Inilah Bahan Kain Koshibo, Karakteristik, Harga dan Penggunaannya

Bahan kain koshibo ini beberapa waktu terakhir cukup populer berkat penggunaannya sebagai jilbab syar’i yang membawa tren baru di dunia fashion muslim. Nah sahabat muslimah apakah sudah mengetahui tentang jenis kain ini? Jika masih ada yang belum, maka pada artikel ini kami akan mencoba membahas jenis bahan kain koshibo, karakteristik dan penggunaanya.

Apakah Kain Koshibo Itu?

Nah sebelum melangkah lebih jauh mengenai karakteristik dan penggunaan dari bahan kain koshibo atau kashibo ini, tentu sahabat muslimah harus mengetahui apa itu bahan kain koshibo.

bahan kain koshibo
bahan kain koshibo. image: quality-fabric.com

Bahan kain koshibo adalah salah satu jenis kain woven fabric yang dibuat  dari serat polyester, dimana kandungan polyester dalam kain ini mencapai 100%. Untuk serat polyester sendiri proses pembuatannya adalah dengan mencampurkan bahan-bahan kimia tertentu sesuai dengan formula yang sudah ditentukan dalam bentuk cairan kental. Cairan ini kemudian dimasukkan ke dalan mesin melt spinning untuk dijadikan serat polyester.

bahan kain polyester koshibo
bahan kain polyester koshibo. image: leanoffer.com

Sebagai salah satu jenis kain woven fabric maka bahan kain koshibo dibuat dengan teknik woven atau tenun. Sebagai informasi saja, selain pembuatan bahan kain dengan teknik woven atau tenun maka ada metode lain yaitu dengan teknik knitting atau rajut. Pada kedua teknik ini kain dibuat dengan dua jenis atau model mesin yang berbeda.

Salah satu karekteristik dari bahan koshibo ini adalah permukaannya yang terlihat bercahaya. Hal ini karena proses pembuatannya melibatkan teknik woven sateen-weave. Teknik ini merupakan salah satu teknik tenun untuk mendapatkan permukaan kain yang bercahaya dan lembut di tangan.

Karakteristik Bahan Koshibo

Pada umumnya kain koshibo mempunyai karakteristik yang banyak dibutuhkan oleh sahabat muslimah terutama untuk menjadikannya sebagai jilbab atau gamis syar’i yang ringan dan lembut. Nah karakteristik dari bahan woven fabric ini adalah sebagai berikut:

  1. Permukaan kain koshibo terlihat bercahaya.

Sahabat muslimah tentu sangat menyukai sifat kain yang ini karena akan terlihat lebih indah dan anggun. Namun agar terlihat kalem, jangan pilih warna menyala.

  1. Lembut di tangan.

Nah adakah sahabat yang tidak menyukai sifat kain yang lembut di tangan? Tentu semua menyukai dengan bahan kain yang lembut di tangan, karena smooth saat dipegang dan pastinya tidak akan melukai tangan.

  1. Sifatnya jatuh

Sifat yang jatuh juga merupakan salah satu pilihan utama saat sedang memilih jenis kain yang akan dipakai untuk membuat busana muslimah syar’i. Bahan kain koshibo ini dapat dipakai sebagai alternatif untuk itu.

  1. Berkarakter crepe dengan sandy effect

Karakter crepe dengan sandy effect menjadikan kain koshibo terlihat seperti permukaan yang berpasir sehingga tidak rata dan licin seperti bahan kain pada umumnya. Jika model jilbab syar’i pada jaman dulu lebih banyak didominasi oleh bahan-bahan yang rata, halus dan terlihat biasa, maka sekarang sahabat muslimah banyak menemukan jilbab dengan karakter bertekstur seperti pasir ini.

  1. Ringan

Sifat dari bahan kain ini adalah ringan sampai dengan sedang, dengan berat antara 76 gsm sampai dengan 160 gsm. Hal ini karena produk ini dibuat oleh banyak produsen sehingga ada banyak variasi ketebalan dan juga berat jenisnya serta kualitas atau grade yang berbeda. Nah sahabat muslimah tinggal mencari jenis kain yang sesuai dengan yang sahabat butuhkan.

  1. Breathable

Breathable dapat diartikan kain ini mempunyai fitur pada kain dimana udara masih bisa masuk melalui sela-sela serat kain sehingga pemakainya tidak merasa panas.

  1. Mengkilap

Salah satu sifat dari kain ini yang mungkin kurang disukai oleh sebagian muslimah adalah bahan kain ini sedikit mengkilap. Hal ini karena kain ini dibuat dengan tekhnik woven sateen weave dalam proses pembuatannya. Untuk memperkecil efek mengkilat ini sahabat dapat memilih warna bahan yang gelap dan tidak menyala.

  1. Tidak menerawang

Nah ini adalah sifat yang bagus sebagai bahan busana mulimah, yaitu tidak menerawang.

Baca Juga:  Koleksi Baju Muslim, Inilah Cara Mudah Merawatnya

9. Banyak Pilihan Warna dan Motif

Sifat positif dari bahan kain koshibo yang lainnya adalah ada bermacam-macam pilihan warna dan juga motif yang tersedia di pasaran.

bahan koshibo crepe motif
bahan koshibo crepe motif. images: stylishfabric.com

Jadi jika sahabat muslimah ingin membuat busana dengan motif pilihan, jenis bahan ini juga bisa dipakai sebagai salah satu pilihan.

Harga Bahan Koshibo

Dilihat dari harganya, bahan kain koshibo ini jauh lebih murah dibandngkan dengan bahan wolvis ataupun katun jepang. Di pasaran sahabat muslimah dapat menemukan kain ini dengan harga rata-rata 18.500 IDR untuk satu meter kain. Namun dengan kualitas yang berbeda, tentu harga juga akan megikuti.

Penggunaan

Bahan kain koshibo banyak yang menggunakannya antara lain sebagai baju kurung, jubah, baju melayu, blouse, kemeja lelaki, hingga skirt.

jilbab syar'i berbahan koshibo
jilbab syar’i berbahan koshibo. image: hiveminer.com/User/werdainternational

Namun sekarang yang sedang tren adalah menggunakan bahan kain ini sebagai jilbab syar’i, yang jika dilihat secara sepintas akan mirip dengan wolly crepe.

Demikian sahabat muslimah apa yang kami ketahui tentang bahan kain koshibo, karakteristik, harga dan juga penggunaannya. Semoga dapat manambah wawasan kita semua mengenai jenis bahan kain sehingga nantinya tidak akan salah beli. Dan juga semoga sahabat muslimah dapat menggunakannya untuk membuat busana muslimah yang sesuai dengan syari’at Islam. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply