Ingin Rambut Sehat Walaupun Berjilbab? Ini Trik Perawatannya

Memiliki rambut sehat bagi sahabat yang berjilbab memang susah-susah gampang. Dibilang susah karena rambut yang hampir setiap saat terlindung dibalik jilbab, gampang apabila kita mengetahui karakteristik rambut kita dan juga trik perawatannya. Nah dalam artikel kali ini kami mencoba untuk membahas tips bagaimana cara merawat rambut agar tetap sehat dan indah walaupun mengenakan hijab atau jilbab.

perawatan rambut sehat untuk yang berjilbab
perawatan rambut sehat untuk yang berjilbab

Rambut yang merupakan mahkota bagi muslimah adalah hal yang sangat penting untuk dijaga agar tetap sehat dan indah. Walaupun tertutup oleh jilbab, tapi rambut indah dan sehat akan menjadikan lading pahala saat kita memperlihatkannya kepada suami kita dan sang suami senang dan ridho. Namun bagaimana apabila rambut kita bermasalah seperti ketombe, bau tak sedap, dan rambut rontok? Tentunya ini adalah hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu mari kita kuti tips berikut agar rambut kita tetap sehat dan indah meskipun mengenakan jilbab.

 Tips Perawatan Rambut Sehat dan Indah Walaupun Berjilbab

Berikut ini ada beberapa tips perawatan rambut agar tetap sehat dan indah yang dapat sahabat coba antara lain:

  1. Keramaslah Dengan Teratur

Melakukan keramas atau membersihkan rambut secara teratur akan membuat rambut tetap bersih dan terawat. Sahabat dapat melakukannya dengan rentang waktu yang sudah diatur, misalkan dua hari sekali sudah mencukupi.

Namun ada yang perlu sahabat perhatikan dalam melakukan keramas, yaitu sahabat harus memilih shampo yang mengandung bahan alami misalnya aloe vera yang dapat membantu mengurangi kerontokan dan dapat memperbaiki pertumbuhan rambut. Selain itu, agar rambut terjaga kelembabannya gunakan kondisioner. Sebelum menggunakan jilbab, pastikan jika rambut sahabat sudah kering agar tidak terlalu lembab nantinya.

  1. Sisirlah Rambut Dengan Teratur

Selain rajin keramas atau membersihkan rambut, sahabat  juga harus teratur dalam hal menyisir rambut agar rambut selalu tertata rapi. Lakukan sisir rambut dengan benar agar rambut tidak mudah rontok dan rusak. Sebenarnya gerakan menyisir rambut secara tidak langsung sama halnya dengan melakukan pemijatan kulit kepala yang bermanfaat untuk membantu kelancaran peredaran darah. untuk hasil terbaik, pergunakan sisir yang tepat untuk menyisir rambut sahabat.

  1. Hindarilah Menggunakan Jilbab Saat Rambut Masih Basah

Seperti yang sudah dijelaskan pada point 1 diatas sahabat harus memakai hijab saat rambut dalam keadaan kering. Jika memakai hijab dalam keadaan basah akan menyebabkan rambut bermasalah karena lembab akan memudahkan bakteri untuk berkembang biak di rambut yang akan menyebabkan ketombe dan juga gangguan rambut lainnya. Jika rambut masih basah sedangkan sahabat harus menggunakan jilbab maka gunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut dengan temperatur rendah dan lakukan pada jarak 10 – 15 cm dari rambut. Hal ini akan mempercepat rambut kering tanpa merusak kesehatan rambut sahabat.

  1. Menggunakan Model Rambut yang Praktis

Untuk sahabat muslimah yang tentunya menggunakan jilbab atau hijab, rambut yang dibiarkan terlalu panjang juga akan menyebabkan rambut dan kulit kepala menjadi mudah lembab dan pengap sehingga akan merusak kesehatan rambut dan kulit kepala. Solusinya adalah memotong rambut secara teratur saat rambut sudah mulai terlalu panjang.

Sebaiknya sahabat muslimah juga tidak memakai poni agar tidak menyulitkan sahabat mengatur rambut saat berhijab dan panjang rambut tidak melebihi 60 cm agar rambut lebih mudah untuk bernafas dan tidak cepat lembab.

  1. Menggunakan Masker Rambut dan Hair Tonic

Jika dengan melakukan keramas secara teratur saja hasilnya masih belum memuaskan maka sahabat ada baiknya untuk menggunakan masker rambut dan hair tonic untuk membantu menjaga kesehatan dan kekuatan akar rambut. Hal ini akan mengurangi rambut yang rontok. Sahabat dapat menggunakan masker sari ginseng yang digunakan untuk menguatkan akar rambut, untuk menghilangkan ketombe dan mengatasi rambut berminyak dengan masker sari jeruk nipis, dan sari advokad untuk rambut kering. Cara pemakaiannya adalah dengan mengoleskan secara merata masker rambut dari akar hingga ujung rambut setelah keramas, agar masker menyerap diamkan selama kurang lebih 15 menit, setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih. Penggunaan masker rambut dan hair tonic ini dapat sahabat lakukan seminggu sekali.

  1. Pilihlah Bahan Hijab yang Nyaman Dipakai

bahan jilbab atau hijab juga berpengaruh bagi kesehatan rambut dan kulit kepala sahabat. Dengan memilih jenis dan bahan kain jilba yang tepat akan menjadikan sahabat merasa nyaman dan rambut akan tetap sehat terjaga.

rambut sehat walaupun menggunakan jilbab
rambut sehat walaupun menggunakan jilbab

Untuk pemakaian sehari-hari sahabat dapat memilih hijab dari bahan katun yang terkenal adem dipakai, atau bahan lainnya yang nyaman dan tidak menimbulkan kegerahan di kepala. Selain itu, jagalah kebersihan hijab yang sahabat kenakan, karena hijab yang kotor akan menimbulkan bakteri yang menempel masuk ke dalam rambut, sehingga rambut lebih lepek dan bau, yang pada akhirnya jika dibiarkan akan menimbulkan kerontokan dan ketombe pada rambut sahabat.

  1. Pakailah Model Jilbab yang Praktis

Jilbab yang praktis selain mudah digunakan, juga dapat membuat rambut tidak sulit bernafas. Sedangkan jika pemakaian hijab lebih dari empat lapis dapat memicu keringat berlebih yang menyebabkan munculnya ketombe. Untuk sehari – hari, gunakan model hijab yang simple dan tidak terlalu banyak lapisan. Untuk penggunaan di kegiatan non formal sahabat dapat memilih jilbab instan yang banyak dijual di pasaran yang terdiri dari bermacam-macam bahan seperti jersey dan yang lainnya.

  1. Gunakanlah Jilbab Dengan Warna Terang

Kita semua sudah mengetahui bahwa warna gelap akan menyerap cahaya dan warna terang akan memantulkan cahaya. Demikian juga dengan jilbab, memakai hijab yang berwarna gelap akan mudah menyerap panas, sehingga membuat kepala dan rambut jadi lebih panas. Oleh karena itu sebaiknya gunakanlah hijab yang berwarna terang seperti warna putih.

  1. Mengistirahatkan Rambut

Saat di dalam rumah dan setelah melepas jilbab maka usahakan untuk tidak mengikat rambut sahabat. Hal ini agar rambut memiliki kesempatan untuk bernapas. Dengan rambut yang tergerai, rambut akan lebih segar dan dapat mengurangi kelembaban kulit kepala yang menyebabkan ketombe dan mudah rontok.

  1. Makanlah Makanan Rendah Lemak

Selain bagian rambut yang dijaga, hal lain yang harus juga diperhatikan adalah asupan nutrisi untuk rambut yang dikonsumsi melalui makanan. Mengkonsumsi makan – makanan yang bergizi, bernutrisi dan rendah lemak seperti Vitamin B6, B12, C, dan zat besi akan membantu rambut ternutrisi secara alami. Sahabat sebaiknya memilih makan – makanan seperti bayam, pisang, dan sayur – sayuran lainnya dapat menjadi pilihan bagi kesehatan akar rambut.

Demikianlah sahabat muslimah sedikit tips perawatan untuk rambut sehat walaupun mengenakan jilbab. Semoga dapat menambah pengetahuan kita tentang kesehatan rambut. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply