Tenyata Bawang Putih akan Menghindarkan Resiko Tekanan Darah Tinggi

2
574

Sahabat muslimah pasti mengetahui apa itu bawang putih. Ya, salah satu jenis bumbu dapur yang wajib ada dan biasa dipakai untuk campuran bumbu di banyak jenis makanan. Tapi tahukah Anda bahwa bawang putih juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kita? Inilah dia ulasannya.

Bawang putih selain berfungsi sebagai salah satu bumbu masakan ternyata sangat berguna untuk ksehatan badan. Salah satu kegunaan bawang putih ini adalah untuk mengencerkan darah. Hal ini karena di dalam bawang putih ini banyak terdapat zat Allicin.

Zat Allicin dalam Bawang Putih

Bawang putih mempunyai zat aktif utama yang bernama Allicin. Zat ini pertama kali dilaporkan oleh CJ Cavallito pada tahun 1944, allicin adalah bahan utama yang bertanggung jawab atas spektrum luas dari aktivitas anti-bakteri dalam bawang putih. Penelitian juga menunjukkan bahwa allicin berperan menurunkan kolesterol, anti-pembekuan darah, anti-hipertensi, anti-kanker, antioksidan dan anti-mikroba. Allicin yang dalam bawang putih ini lah yang dapat digunakan sebagai obat untuk menurunkan berat badan, mengencerkan darah, antioksidan, antibakteri dan sebagai zat anti kanker.

Memakai bahan alami bawang putih untuk turunkan darah tinggi bukan tanpa alasan, dikarenakan senyawa Allicin yang ada pada bawang putih berguna untuk melebarkan serta menghindar pembekuan darah, penyebab berlangsungnya hipertensi. karakter bawang putih yang lain yang baik untuk menghindar darah tinggi yaitu kemampuannya menghancurkan lemak serta turunkan kandungan kolesterol jahat (LDL).

Bagi yang mempunyai potensi atau mempunyai keturunan darah tinggi, mengonsumsi 2 sampai 3 siung bawang putih setiap hari, pada saat perut kosong dapat membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Tetapi perlu diingat sebelum sahabat memutuskan mengonsumsi bawang putih secara langsung lebih baik konsultasikan dulu bersama dokter untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga:  Inilah Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Menggunakan Bawang Putih Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sahabat dapat menggunakan bawang putih juga untuk membantu menurunkah tekanan darah tinggi. Caranya adalah dengan mengkonsumsinya waktu masih dalam kondisi fresh. Langkahnya adalah ambil 3 siung bawang putih yang telah dikupas serta dicuci bersih, tumbuk sampai halus lantas diperas dengan ditambah air secukupnya, lantas airnya diminum. Hal ini cukup dikerjakan 3 kali 1 hari, sama seperti minum obat dokter. Namun jika dirasa terlalu rumit, sahabat dapat melakukan metode lain yaitu dengan memakan segera siung bawang putih 3 biji yang telah bersih pastinya, dimakan berbarengan dengan nasi. Penelitian menyebutkan bahwa manfaat paling baik dari bawang putih yaitu ada pada bawang lanang (laki), yakni bawang putih yang bersiung tunggal. Akan tetapi bawang lanang ini jarang didapat, dan ada supermarket atau toko yang menjualnya namun harganya jauh lebih mahal dbandingkan dengan bawang putih biasanya.

Fungsi Lain Bawang Putih Bagi Kesehatan

Nah selain sebagai obat untuk penurun tekanan darah tinggi, bawang putih juga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bawang putih mengandung hampir 71% Vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh, 25% kebutuhan kalsium harian dan 11% serat harian. Nutrisi yang terkandung dalam bawang putih ini semua baik untuk kesehatan tubuhDan lebih hebatnya lagi dalam bawang putih tidak ada satu pun zat berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu bawang putih sering digunakan sebagai obat herbal. Semoga bermanfaat.

2 COMMENTS

Leave a Reply