Tak Perlu Ada Kadar Yang Berbeda

0
518

Gamis Jilbab Syari – Sahabat muslimah, setelah menikah, keluarga kita akan bertambah. Ada ipar, sepupu, kemenakan, dan… mertua. Entah karena apa, banyak diantara kita yang mengalami “gagap komunikasi” dengan mertua.

Kita kerap menjaga jarak dengan mereka. Kita sering mangacuhkan pendapatnya, bahkan terjerembab ke dalam sikap suudzon (prasangka buruk) yang tak berkesudahan. Seolah-olah mertua adalah sosok “musuh” yang harus dijauhi. Astaghfirullahal ‘adzim…

Sejenak mari kita tengok pasangan hidup kita. Suami atau isteri kita. Bertanyalah pada diri sendiri, siapakah orang yang telah mengandung, melahirkan, merawat, dan mendidik pasangan kita? Ia tentunya bukan makhluk yang tiba-tiba dewasa. Siapa yang rela meneteskan keringat dan air mata demi membesarkan pasangan kita? Ya, ia adalah mertua kita!

Maka, cintailah mertua sebagaimana cinta kita kepada orangtua kita sendiri. Tak perlu ada kadar yang berbeda. Karena mereka adalah orang tua kita juga…

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.” (QS. An Nisa:36).

Leave a Reply