Inilah Bahan Kain Baby Terry, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Serta Penggunaannya

Bahan Baby Terry – Hai sahabat muslimah, apakah sahabat mengetahui apa yang dimaksud dengan bahan kain Baby Terry? Kain ini merupakan bahan yang sudah umum dipakai dalam beberapa jenis produk pakaian lho. Sesuai dengan sifatnya yang agak tebal dan hangat, bahan kain ini banyak dipakai untuk membuat pakaian hangat seperti jaket, sweater, syal, kaos lengan panjang dan lainnya.

Pengertian Bahan Baby Terry

Nah sebelum melangkah lebih jauh maka pertama kali yang kita bahas dalam artikel ini adalah pengertian dari bahan Baby Terry ini sendiri. Bahan Baby Terry adalah salah satu jenis kain yang mempunyai pola tertentu yang lebih dikenal dengan istilah loop atau looped texture. Pola ini bisa saja terdapat pada salah satu sisi atau bisa juga dikedua sisi permukaan kainnya. Loop atau looped texture sendiri adalah jenis pola tenunan atau anyaman benang yang apabila sahabat amati dengan teliti maka akan nampak seperti pola bulat, lingkaran, atau cincin-cincin kecil dipermukaan kainnya.

Bahan kain ini terbuat dari serat kapas sehingga mempunyai ciri dan tekstur yang berbeda dengan jenis bahan kain lainnya. Perbedaannya adalah terletak pada teksturnya yang sangat lembut sehingga akan nyaman dipakai. Selain itu bahan Baby Terry ini mempunyai kelebihan yaitu tidak membuat iritasi pada kulit sehingga aman dipakai baik oleh bayi sampai dengan orang dewasa. Selain dikenal dengan nama baby terry, orang banyak mengatakannya dengan istilah bahan baby tray, tray saja atau juga terry saja. Namun intinya sama saja.

Jika dilihat dari sejarahnya, bahan baby terry pada awalnya digunakan sebagai bahan handuk. Hal ini karena karakteristiknya yang memang halus, tebal (pada awal sejarah pembuatannya) dan mempunyai daya serap yang tinggi. Namun seiring dengan kemajuan teknologi maka bahan ini sekarang dapat kita jumpai di berbagai jenis pakaian terutama pakaian hangat seperti hoodie, sweater, jaket, handuk, keset, bahan pelapis sandal, kain lap dan peralatan lainnya yang membutuhkan daya serap cairan yang tinggi.

bahan baby terry abu
bahan baby terry abu. image: internet

Namun untuk bahan baby terry yang digunakan pada handuk, keset dan lap jenisnya berbeda dengan bahan baby terry yang dipakai untuk pembuatan pakaian. Pada handuk, keset dan lap, pola loop atau looped texture berada di kedua sisi sehingga jika dilihat maka kedua sisi akan terlihat sama. Sedangkan pada pakaian, bahan yang digunakan biasanya adalah bahan baby terry dengan satu sisi pola loop. Sahabat akan melihat antara sisi dalam dan sisi luar akan berbeda polanya. Di bagian luar bahan kain baby terry akan terlihat mirip dengan sisi luar dari bahan kain kaos jersey double knitted, yang membedakannya adalah bahan baby terry lebih lentur dibandingkan dengan kain double knitted jersey. Sedangkan pada rajutan sisi dalam bahan ini terlihat seperti bulatan-bulatan.

Penggunaan utama dari bahan baby terry adalah bahan kain baby terry memberikan efek rasa hangat dan nyaman ketika dipakai. Hal ini terjadi karena bulu-bulu yang halus dan lembut di balik kain berfungsi untuk melindungi suhu tubuh, sehingga para pemakainya akan tetap merasa hangat walau pada udara yang dingin.

Karakteristik dan Ciri-ciri Bahan Baby Terry

Bahan ini akan mudah sahabat kenal dengan ciri-ciri dan karakteristik yang antara lain adalah:

bahan baby terry maroon
bahan baby terry maroon
  • Mempunyai tekstur yang lembut dan halus. Walaupun demikian bahan ini tidak berbulu, dan kalaupun ada maka hanya berupa bulu-bulu halus saja.
  • Walaupun agak tebal namun bahan ini ringan sehingga tetap nyaman dipakai.
  • Mempunyai daya serap cairan yang tinggi
  • Memberikan rasa hangat pada pemakainya, namun tidak akanmembuatnya gerah.
  • Bahan ini mampu menahan suhu tubuh si pemakai sehingga sangat baik digunakan pada musim dingin dimana suhu badan biasanya cepat terserap lingkungan yang dingin sehingga tubuh akan kedinginan.
  • Ada berbagai macam pilihan ketebalan, mulai dari yang tebal untuk handuk ataupun baju hangat sampai dengan bahan baby terry tipis yang banyak dipakai untuk membuat kaos.
  • Bahan ini lebih lentur bila dibandingkan dengan bahan jersey.
  • Bahan kain ini mempunyai rajutan ganda. Perbedaannya, bahan babyterry ini lebih lentur dibandingkan dengan bahan jersey double knitter tersebut.
  • Rajutan bagian dalam bahan baby terry akan terlihat seperti bulatan-bulatan.
  • Pada bagian perut bahan babyterry terdapat semacam rongga kecil yang berfungsi meningkatkan daya serap bahan ini. Hal ini terjadi karena rongga kecil tersebut seolah memperluas permukaan bahan.
  • Beberapa bahan babyterry mirip seperti kaos, namun sedikit lebih tebal.
Baca Juga:  Bahan Kain Monalisa, Inilah Kelebihan dan Kekurangannya serta Penggunaannya

Kelebihan dari Bahan Baby Terry

Setelah mengetahui pengertian dan juga karakteristik dari bahan baby terry, maka yang harus sahabat ketahui adalah kelebihannya. Hal ini akan berguna saat sahabat ingin membuat pakaian atau sedang memilih pakaian di toko, ternyata menjumpai model pakaian dari bahan baby terry ini. Dengan memiliki gambaran yang pas maka sahabat akan lebih mudah dalam menentukan pilihan yang tepat. Kelebihan dari bahan baby terry antara lain:

1. Bahan ini mempunyai tekstur yang lembut dan halus

handuk bahan baby terry
handuk bahan baby terry. image: navdeeptextiles.in

Sahabat tentunya mengetahui jika pakaian bayi sebagian besar menggunakan bahan pakaian jenis baby terry. Hal ini karena bayi mempunyai kulit yang sensitif dan sangat lembut sehingga membutuhkan pakaian dengan bahan yang halus dan lembut agar tetap menjaga kulit bayi tetap lembut dan sehat. Nah bahan nilah yang akhirnya dinamakan dengan sebutan baby terry karena banyak dipakai menjadi pakaian bayi. Padahal menurut informasi ada juga yang hanya menamakan bahan ini dengan sebutan bahan terry saja, tanpa ada kata baby. Namun selain banyak digunakan untuk pakaian bayi, bahan ini juga tetap banyak dipakai sebagai bahan pakaian oleh orang dewasa. Tentu saja, siapa sih yang tidak mau memakai pakaian dari bahan yang halus dan lembut?

2. Memberikan Rasa Hangat Pada Pemakainya

Kelebihan berikutnya dari bahan kain baby terry atau babyterry adalah memberikan rasa hangat pada pemakainya. Hal ini karena adanya bulu-bulu yang halus dibaliknya, dimana bulu-bulu inilah yang nantinya akan membantu menahan suhu tubuh sehingga pemakainya bisa merasa hangat.
Namun walaupun bahan ini bisa menghangatkan badan, akan tetapi keistimewaan pada bahan ini adalah tidak akan membuat pemakainya kegerahan.

3. Menyerap keringat

Kelebihan ketiga dari bahan kain baby terry adalah bahan ini sangat menyerap keringat. Jika sahabat muslimah mempunyai masalah dengan keringat yang berlebihan yang bisa menyebabkan bau badan, sahabat tentu akan disarankan untuk menggunakan pakaian yang bahannya bisa menyerap keringat dengan baik bukan?
Nah bahan baby terry cocok ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk sahabat pilih karena bahan ini memiliki kemampuan tersebut. Kemampuan bahan babyterry dalam menyerap keringat ini terjadi karena adanya rongga kecil pada bahan ini seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

4. Harganya yan Relatif Terjangkau

Poin berikutnya yang patut untuk sahabat pertimbangkan dalam memilih bahan pakaian adlah masalah harga. Setelah mengetahui bahan yang cocok dengan keinginan, hal lain yang sama pentingnya adalah apakah bahan tersebut mahal atau murah?

Baca Juga:  Jilbab, Benarkah Hanya Sekedar Penutup Rambut Kepala Saja?

Bahan baby terry ini dijual secara luas dengan harga yang relative terjangkau di kantong. Sahabat muslimah juga dapat dengan mudah menemukannya di berbagai toko kain offline maupun membelinya secara online di internet.

5. Banyak Pilihan Warna

Semakin banyak pilihan warna dan kualitasnya maka akan semakin mudah bagi sahabat untuk memilih bahan pakaian yang sesuai dengan keinginan. Nah pada bahan baby terry juga demikian, sahabat dapat memilih berbagai pilihan warna kesukaan dan juga memilih ketebalan dan kualitas bahan sesuai dengan keinginan. Namun semakin baik kualitasnya maka harganya juga akan semakin mahal.

Kekurangan Dari Bahan baby Terry

Setelah membahas kelebihannya maka sekarang saatnya membahas kekurangan dari bahan baby terry ini. Sebagai bahan pakaian yang terbuat dari serat kapas alami maka tentu ada beberapa kekurangan yang terbawa antara lain:

1. Kurang Tahan Lama

Kekurangan pertama adalah tidak tahan lama atau tidk awet. Hal ini karena karakteristik dari bahan baby terry yang memang tidak terlalu rapat dan juga asal bahan pembuatnya yaitu kapas. Untuk mengurangi kekurangan yang satu ini maka sahabat dapat menjaganya dengan lebih berhati-hati pada saat mencucinya. Untuk memperlama umur pakaian dengan bahan baby terry, sahabat sebaiknya mencucinya dengan tangan, bukan mesin cuci. Ahabat dapat menguceknya dengan perlahan-lahan pada bagian yang kotor serta membilasnya dengan air dingin, kemudian menjemurnya tanpa terkena sinar matahari langsung.

2. Mudah Berubah Bentuk

Sesuai dengan karakteristik bahan ini pada poin pertama dimana teksturnya yang tidak rapat, bahan ini mudah melar sehingga mudah berubah bentuk dan menjadi tidak bagus dipandang mata. Cara menghindarinya adalah dengan berhati-hati saat mencucinya, sama dengan poin pertama diatas.

3.Kualitas Dibawah Bahan Cotton Fleece

Selain bahan baby terry yang banyak digunakan untuk membuat pakaian hangat, ada bahan lain lagi yang lebih bagus yaitu bahan cotton fleece. Bahan ini lebih tebal dan lebih menjaga suhu badan pemakainya agar tetap hangat. Oleh karena itu di pasaran biasanya ada dua bahan yang biasa digunakan untuk membuat jaket atau sweater yaitu bahan baby terry dan bahan cotton fleece. Sahabat tinggal memilih saja bahan apa yang lebih cocok dipakai oleh sahabat.

4. Faktor Harga

Bahan baby terry dibuat dari bahan kapas alami sehingga membutuhkan biaya pembuatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan pakaian dari serat sintetis. Oleh karena itu jika dibandingkan dengan bahan pakaian yang dibuat dari serat sintetis, bahan baby terry cenderung lebh mahal. Namun jika dibandingkan dengan bahan lainnya yang sama-sama dibuat dari bahan serat alami, bahan ini masih relative lebih murah. Oleh karena itu, tinggal sahabat saja mau meilih jenis bahan apa yang cocok dengan kebutuhannya.

Penggunaan Bahan Baby Terry

Pada waktu awal ditemukannya bahan ini, penggunaan bahan kain baby terry hanya terbatas sebagai bahan handuk dan keset saja, namun seiring dengan perkembangan teknologi dimana pengembangan dari bahan ini yang lebih nyaman dan soft jika dipakai sebagai bahan pakaian, maka sekarang ini banyak jenis pakaian yang dibuat dari bahan ini seperti jaket, sweater, hoodie, dan lainnya.

Penutup

Nah demikianlah sahabat muslimah, pengertian dari bahan baby terry, karakteristik dan ciri-ciri, kelebihan, kekurangan dan penggunaanya. Semoga dapat menambah wawasan sahabat di bidang bahan kain sehingga dapat lebih mudah dalam memilih bahan kain yang akan digunakan sesuai dengan karakteristiknya. Semoga bermanfaat.

diolah dari berbagai sumber

Leave a Reply