3 Cara Jitu Mengetahui Masa Subur Wanita

0
631

Seperti diketahui bahwa masa subur pada wanita adalah masa yang efektif untuk melakukan hubungan bagi suami-isteri dengan niat untuk mendapatkan keturunan atau anak. Namun masih banyak pasangan suami-isteri yang belum mengetahui kapan masa subur dari sang isteri, sehingga pada artikel ini kami mencoba untuk membagi tips atau cara mengetahui masa subur masing-masing.

Untuk mengetahui masa subur Anda, berikut beberapa cara yang bisa digunakan yaitu:

1.Menggunakan Sistem Kalender atau Penanggalan
Menggunakan sistem penanggalan atau kalender merupakan cara paling mudah untuk mengetahui kapan masa subur dari wanita. Hal ini berlaku untuk wanita yang mempunyai masa siklus haid yang teratur, namun untuk yang memiliki siklus haid tidak teratur, cara ini sulit untuk dilakukan.

Cara mengetahui masa subur wanita dengan sistem kalender adalah dengan mengacu pada tanggal mulai haid. Biasanya masa subur pada seorang wanita adalah 14 hari sebelum haid, dengan rentang waktu 3 hari sebelum dan sesudahnya. Sebagai contoh adalah jika Anda mulai haid atau menstruasi pada tanggal 25, maka masa subur Anda adalah antara tanggal 8 sampai dengan tanggal 12.

2.Menggunakan Pengukuran Suhu Tubuh saat Istirahat
Bagi Anda yang mempunyai siklus haid atau menstruasi yang tidak teratur, dengan metode pengukuran suhu tubuh saat beristirahat adalah salah satu alternatif cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui masa subur Anda.

Cara menggunakan metode ini adalah dengan menggunakan thermometer yang biasa Anda pakai untuk mengecek suhu tubuh, lakukan dengan mengukur suhu tubuh melalui mulut. Lakukan pada saat pagi hari atau siang hari sebelum beraktifitas, sesudah beristirahat minimal dalam waktu 3 jam.

Pada saat wanita sedang dalam masa subur, terjadi kenaikan suhu tubuh antara 0,2 sampai dengan 0,5 derajat celcius dibandingkan saat bukan masa subur. Oleh karena itu dalam menggunakan metode ini harus sering mengecek suhu tbuh untuk mengetahui suhu rata-rata dan suhu saat masa subur Anda.

Baca Juga:  Sedang Diet? Inilah Makanan Enak nan Sehat Yang Patut Sahabat Coba!

3.Dari Tanda Fisiologis
Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mengetahu masa subur Anda selain dua metode diatas adalah dengan cara melihat tanda-tanda yang terdapat pada tubuh Anda. Salah satu tanda utama adalah dengan keluarnya cairan kental berwarna bening dari jalan lahir yang kadang-kadang dilihat menyerupai benang. Cairan kental atau lendir ini diproduksi oleh kelenjar leher rahim atau serviks yang memungkinkan sperma untuk bertahan hidup saat menunggu masaknya sel telur (ovulasi).

Demikianlah 3 cara jitu untuk mengetahui kapan masa subur dari seorang wanita, seperti yang terdapat dalam Buku Terlengkap Tentang Bayi (Super Baby Directory).

Leave a Reply