Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home Dunia Fashion Jangan Pakai Busana Dari Bahan Kain Ini Saat Cuaca Panas

Jangan Pakai Busana Dari Bahan Kain Ini Saat Cuaca Panas

Gamisjilbabsyari.com – Pakaian memang mempunyai dua fungsi utama bagi kita yaitu untuk menutup aurat dan melindungi tubuh, serta untuk memperindah penampilan kita. Dengan menggunakan pakaian yang syar’I bagi setiap muslimah maka akan terhindar dari dosa karena tertutup auratnya, terlindung dari kondisi lingkungan seperti panas, dingin, kondisi cuaca yang berangin dan yang lainnya serta membuat penampilan kita menjadi terlihat lebih elegan, sopan, trendi, modern maupun yang lainnya.

Namun Sahabat Muslimah juga harus mengetahui bahwa setiap bahan kain yang dibuat menjadi pakaian ini mempunyai karakteristik dan sifat yang berbeda-beda sehingga terkadang antara jenis bahan kain yang satu terasa enak dan nyaman dipakai saat kondisi cuaca panas, tetapi saat berganti dengan busana muslimah dengan bahan kain yang berbeda akan terasa gerah dan membuat tidak nyaman. Begitu pula dengan kondisi sebaliknya, dimana saat menggunakan busana dengan bahan kain tertentu terasa dingin menusuk tulang, ternyata saat berganti dengan pakaian dari bahan lainnya tubuh menjadi hangat dan nyaman. Oleh karena itu sahabat perlu mengetahui karakteristik dari masing-masing bahan kain agar tidak salah menggunakan yang dapat mengakibatkan Sahabat menjadi tidak nyaman saat memakainya.

Bahan Kain Yang Tidak Cocok Dipakai Saat Cuaca Panas

Dalam artikel-artikel sebelum ini kami sudah menjelaskan panjang lebar mengenai berbagai jenis bahan kain dan karakteristik serta sifat-sifatnya sehingga jika Sahabat membacanya tentu akan mengetahui dalam kondisi apa yang bagus jika menggunakan busana dari bahan tersebut. Artikel tersebut berada di kategori Fashion, jika Sahabat mau mebaca silahkan klik link tersebut. Namun karena jumlahnya yang cukup banyak, berikut ini kami ringkaskan jenis bahan kain yang tidak pas jika dipakai saat cuaca yang panas menyengat. Jenis bahan kain tersebut antara lain:

1. Bahan Kulit

Dari jaman purba manusia sudah mengenal jenis bahan ini, yaitu bahan kulit. Mereka memotong binatang-binatang untuk dikonsumsi dagingnya, sementara kulitnya dikeringkan dan dipakai untuk membuat pakaian.

jaket kulit tidak cocok untuk cuaca panas
jaket kulit tidak cocok untuk cuaca panas. image: bukalapak

Kelebihan dari bahan kulit ini adalah sifatnya yang fleksible dan tahan lama. Akan tetapi karena bahan kulit ini bersifat cenderung tertutup dan memiliki pori yang sangat rapat,bahan kulit ini tidak dapat bernafas sehingga udara yang di dalamnya tetap dan tidak bisa menembus pori-pori kulit. Bahan ini hanya cocok untuk Sahabat yang sedang berada di daerah dengan suhu yang rendah karena panas tubuh tidak akan keluar menembus pakaian berbahan kulit ini sehingga badan relative tetap hangat. Namun sebaliknya jika Sahabat menggunakannya di tempat yang mempunyai cuaca panas maka hal ini hanya akan membuat tubuh Sahabat cepat gerah dan berkeringat lebih banyak. Hal ini menjadikan tidak nyaman dipakai.

Baca Juga:  Inilah Bahan Katun Ima , Kelebihan dan Kekurangan Serta Penggunaannya

2. Bahan Denim

Bahan denim merupakan salah satu jenis bahan kain yang penggunaannya luas di amsyarakat, baik sebagai pakaian santau atau casual maupun pakaian resmi termasuk seragam kerja. Sebagai contohnya jika Sahabat mengunjungi daerah industry berat seperti industry metal dan pertambangan, maka biasanya pakaian yang dikenakan oleh para pekerjanya terbuat dari denim. Panas memang, namun bahan ini tebal dan lebih melindungi tubuh dari kemungkinan bahaya yang diakibatkan oleh lingkungan kerjanya.

contoh busana muslimah dari bahan denim
contoh busana muslimah dari bahan denim. image: bukalapak

Namun hal ini tentu berbeda dengan sahabat yang menggunakannya sebagai busana santai atau non formal, tentu tidak akan pas jika Sahabat memilih busana dari bahan denim. Sahabat hanya akan merasakan kegerahan, berat dan kaku serta mengurangi kenyamanan dalam berbusana. Namun jika terpaksa, maka pilihlah denim dengan bahan yang paling tipis dan ukuran yang longgar sehingga akan mengurangi kekakuan bahan tersebut.

3. Bahan Fleece

Bahan fleece ini mirip dengan bahan wol, dan pemakaiannya juga hampir sama yaitu digunakan untuk pakaian yang melindungi tubuh dari cuaca dingin dan berangin.

contoh bahan fleece pada busana muslimah
contoh bahan fleece pada busana muslimah. imega: diksonbaru.com

Bahan fleece ini biasanya dibuat menjadi jenis busana seperti jaket, jumper, dan berbagai busana untuk menahan cuaca dingin. Oleh karena itu Sahabat tentu tidak akan nyaman jika memakainya pada saat kondisi cuaca yang panas karena akan berkeringat karena hamper tidak ada sirkulasi udara yang bisa keluar masuk melalui pori-pori kain.

4. Bahan Rayon

Bahan yang satu ini juga sebaiknya tidak Sahabat pakai saat udara panas dan matahari bersinar terik. Hal ini karena bahan rayon adalah bahan busana yang terbuat dari selulosa. Karena terbuat dari selulosa menjadikan bahan ini tidak bersifat sintetik.

contoh bahan rayon untuk busana muslimahcontoh bahan rayon untuk busana muslimah
contoh bahan rayon untuk busana muslimah. image: pricenia

Pada umumnya bahan rayon tidak dapat menyerap keringat dengan baik dan sangat rentan terkena noda keringat. Hal ini sering menjadikan penggunanya terkena iritasi kulit dalam bentuk ruam dan gatal jika dikenakan saat cuaca panas. Hal sebaliknya jika busana yang terbuat dari bahan rayon ini dipakai saat cuaca dingin, namun bukan dingin ekstrim seperti di musim salju karena tetap saja Sahabat akan merasakan kedinginan jika tidak menggunakan jaket dan baju pelindung lainnya.

Baca Juga:  Kain Cashmere, Pengertian, Penggunaan dan Perawatannya

5. Bahan Nilon

Untuk bahan nilon ini dikenal sebagai bahan dasar untuk busana dan pakaian olahraga. Hal ini karena karakteristiknya yang elastis sehingga mudah mengikuti bentuk tubuh dan juga ringan, sangat cocok untuk dipakai saat belorahraga sehingga tidak memngganggu gerakan tubuh.

contoh jaket dari bahan nilon
contoh jaket dari bahan nilon. image: tokopedia

Akan tetapi kekurangannya adalah daya serapnya yang tidak bagus sehingga keringat tidak akan mudah terserap oleh bahan kain ini. Oleh karena itu busana yang berasal dari bahan nilon tidak dianjurkan untuk pemakaian dalam jangka waktu lama tanpa berganti karena akan mengakibatkan kulit menjadi tidak nyaman dan bisa terjadi iritasi. Jadi jika Sahabat selesai berolahraga, segera ganti baju dengan bahan kain yang lebih nyaman ya?

6. Bahan Polyester

Bahan polyester dibuat untuk menjawab kebutuhan pasar yang menginginkan bahan kain yang mempunyai daya tahan yang lebih bagus dan tidak mudah kusut yang ditemukan pada bahan katun.

contoh gamis syari dari bahan polyester
contoh gamis syari dari bahan polyester. image: shalehah.co

Akan tetapi ternyata bahan ini juga mempunyai kekurangan yaitu daya serapnya yang kurang bagus. Hal ini mengakibatkan Sahabat akan merasa tidak nyaman dan kegerahan jika memakainya pada cuaca yang panas dan terik. Jadi sangat tidak direkomendasikan untuk memakainya sebagai busana musim panas, dan Sahabat dapat memakainya pada kondisi cuaca yang dingin karena panas tubuh lebih terjaga.

7. Bahan Berjaring

Apakah Sahabat pernah mengetahui bahan ini dan tertarik untuk memakai pakaian dari bahan berjaring? Ada beberapa jenis pakaian yang dibuat dari bahan berjaring yang mungkin dapat menyebabkan udara akan lebih mudah untuk bersentuhan dengan kulit. Namun ternyata efeknya tidak sebagus yang kita kira. Hal ini karena pada penelitian, untuk jangka waktu yang lama pemakaian busana yang terbuat dari bahan berjaring ini akan menimbulkan ruam dan kemerahan sehingga kulit menjadi tidak nyaman dan sehat.

Demikianlah uraian singkat mengenai bahan kain yang tidak cocok untuk Sahabat Muslimah pakai saat kondisi udara panas dan terik. Sebenarnya untuk pemakaian jangka pendek tidak masalah selama Sahabat dapat mengabaikan rasa kurang nyaman yang terjadi, atau saat Sahabat berada di ruangan yang mempunyai pengatur temperature seperti di dalam kantor atau di dalam kendaraan. Hal yang menjadi masalah adalah saat memakainya dalam waktu yang lama. Untuk menghindarinya, pilihlah busana yang terbuat dari bahan yang mudah untuk menyerapa keringat sehingga Sahabat akan merasa nyaman dan tidak kegerahan saat beraktifitas seharian. Semoga bermanfaat.

1 COMMENT

Leave a Reply

%d bloggers like this: