Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home Busana Muslimah Apakah Kain Rajut Itu? Inilah Penjelasan Detilnya

Apakah Kain Rajut Itu? Inilah Penjelasan Detilnya

Gamisjilbabyari.com Apakah kain rajut itu? Ya setelah kita banyak membahas tentang bermacam-macam bahan kain yang banyak digunakan sebagai bahan busana muslimah syar’i dan segala perniknya, maka kali ini kita akan membahas tentang kain rajut. Nah sebenarnya apakah yang dimaksud dengan kain rajut itu? Inilah dia penjelasan detilnya.

Apakah Kain Rajut Itu?

Sahabat muslimah, di dalam dunia tekstil, ada dua jenis kain yaitu kain tenun dan kain rajut. Pada kedua jenis kain itu bisa dibuat dengan bahan serat atau benang yang sama, namuna berbeda pada proses pembuatan kainnya sehingga hasilnya akan mempunyai karakteristik yang berbeda. Benang rajut pun banyak pilihannya, seperti jenis benang, tekstur benang, warna dan teknik/tipe rajutnya, pilihan-pilihan ini dapat diseleksi sesuai dengan karakteristik kain rajut yang diinginkan. Walaupun seni rajut ini tidak diketahui asal-usulnya, jarum rajut telah ditemukan pada sisa-sisa peradaban kuno, termasuk Roma dan Mesir.

apa itu kain rajut
apa itu kain rajut. image: textileback.com

Merajut adalah sebuah cara atau metode dalam membuat kain dengan memanipulasi sehelai benang, sehingga proses pembuatan kain dengan metode ini biasanya melibatkan dua jarum dan sehelai benang. Merajut dapat dilakukan dengan tangan atau disebut juga dengan metode manual dan bisa juga dengan menggunakan mesin. Hasil kain rajut dengan mesin biasanya tardapat di berbagai toko kain dan mudah bagi kita dalam mencarinya, sedangkan kain rajut manual biasanya lebih mengarah kepada usaha kerajinan dan harganyapun jauh lebih mahal.

Proses Pembuatan Kain Rajut

Pada proses pembuatan kain rajut, struktur kain rajut sebenarnya terbuat dari barisan benang yang berbentuk lup atau loop (lingkaran), yang dimana lingkaran/lup ini digunakan sebagai kaitan. Ketika tiap barisan masuk, lup baru akan ditarik melalui lup yang ada. Barisan yang sudah selesai akan ditahan oleh jarum rajut sebelum memulai barisan yang baru.

Baca Juga:  Tips Mudah Berbusana Muslim Untuk Wanita Bertubuh Gemuk Agar Terlihat Lebih Ramping
bentuk kain rajut
bentuk kain rajut. image: internet

Dengan ini dapat diartikan bahwa struktur kain rajut dibentuk oleh sekelompok set serangkaian lup-lup benang yang saling mengait satu dengan yang lainnya. Tidak seperti menenun, dalam teknik merajut hanya satu set benang yang dipakai (walaupun tidak harus, kadang lebih dari satu set benang digunakan untuk menciptakan suatu karakteristik yang berbeda pada kain).

benang rajut
benang rajut. image: internet

Secara umum terdapat dua kategori industri utama mesin rajut, yaitu: rajut lungsi (warp knitting) dan rajut pakan (weft knitting). Warp knitting atau rajut arah lungsi itu dimana lup-lup nya terposisi mengarah pada arah vertikal, sedangkan weft knitting atau rajut arah pakan itu yang posisi lup-lup nya mengarah ke horizontal. Rajut pakan merupakan jenis rajut yang paling umum.

Kelebihan Kain Rajut

Dibandingkan dengan kain tenun, berikut adalah beberapa kelebihannya antara lain:

– Elastisitas dari kain rajut lebih tinggi

Kain rajut dapat mudah meregang dikarenakan oleh lup-lup pada struktur kain tersebut. Tidak hanya itu, elastisitas nya yang tinggi juga memungkinkan si pemakai bergerak lebih bebas dan leluasa.

– Kain rajut tidak gampang kusut

Saat digunakan, penyimpanan, atau pengepakan, kain rajut tidak mudah kusut. Namun, kain rajut memiliki potensi lebih tinggi akan penyusutan jika dibandingkan dengan kain tenun.

Contoh Kain Rajut

Beberapa contoh kain rajut yang cukup populer di kalangan muslimah antara lain kain jersey, mesh, berber, felt, handuk, dan bulu. Sedangkan kain tenun termasuk kain satin, sifon, denim, twill, linen, kanvas, tweed, dan korduroi.

Fakta Unik Tentang Merajut

Sahabat muslimah, ada sebuah fakta unik yang barangkali tidak pernah terlintas di benak kita. Hal itu adalah bahwa telah dilakukan penelitian bahwa aktivitas merajut dengan tangan, bersama dengan kegiatan ketrampilan menjahit lainnya dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan yang cukup signifikan. Menurut penelitian, gerakan tangan yang ‘berirama’ secara mengulang ini selain memberi efek menenangkan, dapat juga membantu mengurangi atau mencegah stress, meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus menurunkan tekanan darah atau denyut jantung.

Baca Juga:  Tutorial: Beginilah Cara Memakai Jilbab Pashmina Modern

Selain itu, merajut dengan tangan bersama dengan kegiatan santai lainnya juga dikaitkan dengan mengurangi resikonya penyakit Alzheimer dan demensia.

Nah bagaimanakah dengan Sahabat muslimah, apakah hoby merajut?

NO COMMENTS

Leave a Reply

%d bloggers like this: