Bahan Kain Katun Biasa, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya Serta Cara Perawatannya

0
89

GamisJilbabSyari.com – Dalam dunia fashion dan tata busana, salah satu jenis kain yang digandrungi dan menjadi primadona terutama bagi kaum wanita adalah kain katun. Ya, jenis kain ini selain mempunyai ciri-ciri dan karakteristik yang sangat sesuai dengan kondisi lingkungan dan iklim tropis di Indonesia, kain ini juga mempunyai jenis dan harga yang lumayan bervariasi dari yang murah sampai dengan yang mahal, dari yang biasa sampai yang mempunyai kualitas premum. Anda dapat menemukan jenis kain ini dibuat menjadi busana muslimah seperti jilbab atau hijab, baju gamis, rok, celana panjang, mukena dan bahkan Anda bisa menemukannya dibuat menjadi sprei, sarung bantal dan guling.

Nah bagaimana dengan jenis kain katun grade bawah atau yang biasa ini, bagaimanakah cirinya, kelebihan dan kekurangannya serta cara perawatannya? Baiklah dalam artikel berikut akan kita bahas dengan detail tentang bahan katun biasa ini, karakteristik,kelebihan dan kekurangannya serta cara perawatannya.

Apakah Bahan Kain Katun Biasa Itu?

Bahan kain katun biasa ini sering kita sebut dengan bahan katun grade bawah atau katun lokal. Dikatakan katun lokal karena memang banyak dibuat oleh perusahaan pembuat bahan kain lokal Indonesia. Atau mungkin jika  mengimport jenis kain ini tidak terlalu menguntungkan karena harganya yang murah dan di Indonesia sendiri banyak pabrik yang memproduksinya hehe.

ilustrasi bahan katun biasa
ilustrasi bahan katun biasa. image credits: guratgarut.com

Bahan katun biasa ini mempunyai banyak motif seperti garis, bunga, kotak, polkadot, abstrak, dan beberapa juga berwujud polosan. Jenis kain ini tidak memiliki kode warna pada pinggir kain atau gulungannya.

Baca Juga:  Busana Gamis Syar’i, Gamis Anggun yang Banyak Diminati

Bahan ini banyak sekali tersedia di toko dan penjual bahan kain baik offline maupun online karena memang banyak yang mencarinya.

Ciri-ciri dan Karakteristik Kain Katun Biasa

Bahan kain katun biasa ini mempunyai ciri-ciri sebagaimana bahan katun pada umumnya antara lain:

  1. Memiliki daya serap keringat yang sedang
  2. Mempunyai banyak pilihan warna
  3. Dijual dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan bahan katun lainnya
  4. Memiliki banyak motif pilihan seperti polkadot, garis-garis, bunga dan abstrak

Kelebihan Bahan Katun Biasa

Setelah membahas tentang pengertian katun biasa dan ciri-cirinya, sekarang kita membahas tentang kelebihan yang dimilikinya.

ilustrasi kain katun biasa
ilustrasi kain katun biasa. image credits: olympics360.com

Beberapa kelebihan dari bahan katun biasa ini antara lain:

  1. Tidak panas saat digunakan, nyaman dan terasa adem
  2. Bahan ini mampu menyerap keringat dengan cukup baik
  3. Lembut jika bersentuhan dengan kulit sehingga meminimalisir iritasi saat dipakai
  4. Bahannya kuat, tahan lama dan tidak mudah rusak
  5. Warnanya banyak pilihannya
  6. Harganya cukup terjangkau

Kekurangan Bahan Kain Katun Biasa

Segala jenis bahan kain yang mempunyai kelebihan pasti juga mempunyai kekurangan. Bagaimanakah dengan bahan katun biasa ini? Berikut adalah kekurangan kain katun biasa yang dapat Anda waspadai sehingga Anda akan berhati-hati dalam perawatannya:

  1. Bahan ini mudah kusut karena teksturnya juga agak kasar. Namun hal ini juga tergantung dengan jenis kainnya karena katun biasa ini juga mempunyai beberapa tingkat kualitasnya.
  2. Warna bahan katun biasa cenderung lebih mudah luntur sehingga Anda harus lebih berhati-hati saat mencucinya.

Cara dan Tips Mudah Merawat Kain Katun Biasa

Nah agar busana milik Anda yang terbuat dari bahan kain katun biasa lebih awet dan tidak cepat rusak, berikut ini adalah tips mudah dalam merawatnya:

  1. Saat mencuci, menggunakan air dingin jauh lebih aman agar warna tidak mudah luntur. Namun jika memang ada noda membandel, Anda bisa menggunakan air yang cukup panas untuk menghilangkan nodanya. Namun jikaterlalu panas juga akan mengakibatkan serat kain jadi menyusut.
  2. Anda bisa menggunakan mesin cuci saat mencucinya, namun akan lebih bagus jika mencuci dengan manual atau dengan tangan. Hal ini akan membuat serat kain lebih awet.
  3. Gunakan deterjen yang tidak terlalu keras terutama untuk mencuci kain yang berwarna warni agar tidak luntur.
  4. Pisahkan busana warna putih,hitam dan warna warni untuk mencegah warna kain luntur.
  5. Bilaslah menggunakan air bersih dan peraslah dengan perasan yang tidak terlalu keras.
  6. Saat menjemur, jemurlah di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung namun masih mendapatkan angin agar busana cepat kering dan warna pakaian tetap cerah dan awet.
  7. Setelah busana dari bahan kain katun biasa ini kering, Anda dapat menyeterikanya agar kain menjadi licin. Hal ini karena karakteristik kain yang mudah kusut, namun aturlah posisi panas sedang sehingga tidak mengakibatkan kain menjadi terlalu panas karen dikhawatirkan menjadi rusak.
  8. Saat menyimpan, simpanlah busana dengan melipatnya di dalam lemari pakaian yang kering, bersih dan tidak lembab. Hal ini untuk menghindari kutu dan jamur.
Baca Juga:  Inilah Model Jilbab Instan Terbaru 2016 Yang Anda Harus Ketahui

Demikianlah sahabat GamisJilbabSyari.com sedikit ulasan mengenai bahan kain katun biasa yang banyak terdapat di pasaran. Sesuai dengan harganya yang lumayan terjangkau maka kualitas kain ini juga dibawah jenis kain katun lainnya. Namun dengan cara perawatan yang optimal akan menjadikan busana menjadi awet dan tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply