3 Jenis Tanaman Hias yang Menambah Cantik Rumah Anda

Berkebun, selain menyenangkan dan menyehatkan juga memiliki nilai tambah yang lainnya, yakni mempercantik halaman rumah Anda.

Pemilihan jenis tanaman yang tepat akan nampak serasi dan selaras dengan konsep rumah hunian Anda.

Lalu, jenis tanaman hias apa saja yang bisa dipilih untuk mempercantik dan menambah kesegaran rumah? Berikut pembahasannya.

1. Succulent

succulent-mix

succulent-pot

succulent-ungu

Succulent adalah tanaman yang memiliki timbunan air di dalam batang, daun maupun akarnya yang menyebabkan tampilan dari tanaman hias yang satu ini nampak lebih gemuk dan unik dari tanaman lainnya.

Succulent memiliki aneka macam jenis, di Indonesia, orang lebih familiar dengan kaktus. Ya, kaktus adalah salah satu jenis tanaman succulent. Namun, tidak semua succulent berjenis kaktus, ada banyak pilihan jenis succulent yang lainnya. Beberapa jenis yang sudah populer lebih dulu di Indonesia adalah adenium, jathropa, aloe, euphorbia, pachypodium, dan cyphostemma.

Tanaman hias succulent memiliki bentuk daun seperti lidi, silindris untuk mengurangi penguapan dan bahkan ada juga yang tidak memiliki daun. Secara umum, tanaman succulent memiliki permukaan batang yang dilapisi semacam lilin yang berfungsi untuk mempertahankan persediaan air.

2. Tanaman Lidah Mertua

lidah-mertua-1
tanaman lidah mertua untuk hiasan rumah

Tanaman Lidah Mertua selain memiliki tampilan yang cantik dan artistik, ternyata tanaman ini juga memiliki fungsi sebagai penyerap polusi dan radiasi. Tanaman yang memiliki nama latin Sansevieria trifasciata ini memiliki dua jenis; yakni lidah mertua berdaun pendek dan lidah mertu aberdaun panjang. Lidah mertua berduan panjang memiliki panjang daun mencapai 70cm, sedangkan untuk yang berdaun pendek hanya sekitar 7cm saja.

lidah-mertua-2
lidah mertua mempunyai motif unik dan menarik untuk hiasan rumah Anda

Motif yang unik dan artistik dimiliki oleh tanaman yang satu ini, diantaranya motif vertikal, zigzag, horisontal, maupun kombinasi di antara ketiganya dengan warna bervariasi antara hijau, abu-abu, perak dan kuning.

Baca Juga:  Para Wanita Shalihah di Surga, Siapakah Suaminya?

Keluarga Sanseivera ini bisa menjadi pilihan tanaman hias yang tepat, karena selain ditanam di pekarangan rumah, tanaman ini juga bisa diajak masuk sebagai tanaman indoor untuk mempercantik sudut-sudut ruangan sekaligus sebagai pembersih racun dan polutan serta mengurangi resiko radiasi, di antaranya radiasi layar monitor dan wifi yang paling sering kita jumpai di dalam rumah-rumah.

3. Anggrek Hias

anggrek-hias-1

anggrek-hias-2

Tanaman anggrek hias, Orchidaceae, memiliki jenis bunga yang sangat bervariasi dan indah, mudah dipelihara dan tahan lama. Pola pertumbuhan tanaman jenis ini bersifat simpodial, yakni ujung batang memiliki pertumbuhan yang terbatas. Batang tanaman akan terus tumbuh sampai mencapai batas maksimum, yang kemudian akan dilanjutkan oleh anakan baru yang akan tumbuh di samping indukannya.

anggrek-hias-3Merawat tanaman anggrek hias terhitung mudah bila tahu caranya. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perawatan tanaman anggrek hias diantaranya adalah, intensitas cahaya matahari yang cukup, ventilasi udara yang bagus (bila tanaman diletakkan di dalam ruangan), penyiraman yang cukup (tidak berlebihan dan juga tidak kurang) anda bisa melakukan penyiraman dua hari sekali, dan kecepatan penaggulangan hama. Bila sudah diketahui terdapat hama penyakit yang menjangkiti tanaman ini segera semprotkan fungisida satu minggu sekali pada sore hari sesuai dosis obat yang digunakan.

 

Leave a Reply