27.8 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Buy now

spot_img

Inilah 6 Jenis Inner Hijab Yang Harus Sahabat Ketahui

Gamisjilbabsyari.com – Halo Sahabat Muslimah bagaimana kabarnya? Ya semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dilindungi Allah SWT. Dalam kondisi pandemic yang belum diketahui kapan akan berakhir ini kita memang wajib menjaga kesehatan serta selalu mematuhi aturan pada protokol kesehatan.

Nah dalam kesempatan ini kami ingin mengulas tentang salah satu komponen yang cukup penting dalam penggunaan jilbab atau hijab, yaitu inner hijab atau dalaman hijab. Ini sih bukan cukup penting lagi kali ya, tapi sangat penting karena jika kita salah dalam memilihnya maka bisa berantakan gaya berhijab kita. Sebagai bagian dari pelengkap gaya berhijab, penggunaan inner atau dalaman jilbab memiliki peranan yang sangat penting bagi wanita muslim untuk memperoleh kesan lebih rapi dan cantik pada penampilannya.

Apakah Inner Hijab Itu?

Inner hijab merupakan salah satu perlengkapan dalam menggunakan hijab atau jilbab, dimana inner ini dikenakan di dalam hijab, sehingga dikenal juga dengan sebutan dalaman hijab. Banyak yang menggunakan inner hijab ini untuk menjaga agar rambut tetap rapi dan tidak keluar dari hijab, serta untuk menjaga posisi hijab agar tdak berubah saat beraktifitas. Namun ada juga yang tidak suka menggunakan hijab ini.

Fungsi Utama Inner Hijab

Sebelum membahas macam-macam jenis inner hijab, mari kita uraikan dulu apa sih kegunan dari inner ini? Fungsi atau kegunaan utama dari pengunaan inner hijab ini adalah untuk membungkus rambut dan menahan kerudung agar tidak bergeser. Selain itu juga untuk menyamarkan bentuk wajah sehingga diperoleh tampilan yang ideal bagi pemakainya.

Macam-macam Jenis Inner Hijab

Dalam perkembangannya, sedikitnya ada 6 jenis dan model inner hijab yang dijual di pasaran. Berikut ini macam-macam model inner hijab yang dapat dijadikan sebagai alternatif pelengkap gaya berhijab sahabat sebagaimana diulas oleh fitinline berikut ini:

Baca Juga:  Apakah Bahan Kain Twiscone Itu? Inilah Penjelasan Lengkapnya

1. Ciput Ninja

Ciput ninja merupakan salah satu jenis inner yang sedang naik daun saat ini.

contoh ciput ninja
contoh ciput ninja. image: tokopedia

Keberadaan ciput ninja multifungsi yang berbentuk simpel seperti bero ini biasanya dikenakan dengan dikombinasikan dengan model kerudung yang bersifat formal yang biasanya dipakai untuk acara kondangan atau acara resmi lainnya.

2. Ciput Arab (Bandana)

Ciput arab atau disebut juga dengan bandana merupakan jenis ciput yang bentuknya menyerupai bando namun berukuran lebih besar.Inner jenis ini sangat sesuai untuk digunakan bagi wanita yang berwajah panjang.

contoh ciput arab
contoh ciput arab. image: tokopedia

Jenis kain yang digunakan untuk membuat ciput arab umumnya berupa bahan semi elastis atau bahan renda dengan motif abstrak, berhias payet, permata, maupun bordir dalam berbagai variasi warna.

3. Ciput Cepol

Disebut dengan nama ciput cepol karena memang desain ciput ini dilakukan dengan penambahan cepol pada bagian atas maupun bagian tengkuk yang unik. Inner hijab jenis ini sangat sesuai untuk wanita yang berambut pendek.

contoh ciput cepol
contoh ciput cepol. image: hipwee.com

Siluet hijab yang terbentuk pada penggunaan inner ini semakin menambah manis, feminim, dan elegan bagi pemakainya.

4. Ciput Pet

Ciput pet yang berukuran kecil juga dapat digunakan untuk menyamarkan bentuk wajah yang panjang yaitu dengan cara memakainya sebagai penutup telinga,hal ini sama seperti pada penggunaan dari ciput arab.

contoh ciput pet
contoh ciput pet. image: elzatta.com

Sedangkan untuk pemilik bentuk wajah bulat atau persegi akan lebih bagus jika menggunakan ciput pet yang berukuran lebar. Nantinya penggunaan ciput pet yang berukuran lebar ini dipadukan dengan kerudung berwarna senada sehingga membuat wajah lebih proporsional.

5. Ciput Renda

Ciput renda ini biasanya terbuat dari bahan yang sangat elastis sehingga sangat mudah dikenakan sebagai dalaman hijab karena dapat mengikuti bentuk kepala pemakainya.

Baca Juga:  Cara Memilih Busana Muslim Yang Cocok Bagi Kita
contoh ciput renda
contoh ciput renda. image: hargano.com

Ciput renda yang biasa digunakan oleh artis muslim sebagai dalaman hijab, kini tersedia dalam bentuk cepol sehingga dapat digunakan untuk memanipulasi penampilan bagi wanita yang mempunyai rambut pendek.

6. Bergo Pendek

Bergo pendek dengan Panjang sebatas bahu ini juga biasa disebut sebagai anak kerudung. Inner hijab ini biasanya berfungsi untuk menutupi bagian leher dan bahu pada penggunaan kerudung yang tipis dan transparan.

contoh bergo pendek
contoh bergo pendek. image: bukalapak

Meski kehadiran inner hijab dengan model baru cukup menyita perhatian banyak pihak, namun jenis dalaman kerudung ini masih tetap diminati oleh sebagian muslimah dengan kombinasi kerudung yang lebih tertutup dan terkesan rapi.

Demikianlah sahabat muslimah sedikit ulasan tentang 6 jenis inner hijab yang sangat penting untuk diketahui sehingga sahabat tidak akan bosan karena memakai jenis inner yang sama terus-menerus dan bisa mencoba jenis inner atau dalaman lainnya. Semoga bermanfaat.

Maryam
Maryam
Loves drawing, reading books & riding bicycle with friends.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru