3 Tips Mudah Menghilangkan Komedo Secara Alami

2
732

Wajah sahabat muslimah mengandung banyak komedo? Tentunya memusingkan ya, karena komedo di wajah menjadikan wajah tidak cerah dan berbintik. Nah, untuk meghilangkan komedo dengan cepat kami mempunyai tipsnya yang dapat sahabat praktekkan di rumah.

Komedo merupakan hasil dari kotoran yang menumpuk dan menyumbat pada pori-pori kulit, dan biasanya terjadi di kulit wajah serta akan lebih banyak di hidung. Penyebab dari komedo ini adalah kelebihan minyak yang menumpuk di kulit ditambah dengan sel-sel kulit mati yang akhirnya menyatu menjadikan kotoran di pori-pori. Memang bentuknya kecil, namun karena banyak akhirnya terlihat juga di wajah kita, dan menjadikan wajah terlihat kusam dan tidak bersinar.

tips menghilangkan komedo secara alami
tips menghilangkan komedo secara alami

Untuk menghilangkan komedo memang sudah banyak produk kecantikan baik yang berasal dari bahan alami maupun produk kimia yang beredar di pasaran. Namun kali ini kami akan mencoba memberikan tips menghilangkan komedo secara alami dengan bahan-bahan yang berada di sekeliling kita dan mudah didapatkan, serta dengan budget yang muurah meriah.

Tips Menghilangkan Komedo Secara Cepat Dengan Bahan Alami

  1. Menggunakan Baking Soda

Terkejut membacanya sahabat muslimah? Memang baking soda merupakan bahan untuk membuat kue, tapi bahan ini dapat dimanfaatkan juga untuk emmbersihkan komedo Anda.

baking soda untuk membersihkan wajah
baking soda untuk membersihkan wajah

Baking soda mempunyai kandungan exfoliant yang kuat dan dapat menghilangkan lapisan kult mati serta membersihkan komedo yang menempel di pori-pori kulit wajah.

Bahan yang dibutuhkan

  • 2 sendok teh baking soda
  • 1 sendok teh air

Cara penggunaannya

Campur baking soda dengan air dampai halus dan membentuk adonan, jika telalu kental dapat ditambah air lagi secukupnya.

Gosoklah kulit wajah dengan campuran ini dengan lembut sambil sesekali dipijat. Untuk daerah sekitar hidung dapat digosok lebih lama untuk hasil yang lebih bagus, namun hindarilah daerah sensitif seperti mata, mulut dan lubang hidung. Setelah digosok sekitar satu sampai dua menit, bilaslah dengan air putih bersih sampai wajah bersih. Jika sahabat melihat ke cermin mungkin akan terlihat wajah sahabat kemerahan, namun insha Allah akan hilang dalam waktu satu jam kedepan. Setelah ini wajah sahabat muslimah akan bersih dari komedo.

  1. Menggunakan Lemon dan Madu

Penggunaan lemon dan madu untuk membersihkan komedo sudah banyak dikenal orang karena memang kedua bahan ini banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Dalam kesehatan kulit, vitamin C yang terkandung dalam buah lemon sangat baik untuk mengelupas kulit mati sedangkan madu digunakan sebagai antimikroba yang dapat menembus kulit dan menghilangkan komedo.

Baca Juga:  Tips Cantik Bagi Muslimah Menurut Ajaran Islam
lemon dan madu untuk membersihkan komedo
lemon dan madu untuk membersihkan komedo

Penggunaan lemon dan madu untuk menghilangkan komedo secara alami ini sangat bagus digunakan untuk sahabat muslimah yang mempunyai jenis kulit berminyak atau kecenderungan berminyak.

Bahan yang dibutuhkan:

  • ½ buah lemon
  • 1 sendok teh madu

Cara pemakaian:

Belahlah buah lemon menjadi dua bagian, kemudian buatlah lubang-lubang pada daging buah lemon dengan menggunakan sendok garpu. Masukkan madu ke dalam lubang-lubang tersebut, kemudian gosoklah kulit wajah yang sudah bersih dengan buah lemon tersebut perlahan-lahan dan lembut sampai seluruh bagian wajah yang terdapat komedo . Gosoklah sekitar satu sampai dua menit. Setelah selesai, cucilah wajah dengan air hangat sampai bersih.

  1. Gula, Yoghurt dan nanas

Resep perawatan wajah yang terkena komedo denegan menggunakan gula, yoghurt dan nanas ini sangat cocok untuk sahabat yang mempunyai jenis kulit wajah cenderung kering. Nanas mengandung bromelain yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan pori-pori kulit menjadi tersumbat. Yoghurt berguna untuk menjaga kelembaban kulit dan juga mengandung probiotik yang akan mengurangi peradangan pada kulit. Sedangkan gula adalah bahan pengelupas kulit yang alami. Dengan menggabunggan ketiga bahan alami diatas maka jadilah ramuan alami yang sangat bagus untuk menghilangkan komedo pada wajah untuk jenis kulit yang cenderung kering yang biasanya lebih susah untuk merawatnya.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 5 sendok makan nanas yang sudah dihancurkan
  • 2 sendok makan yoghurt
  • 1 sendok teh gula pasir

Cara penggunaan: Masukkan nanas dan yoghurt ke dalam blender dan campurkanlah sampai halus. Setelah itu masukkan gula pasir, dan oleskan ke wajah yang terdapat komedo. Pijatlah dengan lembut sekitar satu sampai dengan dua menit.

Setelah selesai, cucilah wajah dengan air hangat sampai bersih.

Baca Juga:  Sahabat Muslimah, Inilah 5 Tips Mudah Cantik Alami

Penutup

Setelah membaca artikel ini barulah kita mengetahui bahwa ternyata banyak sekali bahan alami yang banyak terdapat di sekitar kita yang bisa digunakan untuk kesehatan dan kecantikan. Kita tak lagi perlu repot-repot membeli pembersih wajah dari komedo yang harganya lumayan. Dengan menggunakan bahan-bahan alami ini kita dapat menghilangkan komedo di wajah dengan mudah dan murah. Sahabat juga bisa membaca artikel-artikel kami yang lain hanya di GamisjilbabSyari.com. Selamat mencoba.

2 COMMENTS

Leave a Reply