Dasar Berhijab Yang Harus Muslimah Ketahui

1
6663

Sekarang ini Alhamdulillah sudah semakin banyak wanita muslimah yang menggunakan hijab di dalam kegiatan sehari-hari mereka. Hal ini berarti syiar agama Islam sudah semakin luas dan tidak hanya pada masalah pokok ibadah saja seperti rukun Islam yaitu syahadat, sholat, zakat, puasa dan mengerjakan ibadah haji, namun juga sudah merambah kewajiban-kewajiban lainnya. Tentunya hal ini sangat menggembirakan.

Berhijab adalah salah satu ciri dari wanita muslimah yang mengikuti perintah Allah dan Rasul-Nya. Dalam berhijab ini wanita muslimah harus meniatkan hanya untuk melaksanakan perintah-Nya dan bukan untuk yang lainnya seperti karena tren saat ini yang dipakai adalah model busana mudlim, atau karena hal yang lainnya. Para wanita muslimah harus sadar dan ikhlas dalam memakai hijab ini, karena dibalik itu ada pahala yang sangat besar yang akan diberikan Allah Subhanahu Wata ‘Ala keepada para hamba-Nya yang ikhlas dalam menjalankan perintah-Nya.
Namun begitu, ternyata di sisi lain masih banyak wanita muslimah yang masih belum mengenakan hijab untuk menutupi tubuh dan auratnya, atau hanya mengenakan hijab tetapi masih belum sempurna. Selain itu ada juga yang di saat lain menggunakan hijab dengan baik, namun di saat yang lain malah berfoto selfie tanpa mengenakan hijab dan mempertontonkannya kepada orang banyak. Kondisi ini tentu sangat memprihatinkan, dan menjadikan kesan seolah-olah hijab hanyalah sebuah model pakaian yang gampang untuk diganti atau di buka tutup. Hal inilah yang harus segera diperbaiki untuk dapat lebih mendekatkan diri kepad Allah SWT dan berusaha mendapatkan ridho-Nya.

Sahabat muslimah, berhijab dengan benar tidaklah akan mengurangi penampilan dan kecantikan Anda. Justru dengan menggunakan hijab secara syar’i atau sesuai dengan syarat yan ada dalam agama Islam, akan menjadikan Anda lebih cantik dan terjaga dari segala fitnah yang akan menistakannya nanti. Kecantikan yang terjaga dan nantinya hanyalah orang yang berhak dan halal yang akan dapat melihat kecantikanmu nantinya.

Beberapa dasar yang harus sahabat muslimah ketahui mengapa diharuskan berhijab antara lain:

1. Berhijab adalah perintah Allah

Tahukah sahabat, jika berhijab adalah perintah langsung dari Allah SWT Sang Peneguasa Alam Semesta ini?
Perintah mengenakan jilbab atau hijab sebagaimana diterangkan dalam ayat,

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Ahzab: 59).

Dalam surat Al Ahzab ayat 59 ini Allah telah berfirman dan memerintahkan Rasul-Nya untuk menyuruh para wanita mukmin seluruhnya (dimana khusus isteri-isteri dan anak-anak beliau adalah karena kemuliaannya) untuk menjulurkan atau menutupkan jilbab nya ke seluruh tubuh mereka. Tujuannnya adalah agar mereka mudah dikenali dari para wanita jahiliyah dan para wanita hamba sahaya perempuan.

Demikianlah dalil yang menyatakan perintah menggunakan hijab, dan setiap perintah Allah SWT yang dilanggar akan mendapatkan dosa dan pembalasan di akhirat nanti.

2. Berhijab haruslah konsisten

Berhijab bukanlah sebuah tren atau mode yang dapat diganti-ganti dengan busana lain sesuai dengan kemauan dari si pemakai. Menggunakan hijab adalah kewajiban yang harus dilakukan dengan konsisten tanpa terpengaruh perubahan model busana yang sedang terkenal atau sedang disukai saat itu. Tidaklah diperbolehkan jika misalkan pada hari ini sahabat mengenakan hijab, dan besoknya lepas hijab, dan besoknya menganakannya lagi.

3. Selalu Menggunakan Hijab Saat Keluar Rumah

Mengenakan hijab berfungsi untuk melindungi aurat dari pandangan mata orang yang tidak diperbolehkan melihat, baik dari laki-laki non mahram ataupun wanita yang tidak diperbolehkan seperti wanita non muslim.

Dalm hal ini maka selalu pakailah hijab saat sahabat akan keluar dari rumah dalam rangka melakukan suatu keperluan. Janganlah menampakkan aurat saat keluar rumah karena di luar rumah banyak sekali lelaki non mahram yang akan melihatmu.

4. Berhijab untuk melindungi aurat, bukan pamer penampilan

Hijab berfungsi untuk menutupi aurat dari terlihat oleh pandangan orang yang bukan mahram. Hal ini tentunya akan dilakukan secara wajar dan tidaklah menampakkan pakaian yang malahan dapat menjadikan lelaki non mahram menjadi tertarik untuk memperhatikannya. Jika kita mengggunakan hijab hanya untuk memamerkan penampilan, maka hal ini justru akan menambah fitnah akan terjadi dari laki-laki non mahram.

5. Berpenampilanlah secara sederhana

Karena fungsi utama dari berhijab adalah melindungi diri dari terlihatnya aurat oleh para lelaki non mahram, maka untuk menghindarkan diri dari menjadi pusat perhatian adalah dengan mengenakan pakaian yang sederhana atau sewajarnya saja sesuai dengan acara dan tempat yang sedang sahabat ikuti. Janganlah menunjukkan penampilan yang berlebihan karena ini akan merusak tujuan utama dalam berhijab.

6. Berhijab secara syar’i

Belakanagan ini banyak sekali bermunculan model busana disebut-sebut sebagai busana muslimah, padahal jika diperhatikan dari segi syari’at busana tersebut belum bisa dikatakan sebagai busana muslimah yang menutup aurat secara penuh. Oleh karena itu, jika membeli pakaian muslimah hendaknya tetap mengedepankan syarat dalam Islam, apakah pakaian tersebut sudah menutup aurat secara syar’i ataukah belum. Janganlah hanya karena busana muslimah tersebut dibuat oleh desainer atau produsen busana yang terkenal maka kita langsung saja membelinya tanpa mempertimbangkan dari sisi syar’i.

Ada istilah berbusana muslimah yang modis, maka tetaplah sahabat pertimbangkan untuk memenuhi persyaratan berbusana muslimah syar’i terlebih dahulu, setelah sesuai dengan syarat tersebut barulah sahabat bisa mempertimbangkan faktor penampilan yang modis tadi.

7. Berlatihlah mengenakan hijab sejak dini

Cara yang paling bagus mengenalkan hijab adalah dengan melatih menggunakannya sejak dini. Hal ini akan melatih hati untuk malu jika tidak mengenakan busana hijab ini, serta akan terbiasa dengan model busana ini serta ikhlas dalam memakainya.

Pengalaman dari para orangtua yang sudah mengenalkan hijab kepada anaknya saat mereka masih berusia dini, saat besar nanti anak-anak mereka sudah tidak canggung lagi dan tidak perlu disuruh untuk mengenakan hijab. Dan justru jika mereka tidak mengenakannya, mereka akan merasa malu.

8. Pilihlah Busana Hijab dengan bijak

Dalam membeli busana muslimah ini hendaklah dilakukan dengan bijak. Sahabat dapat memilih busana yang sesuai dengan selera Anda, tapi tetaplah memperhatikan hal-hal syar’i seperti bahan yang digunakan haruslah cukup tebal dan tidak menerawang, modelnya sudah sesuai dengan syarat berbusana muslimah, harganya tidak terlalu mahal karena salah satu jalan masuk syaitan adalah dengan perbuatan boros. Selain itu juga sahabat dapat memilih warna dan model yang tidak terlalu berlebihan.

9. Teruslah memperbaiki diri

Sahabat muslimah, ciri dari seorang muslim yang taat adalah selalu berusaha untuk memperbaiki diri dimanapun dan kapanpun, karena Allah SWT menyukai orang-orang yang terus memperbaiki diri.

Dalam setiap perjalanan hidup kita pastilah masih banyak kekurangan yang ada pada diri kita. Marilah kita terus memperbaiki diri kita, jangan sombong dan tinggi hati karena merasa sudah berhijab dengan benar. Jika kita menemukan teman kita masih belum memakainya, itu adalah tugas kita untuk menasehatinya supaya ikut mengenakan hijab, bukannya menjauhinya.

Demikianlah beberapa dasar dalam berhijab yang harus diketahui oleh wanita muslimah, sehingga nantinya dalam berhijab tidaklah setengah-setangah dan terus menggunakannya secara konsisten, dengan tujuan mengamalkan agama Islam dan ingin menggapai ridha Allah SWT. Semoga bermanfaat.

1 COMMENT

Leave a Reply