Gamis Jilbab Syar'i Dunia Fashion 10 Tips Mudah Merawat Busana Berbahan Kain Tenun

10 Tips Mudah Merawat Busana Berbahan Kain Tenun

GamisJilbabSyari.com – Kain tenun merupakan salah satu warisan budaya asli Indonesia yang sangat mengagumkan. Seiring dengan perkembangan jaman, kain tenun yang dulunya hanya berupa lembaran kain ini telah diubah oleh para desainer dan perancang busana menjadi berbagai busana modern yang trendi dan menarik, baik berupa busana formal dan non formal.

contoh busana muslimah terbuat dari kain tenun
contoh busana muslimah terbuat dari kain tenun. image credits: radarsurabaya.com

Nah bagi sahabat yang mempunyai busana yang dibuat dari bahan tenun ini apakah sudah mengerti cara merawat busana berbahan kain tenun ini? Hal ini karena selain sebagai umat Islam kita harus bisa menjaga dan merawat barang milik kita dengan baik, busana yang dibuat dari bahan tenun ini harganya juga tidak murah sehingga kita harus merawatnya agar tetap awet dan tidak udah rusak. Akan tetapi sebelum lebih jauh membahas hal tersebut, kita bahsa dahulu ap aitu bahan kain tenun berikut ini.

Pengertian Bahan Tenun

Tenun adalah sebuah teknik dalam pembuatan kain yang dibuat dengan prinsip yang sederhana, dimana prosesnya adalah dengan menggabungkan benang secara memanjang dan melintang. Dengan kata lain bersilangnya antara benang lusi dan pakan secara bergantian. Jadi kain tenun adalah kain yang dibuat dengan teknik tenun.

contoh bahan kain tenun
contoh bahan kain tenun. image credits: indonesia.go.id

Kain tenun ini biasanya terbuat dari serat kayu, kapas, sutra, dan serat-serat alami lainnya. Hal ini tentu saja karena memang pembuatan kain tenun ini dilakukan secara tradisional pada jaman dahulu dan dilakukan secara turun-temurun di daerah-daerah tertentu di wilayah Indonesia. Walaupun demikian sekarang ini sudah banyak pihak yang mengembangkan produksi kain tenun ini dengan sentuhan modernisasi dengan harapan bisa meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi, mengurangi kerugian waktu dan tenaga. Beberapa daerah yang terkenal dengan produksi kain tenunnya adalah Sumatera Barat, Palembang, dan Jawa Barat (Wikipedia).

Baca Juga:  Tampilan Remaja Dengan Gamis Terbaru Remaja

10 Tips Mudah Merawat Busana Berbahan kain Tenun

Kain tenun yang sudah dibuat menjadi busana mempunyai cara khusus dalam perawatannya. Hal ini karena untaian benang sebagai penyusun kain tenun yang dibuat dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) biasanya mudah rusak jika cara mencuci, menjemur, menyetrika dan menyimpannya tidak benar.

Berikut ini beberapa tips mudah yang bisa dilakukan agar busana yang terbuat dari bahan kain tenun bisa awet dan tidak cepat rusak serta warnanya tidak cepat pudar

  1. Untuk busana yang berbahan kain tenun yang terbuat dari kain sutera, sebaiknya dicuci dengan cara dry clean. Hal ini untuk mencegah untaian benangnya kusut dan rusak.
  2. Untuk busana tenun yang terbuat dari bahan kain katun bisa dicuci sendiri dengan tangan karena karakteristik benangnya lebih kuat dibandingkan dengan benang kain sutera.
  3. Sabun yang digunakan untuk mencuci busana dari bahan tenun sebaiknya menggunakan sabun khusus batik atau menggunakan lerak. Lerak dapat membuat warna kain tenun menjadi lebih bersinar dan tidak mudah luntur.
  4. Saat mencuci busana berbahan kain tenun, janganlah merendamnya karena akan membuat kain rusak.
  5. Pencucian dengan tangan dengan cara dikucek sebentar lalu dibilas hingga bersih.
  6. Sebelum mencuci, silahkan dicek dulu apakah kain tenun yang akan dibersihkan luntur atau tidak. Caranya cukup mudah yaitu dengan memasukkan ujung kain kedalam sedikit air kemudian goyang-goyangkan. Jika kain berubah menjadi keruh, maka kain tenun yang akan dibersihkan itu adalah jenis kain yang luntur sehingga harus dicuci dengan sistem dry clean. Jika tidak luntur maka Anda bisa mencucinya dengan tangan.
  7. Untuk busana berbahan kain tenun yang terbuat dari benang katun biasanya memiliki sifat mengkerut setelah dicuci. Sehingga seringkali saat menjahitkan kain tenun menjadi gaun dengan ukuran yang pas sesuai tubuh, ternyata setelah dicuci menjadi terasa sempit. Untuk mengatasinya bisa dengan mencuci dahulu (tanpa sabun) kain tenun sebelum dibuat menjadi baju.
  8. Anda tidak perlu memerasnya terlalu keras saat selesai membilas. Setelah kain dicuci, kain jangan diperas supaya serat tidak rusak dan menghindari kain kucel.
  9. Untuk menjemur busana dari bahan tenun bisa dilakukan ditempat yang teduh atau tidak terkena sinar matahari secara langsung supaya warna kain tenun tidak pudar.
  10. Jangan lupa untuk membalik kain saat menjemur dan menyetrika (busana bagian dalam ada diluar dan sebaliknya) untuk menghindari pudarnya warna kain karena suhu tinggi atau panas.
Baca Juga:  Apakah Kain Cotton Fleece itu? Simak Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya Berikut Ini

Demikianlah sahabat Gamisjilbabsyari 10 tips mudah dalam merawat busana yang terbuat dari bahan tenun. Semoga dapat menambah pengetahuan kita sehingga kita dapat merawat busana dengan tepat.

0 Likes

Author: Maryam

Loves drawing, reading books & riding bicycle with friends.

Leave a Reply

%d bloggers like this: