Home Busana Muslimah Inilah Tips Berhijab Untuk Pemula Agar Nyaman dan Istiqomah

Inilah Tips Berhijab Untuk Pemula Agar Nyaman dan Istiqomah

Tips berhijab untuk pemula adalah sebuah artikel yang kami persembahkan khusus untuk Sahabat yang baru saja berhijrah dan mengenakan hijab atau jilbab. Sahabat baru saja menggunakan hijab? Alhamdulillah, selamat buat Sahabat atas keputusan terbaiknya dalam menutup aurat dan mengenakan busana muslimah syar’i yang sudah dipersyaratkan bagi semua wanita muslimah. Dengan membuat keputusan besar ini berarti sahabat sudah mengikuti apa yang diajarkan oleh nabi Muhammad SAW kepada para pengikutnya.

Namun, apakah ada perasaan gelisah atau tidak nyaman saat Sahabat beralih mengenakan busana muslim syar’i ini? Mungkin karena belum terbiasa, atau hal yang lainnya, pastinya perasaan tersebut sedikit banyak pastilah ada. Nah, untuk menghilangkan perasaan tidak enak, tidak nyaman tersebut, kami mencoba menuliskan tips berhijab untuk pemula ini dengan harapan dapat membantu para muslimah sehingga dapat menggunakan busana muslimah ini dengan nyaman dan aman. Bagaimanakah tipsnya? Baiklah kita mulai di bawah ini.

Beberapa tips berhijab bagi muslimah yang baru mengenakan busana muslimah:

1.Pilihlah busana muslimah yang nyaman dipakai

tips berhijab bagi pemula
tips berhijab bagi pemula

Sahabat tentu akan merasakan perbedaan yang sangat besar antara waktu Sahabat belum mengenakan busana muslimah dan waktu setelah mengenakannya, terutama dengan faktor kenyamanan. Jika dulu biasanya mengenakan busana yang relatif lebih pendek dan tipis, serta banyak udara dan angina yang dapat keluar-masuk melewati busana kita, maka setelah memakai busana muslimah syar’i yang panjang, tebal dan tertutup akan terasa lebih sedikit hawa yang masuk ke badan kita. Dengan cuaca Indonesia yang panas maka kita tentunya akan merasa kepanasan dan kegerahan sehingga tidak nyaman. Nah untuk menghindari hal tersebut maka Sahabat harus memilih busana muslimah yang terbuat dari bahan yang nyaman dan adem dipakai seperti katun, katun jepang, rayon maupun sifon dan hijab seperti wollycrepe, atau bahan jersey yang adem di kepala dan elastis sehingga kepala tidak terasa terbebani. Dengan menggunakan busana muslimah yang enak dipakai maka Sahabat akan cepat terbiasa dan merasa nyaman memakainya.

Baca Juga:  Busana Muslimah, Mengapa Harus Syar'i?

2.Pilihlah Busana Yang Sesuai Dengan Selera Sahabat

Memilih busana yang sesuai dengan selera atau kesukaan adalah hal yang sangat penting bagi Sahabat dalam tahap permulaan menggunakan busana muslimah ini, karena akan sangat menolong Sahabat sehingga tidak jenuh dan bosan dalam memakainya. Namun tetap perhatikan rambu-rambu syari’at dalam memilihnya, yaitu harus longgar, tidak membentuk lekuk tubuh, menutup aurat secara penuh dan warna serta modelnya tidak menyolok.

3.Mulai Mengumpulkan Perlengkapan Hijab dan Busana Muslimah

Tips berhijab untuk pemula yang ketiga ini juga sangat penting yaitu berusaha mengumpulkan perlengkapan busana muslimah dan hijab yang syar’i sehingga Sahabat dapat berganti-ganti dalam memakainya. Tentunya tidak lucu kan, kalau tiba-tiba teman Sahabat ada yang bertanya mengapa busana yang Sahabat pakai itu-itu saja?

4.Tanggapi Santai Semua Komentar Teman

Saat Sahabat baru memakai busana muslimah dan hijab tentunya banyak respon dan komentar dari teman-teman Sahabat tentang model busana baru yang Sahabat pakai. Nah tanggapilah semua komentar tersebut dengan santai dan tenang, baik komentar positif maupun negatif. Untuk yang berkomentar positif, ucapkanlah terima kasih, dan kepada yang berkomentar negatif, tanggapilah dengan santai dan doakanlah mereka semoga mendapatkan hidayah sehingga wawasannya lebih terbuka.

5.Ikutilah Majelis Ilmu dan Kajian

Majelis ilmu dan kajian-kajian keislaman adalah salah satu tempat untuk mendapatkan ilmu agama dan juga pahala dari Allah SWT. Dengan mengikuti majelis ilmu seperti ini paling tidak Sahabat akan mendapatkan dua manfaat yaitu akan mendapatkan ilmu dan juga mendapatkan teman-teman baru yang juga sama-sama menggunakan busana muslimah. Dengan teman-teman baru yang sama-sama memakai busana muslimah tentunya Sahabat akan lebih nyaman.

6.Ikutilah Komunitas Pengguna Hijab

Mengikuti Komunitas pengguna hijab atau jilbab juga merupakan salah satu hal yang perlu untuk Sahabat lakukan, karena dengan bergabung Sahabat akan mengetahui tips-tips dalam berbusana muslimah, tren busana dan juga informasi lainnya. Tentunya Sahabat dapat memilih komunitas-komunitas yang sesuai dengan keinginan Sahabat, sehingga Sahabat dapat cepat menemukan teman-teman baru dan menambah wawasan keislaman.

Baca Juga:  Inilah Golongan Wanita Yang Tidak Wajib Berhijab

Demikianlah beberapa tips berhijab untuk pemula yang dapat kami tuliskan agar Sahabat dapat nyaman dan kerasan dalam memakainya, sehingga akan tetap istiqomah, Amiin.

NO COMMENTS

Leave a Reply

%d bloggers like this: