Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home Busana Muslimah Apakah Kain Cotton Fleece itu? Simak Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya Berikut Ini

Apakah Kain Cotton Fleece itu? Simak Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya Berikut Ini

Gamisjilbabsyari.com – Apakah bahan kain cotton fleece itu? Sahabat muslimah, kembali lagi kita membahas bahan kain yang dijual di sekitar kita, agar kita mengetahui jenis dan tipe bahan kain cotton fleece, karakteristik, kelebihan dan kekurangannya sehingga dapat kita aplikasikan saat akan membuat busana muslimah. Nah berikut ini kita kupas tuntas tentang bahan kain katun fleece ini. Yuk kita simak..

Apakah Bahan Kain Cotton Fleece Itu?

Kain Cotton fleece atau katun fleece adalah salah satu bahan kain yang banyak dipakai dan populer untuk membuat jaket, sweater atau hoodie. Bahan ini sangat populer sehingga jika kita perhatikan, sebagian besar jaket yang ada di pasaran atau toko online yang menjual busana biasanya memiliki koleksi jaket yang terbuat dari bahan utama berupa cotton fleece ini.

bahan kain cotton fleece
bahan kain cotton fleece. image: simplefabric.com

Dilihat dari bahan dasarnya, adalah salah satu jenis kain tekstil yang terkenal karena sifatnya yang ramah terhadap lingkungan. Fleece dapat dibuat dari olahan plastik bekas, dan bahan recycle sejenisnya. Fleece ini merupakan kain tekstil yang memiliki lapisan yang lembut dan sedikit berbulu. Kain ini sangat cocok dipakai pada musim dingin karena memang mempunyai sifat yang menghangatkan tubuh pemakainya. Hal itulah yang menjadikan bahan fleece banyak dipakai sebagai bahan utama pembuatan jaket.

Karakteristik Bahan Kain Cotton Fleece

Sekarang mari kita bahas tentang spesifikasi dan karakteristik dari bahan cotton fleece ini. Kain ini adalah salah satu jenis kain fleece, dan diantara jenis-jenis kain fleece yang diproduksi, cotton fleece mempunyai kualitas yang paling bagus, paling tahan lama dan awet. Karakteristik utama dari cotton fleece ini adalah sifatnya yang paling lembut dibandingkan dengan bahan kain fleece lainnya. Oleh karena itu tidak heran jika bahan satu ini sangat nyaman dipakai. Selain dingin, pakaian yang menggunakan bahan satu ini akan terasa halus di kulit pemakainya.

contoh warna bahan cotton fleece
contoh warna bahan cotton fleece. image: indiamart

Selain lembut, karakteristik lainnya adalah serat-serat dari cotton fleece ini terkenal halus dan ringan. Dan tidak hanya itu, pilihan warnanya lebih banyak dan mempunyai warna-warna yang lebih terang dibandingkan dengan kain lainnya. Selain lembut, bahan satu ini juga sedikit berbulu. Inilah mengapa ketika musim dingin jaket dan sweeter yang menggunakan bahan cotton fleece ini sangat nyaman dipakai karena dapat menghangatkan tubuh penggunanya.

Serat cotton fleece lebih ringan dibandingkan dengan jenis kain fleece lainnya. Namun demikian sifatnya yang hidrofobik membuat kain satu ini agak lebih susah menyerap air. Hal ini merupakan salah satu kelebihan dan juga kekurangan, tergantung dari sudut pandang si pemakai. Dari keseluruhan berat totalnya, hanya 1% air saja yang dapat diserap kain ini. Meskipun begitu, pori-pori dari kain satu ini mudah menguapkan air. Hal ini tentunya sangat cocok bagi Anda yang mudah mengeluarkan keringat karena akan cepat kering. Dan juga ketika dicuci kain ini mudah mengering disebabkan pori-pori yang ada dalam bahan satu ini.

Baca Juga:  Inilah Jenis dan Bahan Kerudung Pashmina Yang Layak Anda Pilih

Kelebihan Bahan Kain Cotton Fleece

Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang dapat kita temukan pada kain cotton fleece antara lain:

  • Kainnya Halus dan Lembut

Kain cotton fleece memang sudah terkenal sebagai salah satu bahan kain yang halus dan lembut. Yang unik adalah kelembutannya ini tak akan berkurang, karena semakin sering dan lama digunakan, tingkat kelembutannya justru malah meningkat. Hal ini sangat berbeda dengan jenis kain fleece lainnya yang sebagian besar apabila semakin sering digunakan maka hasilnya semakin menjadi agak kasar. Kondisi ini disebabkan karena serat-serat dari kain fleece selain cotton fleece pada saat dicuci akan menggumpal sehingga menjadi kasar.

  • Lebih Cepat Kering

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa pada kain cotton fleece hanya sekitar 1% air saja dari keseluruhan beratnya yang dapat diserap. Karena kurangnya daya serap pada bahan ini yang menjadikannya sangat mudah kering. Sehingga jangan kaget jika Anda menjemur jaket atau sweeter berbahan cotton fleece akan lebih cepat keringnya dibandingkan jaket atau sweater dari bahan lainnya.

  • Relatif Awet dan Tahan Lama

Kelebihan lainnya dari bahan cotton fleece adalah sifatnya yang awet dan tahan lama. Selain paling terkenal diantara kain jenis fleece, bahan cotton fleece juga merupakan bahan yang relatif paling awet dan tahan lama.

contoh jaket dari bahan cotton fleece
contoh jaket dari bahan cotton fleece. image: gjsland.com

Hal ini tentu sangat menguntungkan karena akan membuat pengeluaran lebih sedikit karena tidak perlu cepat mengeluarkan uang untuk mengganti jaket yang sudah rusak atau aus.

  • Memiliki Pori-pori Udara yang Baik

Bahan cotton fleece memiliki pori-pori yang baik sehingga mudah dalam melewatkan udara. Hal itu disebabkan karena sifat breathability yang dimiliki kain satu ini. Tentu terasa kontras apabila dibandingkan dengan sifat dari kain ini yang mudah menghangatkan tubuh, namun faktanya selain hangat, kain ini juga nyaman dipakai karena sirkulasi udaranya yang baik.

  • Membuat Hangat Pemakainya

Sifat yang satu ini adalah alas an utama mengapa cotton fleece banyak dipilih sebagai bahan jaket, sweater atau baju hangat lainnya.

  • Bahannya Elastis

Sifat elastisitas yang dimiliki kain ini menjadikannya cocok dan nyaman dipakai, karena tidak kaku yang akan menyebabkan mengganggu gerakan kita.

  • Nyaman Dipakai

Dengan elastisitas dan kelembutannya menjadikan bahan katun fleece nyaman dipakai walaupun dalam bentuk baju jaket atau sweater yang umumnya tebal. Selain itu juga dingin dan tidak menyebabkan keringat pada si pemakainya.

  • Banyak Pilihan Warna

Bahan katun fleece ini mempunyai banyak pilihan warna, mulai dari warna-warna terang hingga warna gelap sehingga Anda akan mudah untuk memilih warna bahan yang cocok untuk pilihan busana Anda.

  • Harganya Relatif Murah

Untuk masalah harga, bahan ini cenderung lebih mudarh dan terjangkau sehingga banyak sekali yang memilih bahan ini untuk membuat busana musim dingin seperti jaket ataupun sweater yang terjangkau namun tetap terlihat tidak murahan.

Baca Juga:  Bahan Katun Twill atau Katun Cina, Inilah Karakteristik dan Ciri-cirinya

Ternyata banyak sekali ya kelebihan dari bahan ini ya. Makanya banyak sekali produsen busana yang memilih bahan cotton fleece ini untuk membuat pakaian hangat untuk dijual kepada konsumennya.

Kekurangan Bahan Cotton Fleece

Sahabat muslimah, setelah membahas kelebihan dari bahan kain cotton fleece maka sekarang saatnya kita membahas kekurangannya. Lho memang ada juga ya kekurangannya? Ya tentu saja ada karena bahan kain buatan manusia maka tidaklah seratus persen sempurna. Hal lainnya adalah karena manusia adalah makhluk yang mempunyai akal dan pikiran yang cerdas dan bermacam-macam sehingga antara satu orang dengan orang lain tidaklah selalu sama dalam melihat kelebihan dan kekurangan dari suatu benda. Bisa saja Anda melihat salah satu sifat dari bahan katun fleece ini sebagai kekurangan, namun saya akan menyebutnya sebagai kelebihannya.

Kekurangan dari bahan kain cotton fleece antara lain:

  • Tidak bisa digunakan menjadi pakaian musim dingin yang ekstrim

Bahan ini memang menyimpan panas dari pemakainya, namun tentunya dalam temperature yang masih normal pada saat musim dingin. Sedangkan untuk cuaca ekstrim yang sangat dingin maka bahan kain ini tidak akan mampu menahan kehangatan dari pemakainya sehingga sangat disarankan untuk tidak menggunakan bahan ini pada cuaca dingin yang ekstrim.

  • Bahan Elastis Sehingga Mudah Melar

Ya, salah satu kelebihan bahan ini adalah elastisitasnya yang tinggi. Pada sisi lain sifat ini bagus karena membuat pemakai akan nyaman dalam memakainya, namun disisi lain bahan ini menjadi mudah melar karena sifat tersebut sehingga tentunya tidak pas lagi jika dipakai.

  • Warnanya Mudah Pudar

Selain banyak pilihan warna, salah satu tantangan dari bhan kain ini adalah warnanya yang mudah pudar seiring dengan bertambahnya waktu mencuci.

  • Mudah Kotor

Dibanding dengan bahan jenis yang lain, jenis fleece merupakan bahan yang paling mudah untuk kotor karena sifat kain yang berbulu cang cenderung mengikat partikel-partikel yang ada disekitarnya. Tekstur yang seperti ini juga mengakibatkan debu semakin mudah terperangkap di dalam kain. Serat yang terdapat pada permukaan kain ini akan perlahan mengelupas seiring berjalannya waktu walaupun tanpa pencucian, sehingga kenyamanan dalam menggunakan bahan fleece ini akan berkurang seiring dengan waktu.

Nah demikianlah kupas tuntas bahan kain cotton fleece, mlai dari karakteristik, kelebihan hingga kekurangan bahan tersebut. Semoga dapat membantu Sahabat Muslimah semua dalam memilih bahan untuk pakaiannya. Semoga bermanfaat.

NO COMMENTS

Leave a Reply

%d bloggers like this: