Pengertian Mukena Secara Lengkap Yang Harus Anda Ketahui

GamisJilbabSyari.com – Hai sahabat, jika membahas busana muslim syar’I maka akan kurang jika kita tidak membahas tentang pengertian mukena. Ya, mukena merupakan salah satu jenis pakaian Muslimah syar’I yang biasanya digunakan secara khusus oleh wanita Muslimah. Nah apakah ada dari sahabat yang belum mengetahui apa itu mukena? Dalam artikel ini akan kami coba untuk menjelaskan dengan lengkap tentang busana yang satu ini.

Pengertian Mukena Yang Harus Sahabat Ketahui

Mukena merupakan salah satu busana Muslimah syar’i yang biasanya dipakai secara khusus untuk melaksanakan sholat, baik sholat di rumah maupun di masjid atau tempat lainnya. Sehingga dengan kata lain, mukena adalah salah satu jenis busana yang merupakan perlengkapan sholat. Namun uniknya, mukena hanya dipakai oleh wanita Indonesia dan juga Malaysia, dimana di negeri jiran tersebut mukena dikenal dengan nama telekung.

Sejarah dan Asal Usul Mukena

Mukena merupakan sebuah produk budaya khas Indonesia, yang dulunya adalah busana hasil dari adaptasi yang dilakukan oleh para wali zaman dahulu. Saat Islam pertama kali masuk ke Indonesia, cara berbusana perempuan Indonesia adalah mengenakan kemben yang memperlihatkan dada bagian atas hingga kepala sehingga auratnya masih terlihat. Saat mereka masuk Islam juga masih belum banyak yang mengetahui mana aurat dan mana yang bukan, sehingga untuk menyesuaikan dengan cara berbusana Islam maka dibuatlah mukena yang sederhana akan tetapi bisa mentupi seluruh anggota badan kecuali wajah dan telapak tangan. Sejak saat itu, para muslimah tidak bisa dipisahkan dari mukena yang merupakan perlengkapan ibadah muslimah atau Islamic Prayer Set.

Alhamdulillah pada tahun-tahun terakhir ini sudah banyak wanita Muslimah Indonesia yang mengerti tentang batasan aurat dan yang bukan sehingga banyak yang sudah menggunakan busana muslimah syar’i. Dengan menggunakan busana syar’i inilah sebenarnya peran dari mukena yang secara khusus sudah tergantikan dengan busana syar’i yang dipakai sehari-hari. Dengan mengenakan busana yang menutup aurat maka sudah tidak perlu lagi menggunakan mukena saat melaksanakan sholat karena fungsi mukena sebagai penutup aurat sudah tergantikan.

Namun walaupun demikian, ternyata di pasaran penjualan mukena tidak mengalami penurunan, bahkan sebaliknya. Sahabat bisa menemukan berbagai macam dan model mukena dengan segala pernik hiasannya dan bahan yang berbeda. Sahabat bisa juga memilih warna yang sahabat suka dari mukena yang akan dibeli. Jadi mukena tetap saja menjadi salah satu busana muslimah yang tidak tergantikan khususnya saat melaksanakan sholat, apalagi ada kesan jika ada sesuatu yang kurang jika sholat tidak menggunakan mukena.

Baca Juga:  Syarat-syarat Berpakaian dari Seorang Wanita Muslimah

Jenis-jenis Mukena

Dilihat dari jenisnya, paling tidak ada 3 jenis mukena yang bisa Sahabat dapatkan di pasaran yaitu:

1. Mukena Jenis One Piece atau Terusan

Busana jenis terusan atau one piece adalah jenis mukena yang ada sejak awal Islam masuk di Indonesia. Mukena jenis ini bentuknya sangat sederhana dimana sebuah busana terusan yang menutup seluruh anggota tubuh dan ada lubang untuk wajah, kedua telapak tangan dan juga lubang besar dibawah untuk tempat masuk badan.

contoh mukena terusan
contoh mukena terusan. image: bukalapak.com

Jika dilihat dari modelnya, mukena model terusan ini tidak banyak perubahan dan juga hiasan yang disematkan ke busana ini merupakan hiasan yang sederhana dengan warna mukena yang umumnya berwarna putih. Walaupun ada yang berwarna lain namun jarang sekali kita menemukan mukena terusan selain berwarna putih.

