Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan – Insya Allah, tidak lama lagi bulan Ramadhan akan segera menyapa. Ada banyak sekali pahala di bulan penuh kemuliaan ini. Semua kebaikan yang dilakukan  pada bulan Ramadhan insya Allah akan diberi ganjaran pahala berlipat ganda.

Memang bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Namun selama ini banyak diantara kita yang hanya mempersiapkan kedatangan bulan ini dengan lebih menekankan kepada hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting, seperti persiapan baju dan peralatan sholat yang baru yang aka dipakai di hari raya, menyiapkan makanan dan minuman untuk berbuka puasa, serta hal lainnya. Padahal banyak sekali hal lain yang lebih penting dan banyak amal pahala yang akan kita dapatkan, serta keuntungan lainnya seperti meningkatnya kualitas kesehatan saat berpuasa ini.

Manfaat Puasa Untuk kesehatan

Sahabat muslimah tentunya sudah mengetahui manfaat puasa untuk kesehatan badan kita. Selain obral pahala, puasa di bulan Ramadhan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya adalah:

manfaat puasa untuk kesehatan badan

1. Puasa mengistirahatkan semua organ tubuh

Selama 11 bulan, organ tubuh kita terus bergerak; usus terus menggiling makanan, lambung juga terus bekerja, ginjal juga demikian. Tentunya organ tubuh yang terus menerus bekerja juga mengalami keletihan, dan butuh istirahat supaya setelahnya bisa bekerja dengan lebih optimal.Disinilah kita akan mendapatkan manfaat puasa untuk kesehatan seluruh organ tubuh kita.

2. Menghilangkan stress

Puasa bisa menekan amarah karena kondisi perut yang lapar membuat kita kehilangan energi untuk marah.

3. Mengurangi radang sendi

Menurut penelitian, puasa bisa membuat nyeri radang sendi membaik. Kenapa bisa terjadi? Karena ada satu sel bernama netrofil yang meningkat pada saat berpuasa, dan netrofil ini berfungsi untuk menetralkan racun.

Baca Juga:  Sahabat, Inilah Tips Perawatan Kulit Yang Bermasalah

4. Melindungi otot

Puasa akan membuat otot kita menjadi kuat. Karena pada saat puasa, tubuh akan menghasilkan hormon pertumbuhan yang bernama Human Growth Hormone. Hormon ini berfungsi untuk melindungi otot.

5. Menurunkan kolesterol

Puasa sangat bagus untuk penderita kolesterol tinggi. Pada saat puasa, asupan makanan yang mengandung lemak dan gorengan otomatis akan jauh berkurang dibanding hari biasa. Secara tidak langsung, proses detoksifikasi juga berjalan, dan hasilnya tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Demikian sedikit ulasan mengenai manfaat puasa untuk kesehatan badan terutama disaat tubuh sedang menjalankan ibadah puasa. Sebelum datang bulan Ramadhan, yuk persiapkan dengan baik supaya kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan kondisi kesehatan tubuh yang prima.

Leave a Reply