Inilah Tips Mudah Menghilangkan Noda Tinta di Pakaian

2
1209

Apakah pakaian dan busana sahabat muslimah pernah terkena noda tinta? Susah sekali kan ya membersihkannya? Nah dalam artikel ini akan diulas tips mudah dalam menghilangkan noda bekas tinta di pakaian sahabat.

Dalam falsafah ada yang mengatakan bahwa pakaian merupakan cermin dari kepribadian seseorang. Dari melihat pakaian dan penampilannya kadang bisa diterka kepribadian dari orang tersebut. Apalagi sebagai wanita yang lebih sadar akan kebersihan dan kerapian , tentunya kita akan lebih menjaga penampilan kita dengan mamakai pakaian yang bersih dan rapi. Hal ini tentunya karena memakai pakaian yang bersih dan rapi akan menjadikan orang lain lebih menghargai kita dibandingkan jika kita memakai pakaian yang asal-asalan dan tidak rapi.

Namun bagaimanapun walau kita sudah berhati-hati dalam menjaga kebersihan pakaian kita, tetap suatu saat secara tak sengaja terkena noda sehingga kotor. Noda itu bisa dari noda makanan, noda minuma, sampai dengan noda bekas tinta bolpen atau spidol yang susah dihilangkan. Nah kalau yang menempel adalah tinta bolpen, ini menjadi masalah besar bagi kita, karena biasanya sangat susah untuk dihilangkan. Namun ternyata ada cara yang cukup mudah untuk membersihkan dan menghilangkan noda bekas tinta ini sahabat, caranya adalah seperti dibawah ini:

1. Dengan Menggunakan Tisu

Menggunakan tisu untuk menghilangkan noda bekas tinta adalah langkah pertama yang dapat sahabat lakukan jika tinta itu baru saja menempel di pakaian. Jika noda tinta mengenai pakaian sahabat, segeralah mengambil tisu untuk menyerap noda tinta tersebut. Yang perlu sahabat muslimah ingat saat noda tinta mengotori pakaian adalah, jangan menunda untuk membersihkannya. Sebab, noda tinta yang telah mengering dan menempel pada pakaian akan lebih susah dihilangkan. Sementara, jika sahabat segera mengambil tindakan untuk membersihkannya, tisu yang digunakan akan membantu menyerap tinta yang masih basah dari kain, membuat noda menjadi samar sehingga mudah dihilangkan.

2. Membersihkan Noda Dengan Hairspray

Sewaktu sahabat ternyata telat untuk membersihkan noda bekas tinta sehingga noda tersebut mengering, maka sahabat dapat menggunakan cara lainnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan hairspray. Sahabat bisa menghilangkan noda tinta pada pakaian dengan bantuan hairspray ini, yaitu dengan cara merebahkan pakaian sahabat yang telah terkena noda tinta, lalu lapisi bagian yang terkena noda dengan tisu dan semprotkan hairspray di atasnya. Hairspray akan membuat noda larut, sehingga akan lebih mudah dihilangkan saat pakaian dicuci. Setelah noda tinta larut, maka cucilah pakaian tersebut sehingga noda bekas tinta akan hilang dan pakaianpun kembali bersih.

3. Menggunakan Alkohol

Jika kejadiannya adalah sama seperrrti nomor dua diatas yaitu sahabat telat dalam mengetahui noda tinta yang menempel di pakaian sehingga mengering, maka noda ini dapat dihilangkan juga dengan menggunakan alkohol.
Sahabat bisa menggunakan alkohol gosok atau alkohol metilasi yang banyak dijual di toko kimia. Cara melakukannya adalah dengan rendam cotton-bud atau kapas ke dalam alkohol, kemudian gosokkan cotton-bud tersebut pada area noda tinta yang melekat pada pakaian. Ulangi cara ini sampai noda yang menempel pada pakaian sahabat menghilang. Setelah itu, cuci pakaian sahabat seperti biasa.

4. Menggunakan Susu

Mengherankan ya, tenyata susu dapat digunakan untuk menghilangkan noda bekas tinta. Tenu saja, hal ini karena susu mengandung lemak yang dapat melarutkan noda di pakaian. Sahabat dapat menggunakan berbagai macam susu untuk membersihkan pakaian ini, bisa menggunakan susu dingin, susu hangat atau juga bahkan dengan susu basi. Bagaimana caranya, akan kita lihat berikut ini:

a. Susu dingin

Jika menggunakan susu dingin, maka langkah pertama yang dilakukan adalah melapisi bagian pakaian yang terkena noda tinta dengan tisu. Setelah itu, rendamlah pakaian atau bagian yang terkena tinta tersebut ke dalam susu yang sudah didinginkan selama setengah jam. Terakhir, cucilah pakaian dengan air bersih dan detergen seperti biasa.

b. Susu hangat

Cara menggunakan susu hangat adalah sebagai berikut. Pertama-tama panaskan susu cair sehingga hangat dan tidak terlalu panas, kemudian masukkan ke dalam ember dan masukkan pakaian yang terkena noda tinta ke dalamnya. Rendamlah di dalam susu cair hangat tersebut selama setangah jam, setelah itu cucilah dengan menggunakan air bersih dan detergen seperti mencuci biasanya.

c. Susu basi

Yng dimaksud dengan susu basi disini adalah dengan menggunakan susu kental manis yang sudah kadaluwarsa atau tidak dikonsumsilagi, atau jamuran dan lain hal.

Cara menggunakannya adalah sebagai berikut: masukkan susu kental manis ke dalam wadah, kemudian jemurlah di bawah sinar matahari hingga mengental. Setelah itu gosokkan susu tersebut ke atas pakaian yang terkena noda tinta. Setelah kotoran bekas tinta larut ke dalam susu, angkatlah susu dengan menggunakan tisu. Terakhir, cucilah dengan menggunakan air bersih dan deterjen, bilas dan dijemur.

Nah sahabat muslimah, ternyata mudah sekali ya cara menghilangkan noda tinta pada pakaian. Dengan tips ini maka pakaian yang terkena bekas tinta akan terselamatkan dan dapat dipakai kembali. Semoga bermanfaat.

2 COMMENTS

Leave a Reply