dongdaknitting.en.alibaba.com

Dengan karakteristik yang seperti itu, banyak produsen busana yang memilihnya untuk bahan pemembuatan jaket dan juga hoodie. Jika dibandingkan dengan kain fleece cotton, bahan ini mempunyai kualitas di bawahnya, namun masih cukup bagus dan mendekati. Oleh karena itu, harganya juga lebih murah dibandingkan fleece cotton atau katun.

Demikianlah sahabat muslimah, beberapa karakteristik dan sifat dari ketiga jenis bahan kain fleece yaitu fleece PE, fleece cotton dan fleece CVC. Jika sahabat ingin membuat jaket yang mempunyai tampilan lebih sporty maka sahabat dapat memilih bahan fleece PE, jika sahabat ingin kenyamanan dalam pemakaiannya maka dapat dipilih jenis bahan fleece cotton dan terakhir jika harga menjadi pertimbangan utama, maka sahabat dapat memilih jenis bahan fleece CVC. Namun dari ketiganya mempunyai persamaan yaitu sama-sama cocok digunakan untuk pakaian hangat. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Inilah Bahan Kain Fleece, Kelebihan dan Kekurangannya

disarikan dari berbagai sumber.

 

NO COMMENTS

Leave a Reply

%d bloggers like this: