Sebenarnya, Tidak Ada Satupun Nenek Tua Yang Akan Masuk Surga

1
1796

Masih ingatkah dengan candaan Nabi Muhammad SAW tentang tidak ada satupun nenek tua yang masuk surga? Jika belum, mari kita simak ceritanya yang terdapat dalam sebuah hadits berikut ini.

Dalam sebuah hadits yang dibahas oleh Imam Tirmidzi dalam Asy Syamail Muhammadiyah pada Bab Sifat Candaan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ini, pada suatu hari datanglah seorang nenek tua mengunjungi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kepada Nabi, nenek tua tersebut meminta Nabi untuk mendoakannya agar masuk surga. Nabi kemudian menjawabnya bahwa surga tidak akan dimasuki oleh orang-orang yang sudah tua, tak terkecuali nenek tersebut. Kemudian nenek itupun pergi sambil menangis. Ingin mengetahui cerita lengkapnya? Inilah hadits yang menceritakan hal tersebut.

Dari Al Hasan, ada seorang tua datang menghadap Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas berkata, “Seorang nenek tua pernah mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Nenek itu pun berkata, “Wahai Rasulullah, berdo’alah pada Allah agar Dia memasukkanku dalam surga.”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Wahai Ummu Fulan, Surga tak mungkin dimasuki oleh nenek tua.”
Kemudian, nenek tersebut pergi sambil menangis.

Nabi Muhammad SAW kemudian bersabda,” Kabarilah dia bahwa surga tidaklah mungkin dimasuki dia sedangkan ia dalam keadaan tua. Karena Allah Ta’ala berfirman,

“Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan penuh cinta lagi sebaya umurnya.” (QS. Al Waqi’ah: 35-37). (HR. Tirmidzi dalam Asy Syamail Muhammadiyah no. 205, hadits hasan menurut Syaikh Al Albani. Lihat Silsilah Al Ahadits Ash Shahihahno. 2987).

Apa yang beliau maksudkan adalah bahwa penduduk surga nanti semuanya adalah orang yang muda, dimana semua orang yang masuk ke dalamnya nanti akan dijadikan muda kembali oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Jadi bukannya orang tua tidak dapat masuk ke dalam surga, karena memang semua orang dapat masuk ke dalam surga karena amal ibadahnya yang baik selama dia hidup di dunia.

Baca Juga:  Perkataan Dusta atau Bohong Yang Diperbolehkan

Dalam penjelasan dari firman Allah SWT di Al-Qur’an surat Al Waqi’ah ayat 35-37 diatas, para bidadari surga digambarkan sebagai berikut: Bidadari yang menyejukkan pandangan tersebut langsung diciptakan tanpa pakai proses kelahiran, bidadari tersebut dalam keadaan perawan dan tidak pernah mengalami sakit, serta para bidadari itu sangat mencintai suaminya dan sebaya umurnya. Hal itu terdapat dalam Tafsir Al Jalalain halaman 546.

Begitu dahsyatnya kenikmatan yang Allah berikan kepada para penduduk surga, bagaimana mungkin kita akan menolak untuk menginginkannya? Oleh karena itu, mari kita tetap berpegang teguh kepada dua pusaka agama Islam yang sudah diwariskan oleh nabi Muhammad SAW itu yaitu AL Qur’an dan sunnah Nabi, dimana selama kita memegang teguh keduanya, semoga Allah SWT akan menolong dan menyelamatkan kita dari api neraka, dan memasukkan kita ke dalam surga-Nya, aamiin.

1 COMMENT

Leave a Reply