Inilah Bahan Spandek, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan serta Penggunaan Kain Spandex

Bahan spandek, apakah sahabat muslimah sudah mengetahui jenis bahan kain ini? Karena banyak sekali yang menyukai bahan ini dan banyak toko busana yang menjual pakaian yang dibuat dari bahan ini, baik secara offline maupun online. Nah jika sahabat muslimah belum mengetahui tentang bahan kain spandex ini, kami akan mencoba membahas lebih detil tentang bahan ini hanya untuk Sahabat GamisJilbabSyari.com.

Pengertian Bahan Spandek

Kain dengan nama spandek atau spandex ini adalah sejenis bahan pakaian yang dibuat dari serat buatan manusia atau sintetis yang mempunyai karakter elastis, sehingga bahan ini juga sering disebut bahan Elastane. Spandex dibuat dari jenis serat sintetis yang terkenal memiliki elastisitas lebih baik dari rubber. Spandex atau elastane ini adalah bahan sintetis yang dibuat dari polymer yang mengandung polyurethane (sejenis material sintetis yang sangat lentur). Kain spandex ini bisa mencapai tingkat elastisitas dengan tarikan sampai 500% atau lima kali panjang ukuran normalnya. Sifat dari bahan spandex ini menghasilkan tekstur elastis mirip karet tipis, melekat ketat di tubuh, dan mengkilap, bahan ini juga lebih kuat dan tahan banting daripada bahan karet.

bahan spandek atau spandex
bahan spandek atau spandex. image: internet

Nama bahan spandek atau spandex ini diambil dari istilah yang digunakan untuk jenis bahan dari serat Elastane. Istilah ini digunakan terutama di Amerika Serikat dan kanada, serta beberapa negara lainnya termasuk Eropa dan Indonesia. Hal ini karena nama Spandek lebih mudah diucapkan dibandingkan istilah Elastane ini. Namun di Inggris bahan ini disebut dengan Lycra, yaitu salah satu merk dagang dari bahan spandek ini. Merek dagang produk berbahan spandex antara lain Lycra, Elaspan, Linel, dan ESPA.

Jenis- Jenis Bahan Spandex

Sebelum dijadikan kain, bahan spandek dikombinasikan dengan bahan lain sehingga menjadi bahan kain dengan tipe dan karakteristik tertentu yang dibutuhkan oleh konsumen. Di pasaran ada beberapa macam bahan campuran spandek yang beredar antara lain:

  1. Bahan Nylon Spandek

bahan nylon spandex
bahan nylon spandex. image: moodfabrics.com

Bahan Nylon spandek banyak digunakan untuk pakaian seragam dan atribut olahraga seperti baju renang, baju untuk atlet sepeda dan atlet olahraga yang lainnya. Hal ini karena bahan ini sangat ringan, lembut, elastis dan nyaman dipakai sehingga hamper tidak mengganggu kegiatan dari si pemakainya. Selain itu bahan nylon spandek ini banyak dibuat manjadi busana-busana wanita yang ketat seperti baju, celana, bra, tank top dan busana lainnya.

  1. Bahan Katun Spandek atau Cotton Spandex

Bahan katun spandek ini dibuat untuk mengkombinasikan antara kelebihan yang didapat dari serat katun atau kapas dan kelebihan dari serat sintetis Elastane, sehingga mendapatkan kain yang mempunyai sifat lembut sesuai dengan sifat dari katun, serta elastisitas yang tinggi, fleksibilitas dan daya tahan yang tinggi yang didapat dari kelebihan bahan spandek.

bahan cotton spandex
contoh bahan cotton spandex. image: spandexdepot.com

Cotton atau katun atau Kapas adalah serat alami yang didapat langsung dari alam, sedangkan serat spandek adalah serat buatan manusia atau seraat sintetis. Bersama-sama, para produsen bahan kain ini menciptakan kain hybrid yang nyaman dan mudah dibersihkan. Akan tetapi selain kelebihan, bahan katun spandek juga mempunyai kekurangan yaitu apabila prosentase dari serat Spandek semakin diperbanyak maka kain menjadi low breathable, yaitu berkurangnya kemampuan kain untuk menyalurkan udara dan uap air. Hal ini akan mengurangi kenyamanan dari penggunanya.

Bahan katun spandek banyak dipakai untuk membuat busana terutama untuk wanita seperti tank tops, legging, pakaian yoga dan juga t-shirts.

  1. Rayon Spandek

Bahan rayon spandek merupakan kombinasi dari dua jenis serat sintetis atau buatan yaitu bahan rayon dan bahan spandek.

bahan rayon spandex
contoh bahan rayon spandex. image: stylishfabric.com

Kelebihan yang didapat dari penggabungan dua macam bahan sitetis ini akan menjadikan kain yang dihasilkan lebih lembut, ringan dengan elastisitas yang tinggi, serta nyaman digunakan.

  1. Bahan Polyester Spandek

bahan polyester spandex
contoh bahan polyester spandex. image: alibaba.com

Untuk bahan polyester spandek ini penggunaannya tidak jauh berbeda dengan bahan nylon spandex karena karakteristikanya juga hampir sama. Selain digunakan pada pakaian olahraga, bahan ini juga digunakan untuk membuat baju model ketat seperti legging, tank tops, dan ada juga yang menggunakannya untuk bahan busana lainnya seperti dress.

  1. Bahan Stretch Denim

Bahan stretch denim ini adalah salah satu bahan kombinasi dari spandek yang populer digunakan oleh para desainer. Banyak yang menyebut kain ini dengan jeans stretch karena mempunyai ketebalan yang mirip dengan bahan jeans dan juga warna-warna yang diaplikasikan di bahan ini juga menyerupai bahan jeans.

bahan stretch denim
contoh bahan stretch denim. image: tradekorea.com

Dalam bahan stretch denim ini bahan spandex yang digunakan hanya sedikit yaitu sekitar 3% saja sehingga peregangannya juga hanya sekitar 15% lebih panjang dari panjang normalnya. Bahan in banyak digunakan untuk pakaian wanita terutama untuk bawahan seperti legging dan celana ketat.

Kelebihan dan Kekurangan dari Bahan Spandek

Bahan spandek banyak digunakan tentunya karena kelebihan yang ditawaran oleh bahan ini, bukankah begitu Sahabat Muslimah? Nah bagi yang belum mengetahui kelebihan dan kekurangan dari bahan spandek ini, berikut adalah informasinya.

Kelebihan Bahan Spandex

  • Elastisitas yang tinggi. Bahan yang dibuat dari campuran spandek mempunyai daya pemelaran yang tinggi sehingga tidak mudah rusak ketika terkena tarikan, dan hampir akan kembali ke ukuran aslinya. Bahan ini mempunyai daya elastisitas yang tinggi sehingga mengikuti bentuk tubuh si pemakai, oleh karena itu banyak digunakan untuk pakaian wanita dan olahraga.
  • Bahan ini terasa lembut ditangan dan nyaman dipakai sehingga banyak yang menyukainya.
  • Bahan campuran spandek tahan terhadap asam dan alkali. Kain ini tahan terhadap keringat, air laut, tahan terhadap berbagai jenis dry-clean, dan tahan terhadap suntan lotion (lotion untuk merubah kulit menjadi lebih gelap), sehingga banyak dipakai untuk busana olahraga atau renang.
  • Bahan spandek tidak mudah berkerut sehingga jika tidak terlalu harus diseterika setelah dicuci.
  • Kemampuan bahan ini dalam mempertahankan warna sangat baik dan tahan pemudaran sehingga awet dan warnanya tetap cerah.

Kekurangan dari Bahan Campuran Spandex

Ada kelebihan, tentunya bahan ini juga mempunyai kekurangan. Beberapa kekurangan bahan spandex yang sering dipertimbangkan saat kita akan memilih bahan pakaian adalah sebagai berikut:

  • Bahan spandek agak sensitif terhadap panas. Jadi sahabat muslimah mesti berhati-hati dalam perawatan busana dari bahan spandek ini, contohnya adalah saat menyetrika jangan terlalu panas, mesin pengering yang menggunakan panas juga harus diperhatikan temperatur yang dipilih, serta mencuci bahan spandek dengan air panas. Hal ini sangat penting karena dapat menyebabkan kerusakan yang sifatnya permanen pada busana Anda.
  • Daya Serap dari bahan spandex tidak begitu baik, juga low breathable sehingga uap air atau mungkin keringat kurang dapat ditransfer keluar. Hal ini tergantung dari jumlah material spandek yang digunakan.
  • Bahan ini sangat elastis sehingga banyak desainer yang membuat busana ketat dari bahan ini. Tentunya sebagai muslimah, bahan ini tidak pantas untuk digunakan sebagai busana luar, dan lebih cocok untuk busana dalam atau busana yang dipakai hanya untuk acara-acara tertentu yang tidak aka nada pelanggaran syariat didalamnya.
  • Spandek adalah bahan kain yang pada proses pembuatannya memerlukan bahan lain untuk menjadi selembar kain atau sehelai benang, sehingga karakteristik dan sifatnya sangat terpengaruh dari bahan lain yang dikombinasikan dengan bahan spandek ini.

Penggunaan Bahan Spandex

Di dalam industri pakaian, bahan spandek merupakan salah satu bahan pilihan yang banyak dipakai karena sifatnya yang banyak disukai terutama oleh wanita, dan juga menurut penggunaannya. Beberapa penggunaan dari bahan spandek secara umum adalah sebagai berikut:

  • Berbagai jenis pakaian olahraga seperti busana renang, atlet sepeda, atletik dan sejenisnya.
  • Celana jeans stretch, walaupun bahan yang dipakai adalah denim stretch, bukan jeans
  • Celana legging
  • Tank Tops
  • Sabuk ikat pinggang
  • Bra straps
  • Sarung tangan
  • Busana muslim seperti baju gamis, jilbab

Dan masih banyak lagi penggunaan lainnya.

Kesimpulan

Setelah sahabat muslimah mengetahui tentang bahan spandek, kelebihan dan kekurangannya, jenis dan penggunaannya maka sahabat tentunya sudah mengetahui untuk kondisi dan acara apa saja busana dari bahan ini dapat digunakan. Tentunya semua penggunaan dari bahan busana ini disesuaikan dengan syariat sehingga aman dan juga mendatangkan rasa nyaman dan tenteram bagi si pemakai dan lingkungan sekitarnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply