Tips Mencuci Busana Gamis Jersey Agar Awet

0
2198

Sahabat muslimah, jersey merupakan bahan kaos yang sangat lentur dan fleksibel, sehingga jika ditarik dapat mencapai 4-7 kali panjang bahan aslinya. Banyak yang suka dengan gamis syar’i dari bahan jersey ini, apalagi jenis jersey korea atau super yang terkenal lebih tebal, adem dan nyaman dipakai, namun ada yang pelru diketahui bahwa gamis dari jenis jersey ini memerlukan perawatan khusus terutama pada waktu mencucinya, agar busana muslimah ini menjadi awet dan tidak lekas rusak atau berlubang.

Dalam artikel kali ini akan kami berikan beberapa tips cara mencuci busana gamis dari bahan jersey sehingga awet dan warnanya juga tidak cepat pudar. Sayang kan jika sudah beli gamis jersey berkualitas dengan harga yang lumayan tetapi beberapa kali pakai ternyata warnanya pudar, atau bahannya jadi rusak. Memang ada kalanya hal itu disebabkan karena kualitas bahannya yang tidak bagus, tetapi faktor lain yang ikut mempengaruhi keawetan dari busana jenis ini adalah cara mencuci dan merawatnya.

tips-mencuci-gamis-bahan-jersey
tips-mencuci-gamis-bahan-jersey. image: internet

Berikut ini adalah tips dan cara mencuci busana gamis bahan jersey yang mudah untuk Anda lakukan:

  • Pisahkan gamis bahan jersey dari pakaian yang sangat kotor dengan noda misalkan lumpur atau tinta saat merendam. Hal ini karena jika mencampurkan pakaian yang sangat kotor dengan pakaian yang hanya terkena keringat, maka kotoran akan ikut terserap ke pakaian yang hanya terkena keringat, sehingga hasilnya jadi ikut kotor.
  • Pisahkan juga pakaian berwarna putih atau warna terang dengan warna tua atau gelap. Karena dikhawatirkan pakaian dengan warna tua akan luntur dan mengenai pakaian yang lain.
  • Rendamlah jangan melebihi 1 jam, karena endapan dari deterjen dapat masuk ke serat baju gamis yang mengakibatkan pakaian jadi pudar warnanya.
  • Cucilah dengan cara dikucek dengan tangan, jangan disikat menggunakan sikat yang kasar karena serat kaos dan jersey lebih lunak dan dapat rusak. Waktu memeras baju juga jangan terlalu keras.
  • Saat menjemur, baliklah gamis jersey sehingga bagian dalam ada diluar. Hal ini untuk menjaga warna kain awet dan tidak cepat pudar.
  • Jemurlah di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung. Cukup angin-anginkan supaya warna tidak cepat pudar.
Baca Juga:  Bahan Wolly Crepe, Kelebihan dan Cirinya yang Harus Sahabat Ketahui

Demikian beberapa tips dalam mencuci busana muslim terutama gamis jersey syar’i. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply