Home Busana Muslimah Inilah Bahan Kain Fleece, Kelebihan dan Kekurangannya

Inilah Bahan Kain Fleece, Kelebihan dan Kekurangannya

Sahabat muslimah, kembali kita membahas tentang bahan kain yang biasa kita pakai sehari-hari, kali ini adalah bahan kain Fleece. Namanya muslimah, tentunya tidak lucu jika kita tidak mengetahui jenis-jenis bahan kain atau bahan pakaian yang sering kita gunakan, karena biasanya sebagai kaum hawa kita sering menjadi panduan bagi suami atau keluarga laki-laki dalam membeli busana. Sering kan saat kita berbelanja baju di toko atau mall, suami atau saudara kita menanyakan kira-kira bahan apa yang bagus buat baju ini, atau seragam itu, atau busana buat keperluan lain? Nah, itulah fungsi dari mengetahui berbagai macam bahan kain akan membantu diri kita sendiri atau orang di sekitar kita saat membutuhkannya. Nah baiklah kita kembali ke topik yaitu membahas bahan kain Fleece.

Apakah Bahan Kain Fleece Itu?

Bahan kain fleece adalah salah satu jenis bahan tekstil yang biasa disebut juga dengan imitasi dari wool. Bahan ini merupakan hasil finishing dari produk tekstil sintetis dan mempunyai sifat lembut, hangat, dan agak sedikit berbulu pada depan permukaannya. Jika sahabat muslimah suka bepergian menggunakan sepeda motor, maka sahabat pasti banyak menggunakan busana dari bahan kain ini untuk melindungi badan dari angin, yaitu sebagai jaket atau sweater.

bahan kain fleece
bahan kain fleece. images credits: bahankain.com

Dilihat dari material pembentuknya, kain fleece sebagian besar dibuat dari bahan campuran polyester seperti polyethylene terephthalate (PET), nilon, licra, dan berbagai jenis bahan sintetis lainnya. Bahan kain fleece ini biasanya digunakan sebagai pakaian luar outdoor seperti sweater dan jaket. Selain itu juga bahan ini banyak dipakai sebagai bahan non busana yaitu untuk perlengkapan rumah tangga. Contoh yang paling banyak dipakai adalah dibuat untuk selimut dan bedsheet.

Baca Juga:  Kain Cashmere, Pengertian, Penggunaan dan Perawatannya

Jika sahabat muslimah melihat berdasarkan komposisi material penyusunnya, bahan kain fleece dapat dikelompokkan kedalam beberapa macam kategori. Kategori kain fleece yang banyak dijual di pasaran antara lain:

  • fleece cotton
  • fleece polyester
  • fleece micro
  • fleece polar
  • fleece bamboo
  • dan lainnya.
contoh jaket dari bahan fleece
contoh jaket dari bahan fleece. image credits: internet

Nah satu hal yang menguntungkan kita dari kain fleece ini adalah kalau kain ini juga dikenal sebagai kain ramah lingkungan. Hal ini karena dapat diproduksi dari limbah daur ulang atau recycled waste.  Contoh utama dari bahan pembuat kain ini adalah  plastik bekas.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Kain Fleece

Sebagaimana jenis bahan kain lainnya yang banyak dijual di pasaran, tentunya bahan fleece juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Nah tentunya tinggal kita yang jeli melihat kelebihannya dan menggunakannya sesuai dengan karakteristik yang menguntungkan kita, serta menghindari pemakaian yang dapat merugikan kita.

Kelebihan Kain Fleece

Beberapa kelebihan dari jenis bahan kain ini yang dapat kita manfaatkan adalah:

  • Kain fleece dapat bekerja dengan baik sebagai insulator tubuh meski dalam kondisi basah. Hal ini sangat bagus dipakai dalam kondisi cuaca dingin sehingga kita tidak terlalu banya kehilangan suhu tubuh.
  • Lebih cepat kering, sehingga kita tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menjemurnya.
  • Kain fleece memiliki kemampuan breathability yang cukup baik sehingga memungkinkan terjadinya sirkulasi udara pada saat digunakan.
  • Bahan fleece cenderung bersifat elastis sehingga kita akan merasa nyaman saat memakainya.
  • Harga kain fleece umumnya relatif murah.

Kekurangan Kain Fleece

Beberapa kekurangan bahan kain ini antara lain:

  • Bahan fleece kurang sesuai jika digunakan pada daerah yang bersuhu ekstrim (minus derajat celcius), sehingga tidak direkomendasikan untuk memakai jaket dari bahan ini saat cuaca musim dingin. Sebagai gantinya, bahan dari jenis wool merupakan bahan terbaik untuk manjaga tubuh kita tetap hangat.

    contoh bahan kain fleece
    contoh bahan kain fleece. image credits: fitinline.com
  • Bagian serat terluar dari kain fleece mudah mengelupas sehingga kita harus hati-hati dalam memakainya.
  • Kain fleece termasuk kedalam jenis kain tekstil yang sangat mudah kotor. Untuk meminimalisir hal tersebut, pilihlah warna gelap sehingga kotoran tidak terlalu terlihat.
  • Semakin sering dicuci warna dari kain fleece akan semakin memudar.
  • Kain fleece memiliki warmth-to-weight ratio yang lebih sehingga umumnya lebih berat. Untuk sahabat yang tidak suka dengan busana yang berat di badan maka tidak disarankan untuk memilih jenis bahan ini.

Kesimpulan

Bagaimana sahabat muslimah setelah membaca pengertian dari kain fleece diatas? Dari penjelasan diatas dapat kita tarik kesimpulan kalau kain fleece ini sangat cocok dipakai sebagai midlayer dalam kondisi apapun karena penggunaannya bisa disesuaikan dengan ketebalan bahan. Kain fleece juga lebih aman dipakai ketika musim hujan karena sifatnya yang mudah kering dan tetap mempertahankan panas tubuh walaupun dalam kondisi basah. Namun kain ini tidak direkomendasikan untuk dipakai sebagai jaket saat cuaca musim dingin terutama jika suhu ekstrim dibawah nol derajat celcius, karena sahabat pasti akan kedinginan.

Dan yang lebih utama lagi dari semua itu adalah selalu menggunakan busana muslimah yang syar’i. Hal ini karena kita sebagai muslimah diwajibkan untuk menutup aurat yaitu seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Dengan menjalankan kewajiban kita maka akan ada pahala yang mengalir dan kita juga akan nyaman dalam menjalaninya. Semoga bermanfaat.

NO COMMENTS

Leave a Reply

%d bloggers like this: