Home Keluarga 5 Pilar Utama Dalam Membangun keluarga Sakinah

5 Pilar Utama Dalam Membangun keluarga Sakinah

1
13125

Keluarga sakinah adalah potret kehidupan berumah tangga ideal yang ada dalam Islam. Dalam keluarga sakinah ini fungsi dari sebuah keluarga dibangun dari hubungan suami isteri melalui sebuah pernikahan yang sesuai dengan syariat agama untuk membangun kehidupan yang bahagia, tenang serta saling memenuhi hak dan kewajiban dalam kehidupan berumah tangga yang terjadi atas dasar perasaan cinta dan kasih sayang, sesuai perintah Allah SWT.

Dalam keluarga sakinah, tujuan utamanya adalah untuk mencapai kehidupan yang sesuai dengan apa yang diperintahkan Allah dan mendapatkan ridha-Nya, sesuai dengan tuntunan yang telah dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW. Dan visi akhir dari sebuah keluarga sakinah adalah kebahagiaan dunia akhirat, dan masuk ke dalam surga.

Setiap muslim dan muslimah di dunia pastinya sangat mendambakan keluarga sakinah ini. Nah bagaimanakah cara mewujudkan keluarga sakinah ini? Dalam artikel ini akan kami coba sajikan beberapa 5 pilar utama yang harus kita lakukan untuk membangun keluarga sakinah ini, yaitu:

1. Beriman Kepada Allah SWT

Beriman dan meyakini akan kebesaran Allah SWT bagi seluruh anggota keluarga adalah pilar utama dalam rangka mewujudkan keluarga sakinah. Dengan mengimani, menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya maka akan tercipta ketenangan hati dalam berkeluarga dan juga akan timbul perasaan ketergantungan kepada Allah, tunduk pasrah dan menghindari segala hal yang dapat menyeretnya masuk ke dalam neraka. Allah dalam Al Qur’an telah berfirman yng isinya adalah orang-orang yang bisa menjaga keluarganya dari siksa api neraka adalah orang yang beriman kepada-Nya.

2. Pasangan Hidup Yang Baik

Memilih pasangan hidup yang baik merupakan hal yang sangat penting dalam berumah tangga, karena kita akan bersama-sama dalam menjalainya, dimana dalam rumah tangga pasti akan terjadi ujian yang hanya dapat dilalui oleh orang-orang yang beriman kepada Allah. Dengan memilih pasangan hidup yang baik maka akan tercipta suatu komitmen untuk membangun rumah tangga yang baik sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW.

Baca Juga:  3 Jenis Tanaman Hias yang Menambah Cantik Rumah Anda

Allah SWT berfirman dalam surat AN-Nisa ayat 1 yaitu:
يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا ﴿النساء:١﴾

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.”

Dalam surat An-Nisa ayat 1 diatas diperintahkan bagi kita agar kita bertakwa kepada Allah, dan Allah akan selalu menjaga dan mengawasi kita.

Dalam sebuah hadits Rasulullah juga memerintahkan agar kita memilih pasangan hidup yang baik karena ia akan mempengaruhi baik dan buruknya suatu keturunan nantinya.

3. Hidup dengan Saling Mencintai dan Menyayangi

Keluarga yang mana seluruh anggotanya hidup dengan saling mencintai dan menyayangi akan tercipta suatu kehidupan yang harmonis dan bahagia. Keluarga yang seperti ini tentunya sangat didambakan oleh setiap pasangan di dunia.

Allah SWT berfirman dalam surat Ar-Rum ayat 21 yaitu:
وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
Artinya : “Dan di antara ayat-ayat-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu merasa nyaman kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu mawadah dan rahmah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir” [Ar-Rum 21].

Dalam surat Ar-Rum ayat 21 diatas merupakan definisi dari keluarga sakinah. Selain itu juga sabda Nabi Muhammad SAW: “Sesungguhnya, aku adalah orang yang paling baik terhadap keluargaku dan berbuat baiklah kalian kepada keluarga kalian.”

Baca Juga:  Inilah Cara Wanita Melamar Pria Dalam Islam Secara Syar’i

4. Memberi Nafkah Untuk Keluarga Dengan Harta Yang Halal

Mencari nafkah juga merupakan salah satu pilar dalam mewujudkan kehidupan berumah tangga yang baik. Dengan memberikan nafkah kepada keluarga dengan harta yang halal maka akan memberikan ketenangan dan kedamaian. Selain itu juga akan berdapmpak kebaikan bagi seluruh anggota keluarga yang memakannya.

Allah telah memerintahkan kita untuk mencari harta yang halal, “Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.”

5. Memberikan Pendidikan Yang Baik Kepada Anak

Anak adalah aset kita di akhirat nanti. Dengan memberikan pendidikan agama yang baik dan sesuai dengan apa yang sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai panutan kita.

Untuk mewujudkan keluarga yang sakinah sudah seharusnya pendidikan anak menjadi prioritas, kenalkan anak pada Rabb Yang Maha Mulia. Agar anak belajar mencintai Rabb yang telah menciptakannya.

Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya, Allah akan menanyakan kepada setiap orang tentang keturunannya.”

Penutup

Demikianlah sahabat muslimah 5 pilar utama dalam membangun keluarga sakinah. Memang masih banyak lagi hal-hal pendukung dalam mewujudkan keluarga sakinah ini, namun sebagai dasarnya jika kelima hal tersebut diatas dijalankan dengan sungguh-sungguh maka insha Allah akan tercipta kelurga sakinah ini. Dan yang paling penting adalah selalu bersungguh-sungguh untuk mendekatkan diri kepada Allah Sang Pencipta, agar Allah memperkenankan semua keinginan kita. Aamiin.

1 COMMENT

  1. sangat informatif sekali isi artikel di atas. Betul adanya, dimana Islam memberikan konsep keluarga sakinah yang tujuannya tidak lain dan tidak bukan hanya untuk menjaga keharmonisan keluarga yang kita jalani.

    Pernikahan yang dibentuk secara konsepsional, tentunya akan menjadi keluarga yang harmonis dan menjadi idaman setiap manusia yang menjalani hidup berumah tangga di dunia ini. Dan tentunya akan sangat perlu sekali kita memahami pilar atau konsep keluarga sakinah menurut pandangan Islam. Dengan memahami konsep keluarga sakinah, tentunya kita juga akan tahu kemana kita akan mengarahkan tujuan keluarga yang dibangun untuk kedepannya.

    salam kenal,

Leave a Reply

%d bloggers like this: