Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home Kajian dan Nasihat Inilah Tips Mudah Menjadi Muslimah yang Sabar dan Penyayang

Inilah Tips Mudah Menjadi Muslimah yang Sabar dan Penyayang

Menjadi seorang muslimah yang sabar dan penyayang merupakan dambaan bagi setiap wanita muslim dan mempunyai pasangan hidup penyabar dan penyayang juga merupakan dambaan bagi para suami dan calon suami. Hal ini karena sabar dan penyayang merupakan sifat-sifat baik yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi tantangan hidup sehari-hari.

Orang Yang Bersabar Akan Mendapatkan Surga

Allah SWT sendiri sangat mencintai hamba-hamba-Nya yang sabar dan penyayang. Berikut ini ada sebuah kisah yang sahabat muslimah bagamana Allah akan memberikan balasan surga bagi orang yang sabar.

menjadi wanita yang sabar dan penyayang
menjadi wanita yang sabar dan penyayang. images: imslaveofallah.tumblr.com

Dalam satu kisah di masa nubuwwah tentang seorang perempuan hitam yang mungkin di mata manusia dia tidak ‘berharga’ karena fisiknya dan sakitnya.

Atha bin Abi Rabah rahimahullah berkisah sebagai berikut. Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma pernah berkata kepadaku, “Maukah aku tunjukkan kepadamu seorang perempuan yang termasuk penduduk surga?”

“Tentu,” jawabku.

Kata Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma, “Perempuan yang berkulit hitam itu. Dia pernah datang menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam seraya mengeluh, ‘Saya menderita kesurupan (ash-shar’), kalau sedang kambuh tersingkap auratku. Karena itu, doakanlah kepada Allah ‘azza wa jalla agar menyembuhkanku.”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda memberi pilihan kepadanya, “Apabila mau, engkau bersabar dan ganjaranmu adalah surga. Namun, apabila engkau tetap ingin sembuh dari sakitmu, aku akan memohon kepada Allah ‘azza wa jalla untuk menyembuhkanmu.”

Si perempuan menjawab, “Aku pilih bersabar.” Kemudian dia melanjutkan ucapannya, “Namun, auratku tersingkap saat kambuh. Karena itu, doakanlah kepada Allah ‘azza wa jalla agar auratku tidak terbuka.”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian mendoakannya. (HR. al-Bukhari dan Muslim).

Dalam riwayat diatas diceritakan dengan jelas bagaimana orang yang sabar akan dibalas dengan dimasukkan ke dalam surga oleh Allah SWT. Namun seperti yang kita ketahui, menjadi orang yang penyabar bukanlah sebuah hal yang mudah. Jika pada saat kondisi kita sedang senang atau normal, badan sedang fit dan tidak ada masalah yang mengganggu pikiran, kita akan dapat lebih mudah untuk sabar dalam menghadapi kejadian di sekeliling kita. Namun jika kondisi kita sendiri sudah dipenuhi berbagai macam persoalan yang mengganggu pikiran, terus ditambah dengan hal-hal yang tidak kita sukai terjadi di sekitar kita, maka tingkat kesabaran kita menjadi lebih sedikit. Akhirnya akan timbul kemarahan dan stress sehingga menjadikan kita tidak sabar menghadapinya.

Emosi Yang Mempengaruhi Perasaan Sabar dan Sayang

Emosi adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu. Emosi adalah reaksi terhadap seseorang atau kejadian dan dapat ditunjukkan ketika merasa senang mengenai sesuatu, marah kepada seseorang, ataupun takut terhadap sesuatu. Dalam diri manusia, emosi adalah perasaan yang sangat erat kaitannya dalam menghasilkan sifat sabar dan sayang.

Baca Juga:  Inilah Cara Ruqyah Syar'iyyah yang Benar

Menurut Dr.Salva Yurista seorang dokter umum di alodokter, emosi merupakan suatu hal yang normal bagi manusia, dimana emosi merupakan ekspresi marah bila kita mendapatkan atau mengalami hal tidak mengenakkan atau yang tidak kita sukai. Emosi sendiri berdasarkan penyebabnya terbagi menjadi 2 macam :

  • Eksternal, Emosi eksternal adalah emosi yang disebabkan oleh lingkungan sekitar, seperti saat sahabat muslimah merasa marah karena terjebak macet atau motor rusak saat sedang terburu-buru, atau saat antri membeli makan siang, saat sampai gilirannya ternyata sudah habis.
  • Internal, Emosi internal ini lebih mengarah kepada faktor yang berada di dalam tubuh kita sendiri. Begadang, menjadi salah satu faktor yang menyebabkan orang gampang emosi dan stress. Selain itu faktor internal juga berhubungan dengan tabiat kita yang tak mudah menerima kritik dan merasa kita paling benar.

Tips Mudah Bagi Muslimah Menjadi Sabar dan penyayang

Dalam dri manusia, perasaan emosi dan tidak sabar antara satu orang dengan yang lain tidaklah sama. Ada yang dapat menjaga diri dan bersabar dengan mudah, tapi ada juga yang mudah sekali marah dan emosi yang meluap-luap saat terjadi masalah dalam hidup. Jika sahabat muslimah termasu mudah emosi dan sering merasa menyesal setelah meluapkannya, maka sebaiknya berniat untuk menjadi wanita yang penyabar . Selain membuat hati tenang dan jantung sehat, menjadi seseorang yang sabar juga menjauhkan sahabat dari hal-hal buruk yang mana kita sendiri tentu tak ingin hal itu terjadi.

kesabaran adalah pilar keimanan
kesabaran adalah pilar keimanan. images: pinterest

Dalam kaitannya dengan sifat sabar, gamisjilbabsyari.com mempunyai tips bagi sahabat semua bagaimana cara menjadi seorang wanita yang sabar dan penyayang, yaitu:

1. Mengelola Stress Dengan Baik

Saat sahabat merasa kehilangan kesabaran, coba tenangkan diri sejenak untuk berfikir apa penyebab sahabat merasa stressi? Bila sahabat muslimah sendiri tak mengetahui emosi yang terjadi karena sebab apa, maka cobalah konsultasikan dengan psikiater.
Namun jika sahabat mengetahui penyebabnya dan merasa kesulitan untuk menangani maka janganlah menyimpannya sendiri . Sahabat dapat menoba untuk meminta bantuan sahabat, atau orangtua untuk membantu menemukan solusinya.

2. Berwudhu

Ada cara yang paling ampuh seperti yang Rasulullah SAW anjurkan kepada kita pada saat kita marah dan emosi yaitu dengan mengubah posisi kita. Misalkan saat kita marah dalam keadaan duduk maka berdirilah, dan sebaliknya. Dan juga dengan berwudhu maka insya Allah emosi dan kemarahan akan hilang dari kepala kita.

3. Tidak Agresif

Saat seseorang merasa emosi yang meledak, biasanya ia akan mengeluarkannya menjadi suatu ekspresi yang agresif. Salah satunya adalah dengan berteriak, melempar atau memukul sesuatu, dengan harapan setelah itu masalahnya menjadi beres.

Namun penyelesaian masalah tidak dapat hanya dengan melakukan hal seperti itu saja. Daripada sahabat melampiaskan kekesalan dengan mengamuk atau teriak tak karuan lebih baik sahabat mencari cara mengekspresikan emosi yang tidak agresif. Misalnya, dengan mendengarkan hal yang menyenangkan dan juga relaksasi.

Baca Juga:  8 Model Berdandan yang Dilarang Bagi Muslimah

4. Perbanyak Istighfar dan Mohon Ampun

Emosi dan kemarahan adalah salah satu dari akibat godaan setan yang mempengaruhi pikiran. Hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan memperbanyak istighfar dan mohon ampun kepada Allah SWT, terutama pada saat sahabat sedang marah dan emosi. Hal ini akan menjadikan emosi akan reda dan kemarahan akan hilang dari diri sahabat. Setelah itu yakinkan dalam diri sahabat bahwa emosi adalah hal yang buruk dan tidak boleh mengendalikan diri sehingga harus dihilangkan.

5. Melakukan Hal Yang Sahabat Sukai

Sahabat muslimah tentu akan senang saat disuruh untuk melakukan hal yang sahabat sukai. Hal ini juga sama pada saat sahabat menjalani sebuah pekerjaan, dimana pekerjaan tersebut sebenarnya tidak sahabat sukai. Tentunya sahabat akan mengerjakan dengan setengah-setengah dan jika ada hal yang tidak diinginkan akan membuat sahabat merasa stress dan marah. Perasaan ini harusnya tidak ada karena akan mengganggu pekerjaan yang nantinya berpengaruh kepada masa depan dan karir sahabat. Oleh karena itu lebih baik bagi sahabat untuk memilih pekerjaan yang sahabat sukai sehingga akan bekerja dengan sepenuh hati yang imbasnya nanti pekerjaan akan dilakukan dengan sungguh-sungguh sehingga hasilnya juga akan bagus.

6. Menjauhi Penyebab Stress

Apakah sahabat suka minum kopi dan sering begadang? Begadang dan mengkonsumsi kafein berlebihan dapat membuat sahabat menjadi seseorang yang gampang emosi. Oleh karena itu berusahalah tidur tepat waktu minimal 7-8 jam sehari. Hal ini akan membuat suasana hati sahabat akan menyenangkan dan akan lebih mudah untuk bersabar dalam menghadapi kejadian di sekitar.

7. Menahan Diri

Mudah dalam menahan diri adalah salah satu ciri dari muslimah yang penyabar. Bila sahabat ingin menjadi wanita penyabar dengan sangat mudah maka cara ini merupakan solusinya. Dengan menahan diri maka tidak akan terjadi hal yang akan menambah parah keadaan.

Demikianlah sahabat muslimah tips mudah menjadi muslimah yang sabar dan penyayang. Memang jika kita membaca artikel ini rasanya mudah, namun pada kenyataannya akan lebh susah untuk dipraktekkan. Hal itu memang wajar, namun tetaplah berpikir positif dan terus berdoa kepada Allah SWT untuk menolong kita dari segala perbuatan buruk baik yang kita perbuat ataupun yang orang lain perbuat kepada kita. Karena sebagai muslim, sandaran hidup-mati kita hanyalah Allah SWT. Tetaplah bersemangat dalam menghadapi hidup dan lakukan hal terbaik sesuai dengan tuntunan Al- Qur’an dan As Sunnah, insya Allah akan ada banyak jalan kemudahan yang diberikan Allah kepada kita.

NO COMMENTS

Leave a Reply

%d bloggers like this: