Anda Sedang Menghafal Al-Qur’an? Kerjakanlah 3 Hal Ini

Gamisjilbabsyari.com – Sahabat muslimah sedang dalam proses menghafal Al-Qur’an? Menghafal Al-Qur’an memang tidak semudah saat kita menghafalkan lagu atau hal lain yang bersifat duniawi. Kita saat mendengar sebuah lagu atau nyanyian, maka tanpa perlu kita susah-susah menghafal pasti ada bagian dari syair lagu tersebut yang melekat di pikiran kita sehingga tak terasa akan hafal. Namun saat menghafal Al-Qur’an, kita membutuhkan waktu yang tidak sedikit agar berhasil. Selain itu kita juga memerlukan waktu dan lingkungan yang mendukung. Tetapi dibalik itu ada pahala yang sangat besar menanti kita jika kita dapat menghafalnya. Selain itu Allah SWT sendiri menjamin para penghafal Al-Qur’an untuk masuk ke dalam surga-Nya melalui satu pintu yang khusus dipersiapkan untuk para penghafal Al-Qur’an.

muslimah menghafal Al-Qur'an.
muslimah menghafal Al-Qur’an. image: www.flickr.com/nina_19

Nah sahabat muslimah, jika Anda sedang berusaha menghafal Al-Qur’an, ternyata ada hal khusus yang harus dilakukan agar sahabat lebih mudah menghafalnya. Hal tersebut antara lain:

1. Meninggalkan Perbuatan Maksiat

Allah SWT menurunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk kepada seluruh umat manusia agar tidak tersesat dalam hidup, dan selamat di dunia dan akhirat. Al-Qur’an berisi petunjuk dan larangan serta ha-hal baik lainnya yang harus kita kerjakan dan juga hal-hal jelek yang harus kita jauhi.

Ada satu hal yang harus dilakukan jika sahabat muslimah ingin mudah dalam menghafal Al-Qur’an, yaitu segera meninggalkan perbuatan maksiat. Hal ini karena menghafal Al-Qur’an dan perbuatan maksiat adalah dua hal yang sangat bertentangan, dimana satunya adalah salah satu jalan ke surga, sedangkan lainnya adalah salah satu jalan ke neraka. Tentu ini adalah dua hal yang sangat bertentangan, sehingga jika sahabat ingin mudah dalam menghafal Al-Qur’an, segera jauhi maksiat secara total.

Baca Juga:  Anda Sedang Dilanda Kesusahan? Bacalah Doa Nabi Musa Berikut

Dan tentu bisa menghafal Al-Quran merupakan nikmat yang teramat besar. Maka bagaimana sahabat ingin menjemputnya?

“Sungguh aku melihat bahwasanya Allah telah menganugerahi cahaya kepada hatimu” ucap Imam Malik kepada Imam Syafi’i, “maka jangan kau padamkan dengan maksiat” lanjutnya.

2.Mengerjakan Shalat Malam

Rajin mengerjakan shalat malam juga merupakan salah satu amalan pendukung dalam menghafal Al-Qur’an. Selain merupakan amalan Sunnah yang paling dicintai Allah, shalat malam juga menjadi parameter kesungguhan dari seorang hamba. Bagaimana tidak? Ketika orang lain terlelap dalam tidurnya, orang ini bangun berwudhu dan melaksanakan shalat, dan ada pula keikhlasan yang nyata walau tak seorang pun yang melihatnya.

“Kesehatanku telah pergi, tulangku sudah melemah, tetapi sesungguhnya jikalau diriku bangun untuk sholat malam, tidaklah aku membaca melainkan surat Al-Baqarah dan Ali-Imran”, ucap seorang alim.

Ada salah satu ungkapan yang mengatakan bahwa orang yang lemah bukanlah orang yang tidak mampu berperang, namun orang yang lemah adalah mereka yang tak mampu bangun tengah malam untuk melaksanakan sholat sunnah.

3. Perbanyak Doa

Sahabat muslimah, janganlah pernah untuk melupakan hal yang satu ini, yaitu berdoa. Secerdas apapun dirimu, jangan lupa untuk selalu sertakan Allah dalam segala urusanmu, terkhusus dalam urusan menghafal Al-Quran. hal ini karena begitu banyak tantangan pada prosesnya, dan tidak akan ada kemudahan melainkan kemudahan yang diberikan oleh Allah SWT.

“Mintalah kemudahan pada setiap urusan, bahkan ketika hanya ingin memakai sendal jepit” pesan Aisyah Radhiyallahu ‘Anha “karena hal itu tidak akan menjadi mudah jika Allah tak memudahkannya.”

Berdoalah karena ada keberkahan pada setiap yang dipinta, ada ketenangan pada setiap kata yang diucap, dan tak ada kerugian selama mengharap kepada-Nya. Dan pada proses menghafal ini mintalah agar Allah memudahkan dirimu dalam mengafal, memahami, dan mengamalkan Al-Quran dan menjadikanmu diantara hamba- hamba-Nya yang istiqomah.

Baca Juga:  8 Model Berdandan yang Dilarang Bagi Muslimah

Demikianlah 3 hal yang harus dikerjakan jika sahabat ingin mudah dalam menghafal Al-Qur’an. Sesungguhnya menghafal Al-Qur’an akan mengantarkan ke dalam surga yang mulia dan penuh dengan kebahagiaan. Tidak ada satu manusiapun yang akan menolak jika dimasukkan ke dalam surga, oleh karena itu, raihlah dengan salah satu jalannya yaitu menghafal Al-Qur’an.

sumber: islampos

Leave a Reply