Ajarkan Adab Sebelum Tidur Yang Dicontohkan Rasulullah SAW Pada Anak-anak Kita

Gamisjilbabsyari.comAjarkan adab sebelum tidur yang dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW pada anak-anak kita agar mendapatkan tidur yang berkualitas dan terlindung dari segala gangguan. Islam adalah agama yang mempunyai semua aturan dalam hidup, mulai dari kita bangun tidur sampai dengan kita mau memejamkan mata kita. Segala aturan tersebut tidak lain bertujuan agar kita selamat dunia dan akhirat, serta mendapatkan ridha serta surga-Nya kelak di akhirat. Nah pada artikel ini akan kita kupas tentang adab yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW bagi seluruh umatnya saat akan tidur. Adab ini sangat baik untuk kita terapkan pada keluarga kita mulai dari suami, anak-anak, dan anggota keluarga lainnya, karena memang sebaik-baik panutan dan teladan serta sebaik-baik manusia yang diciptakan Allah SWT adalah nabi Muhammad SAW. Jika Allah sudah meridhai segala perbuatan dan tindak-tanduk Rasulullah, tentu jika kita ikut melakukan apa yang dilakukan Rasul kita juga akan mendapatkan pahala. Nah bagaimanakah adab-adabnya? Berikut kita kupas dalam tulisan berikut ini.

Adab Yang Dicontohkan Nabi Muhammad SAW Sebelum Tidur

Dalam kehidupan modern ini kita seringkali melihat tayangan televisi seperti sinetron atau film, dimana saat anak akan tidur malam maka orang tuanya menemani sambal membacakan dongeng sampai dengan sang anak terlelap tidur. Namun tahukan Sahabat Muslimah, jika ternyata Nabi Muhammad SAW sudah mengajarkan adab dan hal-hal yang dilakukan sebelum tidur? Manakah yang Sahabat pilih kira-kira, mengikuti tren dengan membacakan dongeng pada anak tanpa mengenalkan adab-adab Islam sebelum mereka tidur atau mengajarkan adab Islam pada mereka? Tentu yang akan dipilih adalah mengajarkan adab sebelum tidur yang Islami, karena dalam setiap adab Islam jika dilaksanakan akan mendapatka pahala dan juga ridha dari Allah SWT. Rasulullah SAW mengajarkan kita sebelum tidur untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:

1. Ajarkan Berwudhu Sebelum Tidur

Anjuran Rasulullah untuk berwudhu sebelum tidur terdapat pada hadits dimana Rasulullah SAW pernah bersabda, “Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga:  Para Wanita Shalihah di Surga, Siapakah Suaminya?
adab yang dicontohkan nabi sebelum tidur
adab yang dicontohkan nabi sebelum tidur. image: internet

Kegunaan dari wudhu ini antara lain adalah menyucikan badan dari hadats dan mendapatkan perlindungan Allah serta dijaga oleh malaikat. Kita mengetahui jika saat tertidur adalah posisi manusia yang paling lemah karena tidak sadar, sehingga dengan melakukan wudhu akan menjamin kita dilindungi oleh Allah SWT.

2. Mengajarkan Anak Membersihkan Tempat Tidur Sebelum Merebahkan Diri

Membersihkan tempat tidur juga dicontohkan oleh rasulaullah SAW, yaitu dengan cara mengibas-ngibas tempat tidur sebelum naik ke tempat tidur dengan menggunakan kain atau sapu lidi sembari membaca basmallah. Hal ini dilakukan karena setan dan jin biasanya menempati kasur atau tempat tidur yang tidak ditempati oleh manusia. Sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah SAW dalam hadist berikut, “Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan, ‘bismillaah,’ karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi.” (HR. Al-Bukhari, Muslim, at-Tirmidzi dan Abu Dawud).

3. Mengajarkan Anak Membaca 3 Qul

Setelah membersihkan tempat tidur, maka saatnya untuk membaca tiga surat qul yaitu surat Al Ikhlash (qul huwallahu ahad), surat Al Falaq (qul a’udzu bi robbil falaq), dan surat An Naas (qul a’udzu bi robbinnaas) masing-masing tiga kali. Setelah itu, usapkan kedua telapak tangan ke wajah dan bagian tubuh yang dapat dijangkau. Aisyah RA pernah berkata, “Nabi SAW ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan ’Qul huwallahu ahad’ (surat Al Ikhlash), ’Qul a’udzu birobbil falaq’ (surat Al Falaq) dan ’Qul a’udzu birobbin naas’ (surat An Naas).

adab sebelum tidur dalam Islam
adab sebelum tidur dalam Islam. image: pinterest

Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali.” (HR. Bukhari). Hal ini karena 3 Qul merupakan surat yang berisi tentang perlindungan Allah dari segala mara bahaya, sehingga dalam bacaan dzikir pagi dan petang juga terdapat bacaan 3 Qul ini.

4. Membaca Ayat Kursi Sebelum Tidur

Membaca ayat kursi sebelum tidur ini juga dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW agar selama tidur mendapat penjagaan malaikat. Hal ini sesuai dengan hadits dari Abu Hurairah RA, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menugaskan aku menjaga harta zakat Ramadhan kemudian ada orang yang datang mencuri makanan namun aku merebutnya kembali, lalu aku katakan, “Aku pasti akan mengadukan kamu kepada Rasulullah SAW”. Lalu Abu Hurairah RA menceritakan suatu hadits berkenaan masalah ini. Selanjutnya orang yang datang kepadanya tadi berkata, “Jika kamu hendak berbaring di atas tempat tidurmu, bacalah ayat Al Kursi karena dengannya kamu selalu dijaga oleh Allah Ta’ala dan syetan tidak akan dapat mendekatimu sampai pagi.” Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Benar apa yang dikatakannya padahal dia itu pendusta. Dia itu syetan.” (HR. Bukhari).

Baca Juga:  Sebenarnya Wanita Boleh Tampil Berhias Didepan Siapa Saja?

5. Mengajarkan anak membaca doa sebelum tidur

Membaca doa sebelum tidur juga merupakan adab sebelum tidur yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Dari Hudzaifah, ia berkata, “Apabila Nabi SAW hendak tidur, beliau mengucapkan: ‘Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).’ Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan: “Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali).” (HR. Bukhari).

6. Mengajarkan anak untuk tidur dengan posisi tidur menghadap ke sebelah kanan atau rusuk kanan sebagai tumpuan

Tidur dengan posisi badan menghadap kea rah kanan merupakan contoh yang diajarkan oleh rasulullah SAW, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

adab sebelum tidur
adab sebelum tidur dalam Islam. image: internet

Demikianlah Sahabat Muslimah, enam adab sebelum tidur yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan hendaknya diajarkan kepada anak sebelum tidur. Dengan begitu Allah SWT dan malaikat-Nya akan menjaga kita selama tidur sampai dengan kita terbangun kembali keesokan paginya. Dan juga dengan mengajarkan adab-adab Islam kepada anak-anak kita sedari mereka kecil maka akan menjadi ingatan yang kuat bagi mereka, dan semoga akan terus diamalkan sampai dewasa nanti, amiin. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply