15 Tips dan Cara Merawat Rambut Kering dan Rontok

4
1919

Cara Merawat Rambut Kering Dan Rontok. Sahabat, setelah dalam artikel sebelumnya kita bahas tentang penyebab rambut kering dan mudah rontok bagi muslimah, maka tak cakap namanya jika kami tidak memberikan solusi atas sebab-sebab rambut kering tersebut. Nah pada artikel ini kami akan mencoba mengangkat 15 tips dan cara dalam merawat rambut yang kering dan mudah rontok.

penyebab rambut kering dan rontok
penyebab rambut kering dan rontok

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang sangat vital dalam hal penampilan. Karena dengan potongan rambut yang hanya berbeda sedikit saja akan menyebabkan penampilan dari orang tersebut akan terlihat menjadi berbeda juga. Dan karena sangat pentingnya penampilan yang didukung oleh sang rambut ini menyebabkan banyak orang yang berusaha tampil sebaik mungkin dengan menggunakan cara-cara yang harusnya tidak dilakukan pada rambut, seperti menggunakan bahan kimia, menggunakan pemanas yang berlebihan, cat rambut dan sebagainya. Dan hasilnya, bukannya mendapatkan rambut yang indah, tapi yang terjadi malah rambutnya menjadi rusak dan kering, kusam. Oleh karena itu, berikt ini tips dan cara merawat rambut kering dan rontok:

1.Membersihkan Rambut Secara Teratur
Membersihkan rambut secara teratur akan membuat rambut menjadi bersih dan sehat. Anda dapat melakukannya setiap hari atau dua hari sekali dengan menggunakan pembersih rambut atau shampoo yang cocok dengan kondisi rambut kering yang biasanya banyak mengandung vitamin E. Vitamin E ini sangat dibutuhkn untuk memperbaiki rambut yang kering dan rusak.

Selain menggunakan shampoo yang sesuai, gunakanlah kondisioner rambut untuk merawat rambut Sahabat.Gunakanlah kondisioner rambut ini setelah keramas, sekali dalam seminggu atau sesuai denga petunjuk pemakaian yang biasa tertulis di kemasan kondisioner. Cara memakainya adalah setelah rambut dibilas bersih, maka pakailah kondisioner dan diamkanlah selama sepuluh sampai lima belas menit. Setelah selesai maka bilaslah sampai bersih dan tidak ada sisa kondisioner yang tertinggal di rambut Anda.

2.Menggunakan Buah Alpukat
Buah alpukat selain enak dan sehat untuk dikonsumsi, buah alpukat juga dapat digunakan sebagai pelembut dan pelembab rambut yang dapat membantu mengatasi rambut kering, rusak dan mudah rontok.

Cara menggunakannya adalah buah alpukat yang matang dan segar dihancurkan atau diblender sampai halus. Setelah itu oleskanlah buah alpukat itu pada rambut dan diamkan sekitar 20-30 menit,kemudian terakhir bilaslah dengan air bersih dingin.

3.Menggunakan Mayones
Mayones seperti yang kita ketahui adalah salah satu pelengkap makanan. Namun selain itu ternyata Mayones juga dapat digunakan untuk membantu memperbaiki rambut yang kering dan rusak. Hal ini karena asam lemak pada mayones bisa berfungsi untuk melembutkan rambut dan meningkatkan minyak alami rambut.

Baca Juga:  Sahabat Muslimah, Inilah 5 Tips Mudah Cantik Alami

Cara menggunakannya adalah setelah keramas dan mengeringkan rambut dengan handuk, oleskan satu sendok makan mayones pada rambut dan bungkus rambut dengan shower cap atau handuk panas. Biarkanlah mayones meresap kedalam rambut selama 15 – 20 menit. Setelah itu bilaslah rambut dengan shampo bayi atau herbal.

4.Menggunakan Minyak Zaitun
Minyak zaitun memang sudah terkenal selain untuk memasak makanan yang sehat juga dapat dipakai untuk memelihara kesehatan rambut. Sahabat dapat menggunakan minyak zaitun ini dengan interval dua minggu sekali.

Caranya, oleskan minyak zaitun hangat pada rambut yang basah sebelum berkeramas. Diamkan rambut selama lima menit, setelah itu berkeramaslah dengan shampo seperti biasa. Untuk menghangatkan minyak zaitun, Sahabat dapat menggunakan microwave.

5.Menggunakan Minyak Alami
Minyak alami yang dimaksud disini adalah minyak kelapa, minyak bunga matahari, minyak almond dan yang sejenisnya. Anda dapat menggunakan minyak alami ini untuk merawat rambut yang kering dan rusak.

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan minyak alami ini setelah Sahabat keramas, kemudian bungkus kepala dengan handuk hangat dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas rambut sampai bersih.

6.Menggunakan Madu
Madu memiliki kandungan zat yang sangat diperlukan oleh tubuh kita, termasuk juga rambut. mau ini mempunyai kandungan yang dapat melembutkan rambut secara alami.

cara menggunakannya adalah siapkan madu murni sebanyak 1 sendok yang dicmpur ke dalam 4 gelas kecil air, kemudian diaduk hingga tercampur rata. Setelah itu usapkan air campuran madu itu ke seluruh rambut dan kulit kepala Anda, kemudian diamkan sekitar 10 menit. Terakhir, bilaslah rambut hingga bersih.

7.Lemon
Selain madu, buah lemon juga mempunyai kandungan yang berguna untuk memperbaiki rambut yang kering dan rusak.
Caranya adalah peraslah buah lemon dan ambil air perasannya. Setelah itu campurkan 2 sendok air perasan lemon dengan 1 sendok madu, kemudian oleskan ke seluruh bagian rambut sampai dengan kulit kepala, dan diamkan selama satu jam. Terakhir bilaslah sampai bersih dengan menggunakan air bersih dingin.

8.Cuka Apel
Cuka Apel dapat membantu memperbaiki rambut kering dan rusak serta membuatnya menjadi lebih halus.
Cara penggunaannya adalah campurkan satu sendok makan minyak gandum dengan setengah cangkir cuka sari apel dan dua cangkir air. Kemudian oleskan campuran ke rambut secara merata setelah keramas, saat rambut masih basah. Setelah itu diamkan selama 10 menit, dan terakhir bilaslah hingga bersih tanpa menggunakan shampo.

Baca Juga:  Tips Alami Mengobati Bibir Pecah-pecah dan Kering

karena cuka apel mengeluarkan bau yang cukup menyengat, maka untuk menghilangkan bau tersebut Sahabat dapat mengoleskan kondisioner pada ujung-ujung rambut. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, lakukan perawatan rambut menggunakan cuka apel ini dua kali sehari.

9.Mengkonsumsi Vitamin B
Rajin mengkonsumsi vitamin B kompleks setiap hari dapat membantu merawat dan menyehatkan rambut Sahabat yang kering dan rusak. Hal ini karena kandungan biotin pada vitamin B kompleks akan menguatkan rambut. Anda bisa mendapatkan vitamin B kompleks dalam telur, kacang-kacangan dan pisang.

10.Gel Lidah Buaya
Gel aloe vera atau lidah buaya berfungsi untuk melembabkan rambut sehingga rambut Anda terlihat wet look. Pemakaian gel lidah buaya ini lebih baik dibandingkan dengan jika Sahabat menggunakan gel rambut yang biasanya terbuat dari bahan-bahan kimia. Kandungan aloe vera dalam gel akan membantu memperbaikai kondisi rambut yang kering dan rusak.

11.Hindari Pengering Rambut atau Hair Dryer
Saat rambut Sahabat kering dan rusak, jangan sekali-kali menggunakan pengering rambut atau hair dryer untuk mengeringkannya setelah selesai keramas. Sebab hal ini akan memperparah kondisi rambut Anda. Untuk amannya biarkan rambut Sahabat tergerai dan kering karena angin atau bisa digosok dengan handuk lembut dengan pelan-pelan.

12.Menyisir Rambut
Saat rambut kita kering dan rusak, maka sisirlah dengan menggunakan sisir rambut yang bergigi lebar. Hal ini akan mengurangi potensi rambut rontok dan patah.

13.Menggosok Rambut
Menggosok rambut untuk mengeringkannya setelah Sahabat keramas sebaiknya dilakukan dengan cara yang sangat lembut serta hati-hati. Handuk yang digunakan juga sebaiknya menggunakan handuk yang lembut.

14.Jangan Biarkan Rambut Terikat saat Tidur
Saat Sahabat akan tidur, lepaslah ikatan rambut sehingga rambut dan kulit kepala akan rileks dan keesokan harinya rambut kembali segar.

15.Potong Rambut
Memotong rambut secara teratur akan membantu Sahabat untuk menghindari kerusakan rambut karena bercabang. Dengan memotong rambut maka rambut akan tetap sehat dan tidak bercabang.

Penutup

Demikianlah 15 Tips dan Cara yang biasa digunakan untuk merawat rambut kering secara alami tanpa menggunakan obat-obatan kimia. Dengan menghindari penggunaan obat kimia maka insya Allah akan terhindar dari dampak buruk bahan kimia yang mungkin saja dapat terjadi. Anda juga dapat menemukan artikel-artikel kesehatan lainnya di Gamisjilbabsyari.com. Semoga bermanfaat.

4 COMMENTS

  1. Rambut merupakan mahkota bagi perempuan, jadi memang sudah semestinya kita harus merawat supaya selalu sehat. Terimakaish untuk informasinya, sangat bermanfaat.

Leave a Reply