Home Busana Muslimah Apakah Kain Tulle Itu? Inilah Penjelasan Lengkapnya

Apakah Kain Tulle Itu? Inilah Penjelasan Lengkapnya

Gamisjilbabsyari.comApakah kain tulle itu? Hai Sahabat Muslimah, kembali lagi kami dengan artikel mengenai bahan kain yang banyak dipakai sebagai bagian dari busana muslimah. Nah kali ini kita akan membahas tentang bahan kain tulle. Nah sebenarnya apa yang dimaksud dengan kain tulle? Silahkan simak dalam pembahasannya lengkap berikut ini.

Apakah Bahan Kain Tulle Itu?

Kain tulle merupakan salah satu jenis kain yang ringan dan tipis, serta mempunyai bentuk seperti jala dengan lubang-lubang kecil. Dan jenis kain seperti ini sangatlah ringan, kuat dan tahan lama.Selain disebut sebagai kain tulle, sebutan lain dari kain ini adalah kain tille. Kain ini terbuat dari berbagai serat seperti sutra, nilon, dan rayon.

kain tulle motif kotak
kain tulle motif kotak. image: id.aliexpress

Ada dua jenis tekstur kain yang di miliki oleh kain tulle. Jenis tekstur yang pertama ada kain tulle yang kaku dan kain tulle yang lembut. Kain tulle banyak digunakan untuk kerudung, gaun (terutama gaun pernikahan), dan kostum balet. Kain tulle memiliki beragam warna dan jenis, mulai dari yang kaku dan yang lembut. Ada pula kain tulle yang memiliki hiasan berupa taburan glitter dan manik-manik sehingga memberikan efek berkilau pada kain tulle tersebut.

Ciri dan Karakteristik Kain Tulle

Kain Tulle atau Tile atau Net adalah jenis kain yang sama namun di setiap jenis dari masing-masing kain tersebut memiliki perbedaan. Yang menyamakan antara kain – kain ini adalah merupakan suatu tekstil yang di hasilkan melalui mesin Rachel knit (rajut lusi) yaitu berupa kain yang sangat ringan berbentuk net (jarring). Selain itu kain ini juga memiliki beberapa ragam jenis antara lain tulle polos dan ada juga tulle yang dihiasi dengan gliter serta manik – manik sehingga terkesan sangat mewah dan terlihat berkilau saat terkena cahaya atau sinar.
Satu hal yang membuat kain tulle menjadi begitu menarik adalah struktur kain tulle yang diambil dari struktur bentuk Bobbinet. Bobbinet diciptakan di Britania pada awal 1800-an, yang dibuat dengan melilitkan benang pakan di sekitar benang lungsi sehingga menciptakan desain heksagonal yang kuat. Bentuk ini tidak akan berubah karena benang telah terlilit dengan tegangan tertentu. Hal ini menjadikan bahan kain tulle yang dihasilkan memiliki karakteristik yang sangat ringan, kuat dan tahan lama.

Baca Juga:  Busana Muslim Gamis Terbaru

Sejarah Pembuatan Bahan Kain Tulle

Dilihat dari sejarahnya, ternyata bahan kain tulle ini sudah diciptakan sejak beberapa abad yang lalu. Nama tulle bisa mengacu pada sebuah nama kota di wilayah tengah selatan negara Perancis. Pada abad ke 18, kota Tulle ini terkenal sebagai pusat produksi sutra renda dan awal adanya kain tulle kemungkinan berasal dari dalam kota Perancis ini. Setelah itu bahan kain tulle mulai dikenal setelah menjadi salah satu bahan utama kostum balet di Perancis, setelah itu kain ini menjadi terkenal ketika dipakai Ratu Victoria pada gaun pernikahannya di tahun 1840.

contoh bahan kain tulle
contoh bahan kain tulle. image: bukalapak

Penggunaan Kain Tulle

Bahan kain tulle atau tille banyak dipakai untuk berbagai produk, akan tetapi lebih banyak digunakan untuk bahan pakaian dan busana. Penggunaan kain tulle pada pakaian biasanya digunakan untuk menciptakan kesan mengembang pada pakaian. Selain itu juga biasa digunakan sebagai renda. Kain tulle juga dapat digunakan sebagai underskirts untuk menciptakan bentuk kaku. Pada pemakaian lainnya, kain tulle juga dapat digunakan sebagai kerudung, blusher dan birdcage, karena mengaburkan fitur wajah namun tetap memungkinkan pemakai untuk melihat keluar. Penggunaan kain tulle dalam pembuatan suatu gaun pernikahan sangatlah di senangi oleh masyarakat sekitar dikarenakan kain ini memiliki kesan mengembang sehingga gaun yang kita pakai akan terlihat atau tampak sangat anggun.

Selain kain brokat, kain tulle juga termasuk pilihan favorit untuk bahan kebaya karena mudah untuk diaplikasikan dengan payet dan bordir. Kain ini mudah membentuk siluet tubuh dan menjadikan busana kebaya yang anda kenakan terlihat lebih anggun, elegan, mewah dan menawan.

Selain sebagai bahan busana, fungsi lain dari kain tulle yaitu dapat digunakan sebagai kelambu untuk melindungi dari serangga, serta ada pula yang menggunakan kain tulle sebagai penyaring makanan. Saat ini kain tulle seringkali digunakan sebagai hiasan ataupun bahan pembungkus hadiah dan buket bunga.
Berbagai kegunaan lainnya dari bahan kain tulle ini selain untuk membuat gaun atau baju balet, kain ini juga bisa Sahabat manfaatkan sebagai pelindung taman dengan maksud agar serangga tidak dapat mendekat ataupun hinggap di taman.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Bahan Wolfis Untuk Busana Muslimah Yang Harus Sahabat Ketahui

Harga Bahan Kain Tulle

Untuk harga kain tulle ini sangatlah terjangkau. Di online marketplace bahan ini dijual dengan harga mulai dari 6.000 IDR setiap meter dengan lebar kain 150 cm. Sahabat dapat mencarinya di internet dengan berbagai warna yang Sahabat inginkan.

Demikianlah Sahabat muslimah beberapa penjelasan tentang apa itu bahan kain tulle mulai dari pengertian, ciri-ciri , penggunaan bahan ini serta harganya. Semoga bermanfaat.

NO COMMENTS

Leave a Reply

%d bloggers like this: