8 Ciri-ciri Rumah yang Ditakuti Setan yang Harus Anda Ketahui

Gamisjilbabsyari.comInilah ciri-ciri rumah yang ditakuti setan. Segala puji hanyalah milik Allah, shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Rasulullah saw beserta keluarganya, para sahabat dan seluruh umat beliau yang selalu istiqamah berittiba’ kepada sunnah-sunnah beliau.

ilustrasi rumah tangga yang ditakuti setanciri-ciri rumah yang ditakuti setan . image: tarbawiyah

Setan banyak masuk ke rumah manusia. Di dalamnya ia sebarkan tipu daya untuk menggoda penghuninya. Berbagai gangguan, baik lahir maupun batin, ia lancarkan untuk menjauhkan penghuni rumah tersebut dari jalan ketaatan kepada Allah Ta’ala. Bisikan-bisikan jahat dan bahkan gangguan-gangguan nyata kerapkali menimpa orang-orang yang rumahnya digemari setan dan menjadi sarang kesukaannya. Inilah rumah yang sepi dari pancaran cahaya iman, sehingga setan betah tinggal di dalamnya.

Sedangkan rumah yang dipenuhi nuansa keimanan dan ketaatan kepada Allah Ta’ala serta jauh dari berbagai kemaksiatan merupakan rumah surgawi yang ditakuti dan dibenci setan. Setan enggan memasukinnya dan tak betah tinggal di dalamnya. Maka, rumah ini selamat dari gangguan dan tipu daya setan. Inilah rumah ideal kaum bertakwa yang mampu menumbuhkan ketenteraman untuk penghuninya.

8 Ciri-ciri Rumah Yang Ditakuti Setan

Berikut ini adalah ciri-ciri rumah tangga yang berada dalam Naungan Iman sehingga akan membuat setan takut dan tidak betah untuk tinggal didalamnya.

1. Menjadikan Rumah sebagai Tempat untuk Beribadah kepada Allah Ta’ala

“Apabila salah seorang di antara kalian telah selesai mengerjakan shalat di masjid, hendaklah ia mengerjakan sebagian shalat sunnah di rumahnya. Karena sesungguhnya dengan shalat itu Allah menjadikan kebaikan di rumahnya.” HR Muslim.

“Kerjakan shalat (sunnah) di rumah kalian, dan janganlah kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan.” HR Bukhari Muslim.

2. Selalu Memotivasi Keluarga agar Taat kepada Allah

“Semoga Allah merahmati seorang suami yang bangun malam lalu shalat. Dan, ia pun membangunkan istrinya, lalu ia shalat. Bila sang istri enggan, ia memercikkan air di wajahnya.” HR Musnad Ahmad.

Baca Juga:  Sebenarnya, Tidak Ada Satupun Nenek Tua Yang Akan Masuk Surga

Memotivasi wanita di rumah agar gemar bersedekag akan menambah keimanan. Ini adalah perkara agung yang dianjurkan oleh Rasulullah saw.

3. Menaruh Perhatian terhadap Dzikir-dzikir di dalam Rumah

“Perumpamaan rumah yang digunakan untuk berdzikir kepada Allah dengan yang tidak digunakan untuk berdzikir kepada Allah, bagaikan orang yang hidup dengan orang yang mati.” HR Muslim.

Maka, berdzikir kepada Allah di dalam dan di luar rumah itu suatu keharusan. Dzikir ini sebuah benteng kokoh yang menjaga dari kejahatan setan yang terkutuk. Seseorang dapat berdzikir kepada Allah dengan hati dan lisannya. Demikian pula ia dianjurkan untuk memakmurkan rumah dengan shalat dan membaca Al Quran, menelaah ilmu syari, atau mengucapkan dzikir-dzikir khusus, yaitu dzikir yang sesuai dengan keadaan. Misalnya, dzikir ketika masuk rumah atau keluar rumah, dzikir ketika makan dan selesia makan, dan dzikir lainnya yang membuat rumah menjadi berkah bagi penghuninya.

4. Mengajari Keluarga Ilmu Agama

Ini merupakan hal yang wajib dikerjakan oleh kepala keluarga sebagai kepatuhan terhadap firman Allah Ta’ala.
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu…” QS At Tahrim: 6.

Janganlah seorang ayah terlena dengan tugas dan ikatan kerjanya dari meluangkan waktu untuk mengajari keluarganya. Dengan pengajarannya itu menjadi sebab turunnya ketenteraman dan datangnya berkah di rumah.

Di antara faktor yang dapat membantu mempelajari ilmu dan semangat adalah Anda membuat satu perpustakaan di rumah berisi ilmu-ilmu agama dan kitab-kitab yang direkomendasikan para ulama.

5. Buatlah Perpustakaan Islami di Rumah

DI antara faktor yang dapat membantu pengajaran untuk keluarga dan membuka ruang untuk mendalami agama, serta menolong mereka untuk teguh memegang hukum-hukum syariat adalah diadakannya perpustakaan Islami di rumah.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Memakai Jilbab Syar'i?

Perpustakaan ini tidak harus besar, tapi yang perlu diperhatian adalah memilih buku-buku penting yang direkomendasikan para ulama. Perpustakaan ini memiliki manfaat yang besar.

6. Menebarkan Akhlak Lembut di Rumah

“Apabila Allah menghendaki suatu kebaikan pada penghuni rumah, Dia memasukkan kelembutan pada mereka.” HR Ahmad.

7. Bersikap Lunak dan Bercanda dengan Anggota Keluarga

Dengan sikap yang lunak dan ada candaan dalam rumah tangga akan menimbulkan kehangatan dan keharmonisan dalam berumah tangga. Setan sangat membenci sebuah rumah tangga yang harmonis dimana didalamnya antar anggota keluarga terjadi sikap yang baik, saling menghormati, menghargai dan adanya candaan yang menambah keceriaan dan kemesraan dalam rumah tangga.

rumah tangga bahagia
rumah tangga bahagia

Ingatlah bahwa tujuan utama dari setan adalah menghancurkan rumah tangga dengan jalan mencerai-beraikan anggota keluarga.

8. Melakukan Penjagaan untuk Keselamatan Keluarga

“Apabila hari telah senja, tahanlah anak-anakmu (untuk tidak ekluar rumah), karena pada waktu itu setan-setan berkeliaran. Apabila waktu itu telah berlalu, biarkanlah mereka, tutuplah pintu-pintu rumah, seraya sebutlah nama Allah. Ttutuplah tempat minum seraya sebutlah nama Allah, tutupilah meski dengan meletakkan sesuatu (ranting dan semisalnya) di atasnya dan matikan lampu-lampu,” HR Bukhari.

Demikianlah sahabat muslimah, ciri-ciri rumah yang ditakuti setan yang semoga dapat menambah khasanah dan ilmu agama kita serta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan berumah tangga. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply