Inilah Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Jilbab Yang Panjang

GamisJilbabSyari.Com – Menggunakan jilbab yang panjang, why not? Ya, sebagai wanita muslimah yang mengetahui akan kewajiban perintah agama untuk menggunakan pakaian dan hijab yang menutup aurat – yaitu seluruh anggota badan kecuali wajah dan kedua telapak tangan, maka menggunakan jilbab yang panjang adalah pilihan yang tepat untuk mengikuti perintah tersebut. Dengan jilbab yang panjang dan menutup dada dan juga diimbangi dengan busana muslimah yang syar’i maka tercipta sebuah gaya berpakaian yang anggun dan serasi.

Namun terkadang tidak semua orang dapat menerima saat melihat atau malah memakai jilbab yang panjang ini. Banyak yang masih berpikiran bahwa itu adalah pakaian yang aneh, tidak nyaman, tidak memasyarakat dan sebagainya. Dan bahkan ada beberapa orang yang mengatakan bahwa pakaian ini mirip dengan ninja.

keuntungan muslimah berjilbab yang panjang
keuntungan muslimah berjilbab yang panjang. image: internet

Tetapi apakah sahabat muslimah mengetahui bahwa ternyata menggunakan busana muslimah syar’i dengan jilbab yang panjang ini mempunyai banyak sekali manfaat dan keuntungan lho. Keuntungan ini tentunya akan membuat sahabat muslimah yang belum menggunakannya tentu akan berfikir untuk segera mamulai untuk menggunakan hijab lebar ini. Nah apa saja keuntungannya, inilah dia.

Manfaat dan Keuntungan Dari Manggunakan Jilbab Yang Panjang

Beberapa keuntungan yang banyak dirasakan oleh para muslimah yang menggunakan jilbab yang panjang antara lain:

  1. Melaksanakan Perintah Agama

Memakai jilbab yang panjang dan menutup aurat dengan sempurna berarti telah melaksanakan kewajibannya dalam mengikuti perintah agama Islam. Hal ini akan membuat sang muslimah terhindar dari dosa dan memperoleh pahala dari Allah SWT.

  1. Melindungi Diri Dari Godaan Mata Laki-laki

Laki-laki sudah mempunyai fitrah dimana mereka akan menyukai lawan jenis yaitu wanita. Banyak yang suka menggoda para wanita yang lewat didepan mereka, apalagi terhadap wanita yang menggunakan pakaian yang kurang pantas dan membuka aurat, maka mereka akan semakin senang dan berani untuk menggodanya. Tetapi tidak dengan para wanita yang menutup aurat dan mengenakan jilbab yang panjang. Para laki-laki cenderung untuk bersikap lebih sopan dan segan untuk mengganggu dan menggoda para muslimah ini.

  1. Berjilbab Panjang Akan Melindungi Dari Debu dan Polusi

Memakai pakaian serba tertutup dan berjilbab yang panjang akan membuat tubuh wanita muslimah terlindung dari berbagai polusi. Sehingga proteksi tambahan pun didapatkan tanpa harus mengoleskan ramuan yang bermacam-macam pada tubuh kita. Nah, ternyata manfaat lain dari menggunakan jilbab yang panjang juga bisa membuat warna kulit kita menjadi lebih cerah lho. Bagaimana tidak, hijab akan mengahalangi kita dari sinar matahari langsung.

  1. Sebagai Kontrol Agar Selalu Menjaga Perbuatan Kita

Berjilbab yang panjang tentu akan juga membuat kita lebih berhati-hati dengan segala perbuatan kita sehari-hari. Bagaimana tidak, tentu kita tidak ingin dikatakan orang disekitar kita sebagai orang berjilbab yang tidak baik bukan? Banyak orang yang berkata, jika ingin menjadi orang baik itu harus dihijabi dulu hatinya, baru tubuhnya. Ini tentunya tidak bisa dibenarkan. Jika ada saudari kita yang berhijab dan berbuat khilaf tentunya bukan salah jilbabnya kan?

  1. Akan Dilindungi Dari Laki-laki Yang Berniat Main-main

Bagi sahabat muslimah yang belum menikah, disadari atau tidak, lelaki akan lebih segan terhadap perempuan yang mengenakan jilbab panjang dibanding mereka yang berhijab lempar kemudian kaitkan di bahu. Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi sahabat, setidaknya nanti lelaki yang datang merupakan mereka yang berniat serius menjalin ikatan tanpa ada rasa penasaran untuk main-main terlebih dahulu. Dan yang penting sahabat muslimah juga harus senantiasa menjaga jarak dari lelaki, apalagi yang hanya sekedar main-main saja.

  1. Memudahkan Kita Untuk Mendapatkan Makanan Yang Halal

Sahabat muslimah teliti atau tidak, bahwa dengan menggunakan jilbab yang panjang ini salah satu keuntungannya adalah akan lebih mudah bagi kita untuk menemukan tempat makan yang halal. Biasananya saat kita sedang dalam perjalanan dan membutuhkan makanan untuk mengganjal perut, maka kita kaan mencari tempat makan. Karena kita tidak mengetahui apakah makanan itu halal atau tidak, biasanya dengan melihat pakaian kita yang mengenakan busana muslimah syar’i maka sang penjual makanan akan menjelaskan kepada kita jika makanan jualannya adalah tidak halal atau mengandung bahan yang tidak halal.

Nah demikianlah sahabat muslimah, ternyata banyak juga keuntungannya yang dapat kita rasakan dengan menggunakan busana muslimah syar’i dan jilbab yang panjang ini. Ini adalah keuntungan bagi kita di dunia saja, dan bagi Allah SWT, kita sudah mendapatkan poin keuntungan dan reward yang jauh lebih besar di akhirat nanti. Semoga apa yang kita lakukan mendapatkan ridha dari Allah SWT, amiin.

  1. Penjual Makanan Lebih Mudah Mengingatkan Kita akan Makanan Halal

Banyak restoran yang kehalalan makanannya masih dipertanyakan hingga saat ini. Nah, dengan memakai hijab, biasanya penjual akan memberitahukan kita terlebih dahulu, halal atu tidaknya makanan yang ia jual. Tidak mau kan jika makanan yang selama ini kita konsumsi malah menimbulkan madhorot bagi diri kita? []

Leave a Reply