2. Mukena Two Pieces atau Atasan dan Bawahan

Mukena model atasan dan bawahan ini merupakan sebuah perubahan desain untuk mendapatkan model mukena yang lebih menarik dan sesuai dengan perkembangan mode terutama pada fashion wanita. Sahabat dapat menemukan model atasan bawahan ini dengan berbagai jenis bahan, warna dan hiasan yang disematkan padanya. Pada bahan, ada banyak sekali jenis bahan pakaian yang bisa dipilih untuk membuat mukena ini, dari jenis bahan yang adem seperti katun, katun jepang, sampai dengan bahan sarung, batik maupun songket. Tentu saja dengan bermacam pilihan yang ada, Sahabat juga harus mengeluarkan uang yang sesuai dengan bahan pembuatnya ini.

contoh mukena atasan bawahan
contoh mukena atasan bawahan. image: blibli.com

Pada bagian atasan mukena lebih menyerupai jilbab atau hujab yang besar atau jumbo, dengan hiasan pada kepala, lingkaran wajah dan sekeliling bawah, dan terkadang ada hiasan yang disematkan pada dada kanan dan kiri. Pada sisi wajah kiri dan kanan biasanya terdapat tali atau karet yang dipakai untuk mengencangkan lubang wajah dengan cara diikatkan ke belakang kepala.

Pada bagian bawah mukena ini akan terlihat seperti sebuah rok Panjang. Sahabat dapat menemukan tali karet di pinggang yang berfungsi untuk mengikat bawahan agar tidak melorot atau lepas. Sedangkan pada ujung bawah biasanya terdapat hiasan yang melingkari sekeliling mukena dengan berbagai corak dan model hiasan.

Baca Juga:  20+ Model Jilbab Pashmina Yang Akan Menginspirasi Anda

Mukena jenis atasan dan bawahan ini sekarang merupakan jenis mukena yang paling laris di pasaran. Hal ini karena sifatnya yang lebih fleksibel dimana Sahabat bisa memakai atasan saja sebagai jilbab atau memakai bawahan saja dan memadukan dengan jilbab jumbo juga bisa.

3. Abaya

Abaya pada awal mulanya merupakan sebuah busana berbentuk jubah yang berasal dari daerah Timur Tengah atau Kawasan Arab dan Afrika Utara. Jubah ini berbentuk baju yang besar atau longgar dengan lengan baju yang Panjang dan rok yang Panjang.

contoh busana abaya arab
contoh busana abaya arab. image: indiamart.com

Di Indonesia ada beberapa wanita yang menyukai saat sholat menggunakan baju abaya ini saat tidak menemukan mukena. Tentu saja dengan menambahkan jilbab yang besar atau jumbo sehingga menutup sampai ke dada, serta memakai kaos kaki dan juga penutup tangan atau hand socks.

Fakta-Fakta Tentang Mukena

Nah dari artikel pengertian mukena diatas dapat disimpulkan beberapa fakta yang ada pada mukena ini antara lain:

1. Mukena Hanya Ada dan Terkenal di Indonesia

Mukena ini merupakan salah satu busana Islam di Indonesia yang lahir dari kondisi cara berpakaian wanita jaman dahulu. Oleh karena itu pemakaiannya juga terbatas di negara Indonesia, Malaysia (telekung) dan beberapa negara tetangga lainnya.

2. Mukena Tidak Ada Di Timur Tengah

Karena memang lahir dari umat Islam di Indonesia maka dulu mukena ini hampir tidak dikenal di negara asal islam yaitu Timur Tengah. Namun dengan semakin banyaknya umat Islam Indonesia dan Malaysia yang melakukan ibadah haji, umrah maupun melakukan perjalanan ke Arab dan memakainya saat melakukan ibadah disana, maka sedikit banyak mukena menjadi dikenal di Kawasan Timur Tengah.

3. Mukena Seperti Menjadi Barang Wajib Saat Melakukan Ibadah Sholat

Terutama di Indonesia, hampir 90% wanita muslimah menggunakan mukena untuk melakukan sholat. Hal ini karena kebiasaan dimana saat sholat memakai mukena, dan sepertinya kurang sreg jika tidak menggunakannya. Dan penggunaan busana muslimah syar’i lainnya dalam sholat masih jarang sehingga terkesan sedikit aneh.

Demikianlah Sahabat gamisjilbabsyari.com apa yang bisa kami ulas tentang pengertian mukena ini serta jenis dan juga penggunaannya. Semoga dapat menambah khazanah ilmu agama kita dan menjadikan kita mengerti tentang salah satu jenis busana muslimah syar’i tersebut. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply