Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home Busana Muslimah Tips Merawat Busana Muslim Berbahan Katun Toyobo

Tips Merawat Busana Muslim Berbahan Katun Toyobo

Sahabat muslimah, kembali lagi kita dalam artikel yang berisi cara dan tips merawat busana muslim berbahan katun Toyobo. Bahan kain katun jenis ini memang super sekali ya, dengan segudang keunggulan yang sangat cocok untuk dibuat sebagai busana muslimah seperti baju gamis syar’I, jilbab atau hijab, rok, blouse maupun pakaian lainnya. Nah bagi sahabat muslimah yang masih belum mengenal jenis bahan ini, silahkan baca artikel kami sebelumnya tentang Bahan Kain Katun Toyobo, Karakteristik , Kelebihan dan Kekurangan serta Harganya.

merawat busana muslim berbahan katun toyobo
merawat busana muslim berbahan katun toyobo. image: fimadani

Nah setelah sahabat mengenal bahan kain katun jenis Toyobo ini dan memiliki busana yang berasal dari kain ini, sekarang saatnya sahabat mengerti bagaimana cara merawat bahan kain katun Toyobo ini agar awet dan tidak mudah rusak. Memang sudah seharusnya kita menjaga segala barang milik kita dan melakukan perawatan dengan benar agar barang tersebut bisa bertahan lama dan berfungsi sesuai dengan kebutuhan secara normal. Begitu pula dengan busana yang kita punyai dan sering kita pakai. Busana selain menutup aurat kita sehingga tidak terlihat oleh orang lain yang bukan mahram, juga dapat menjadi penilaian orang lain terhadap kita.

Sebagai contoh saja, Sahabat tentu akan membandingkan walaupun dalam hati jika melihat ada dua anak sekolah yang berjalan bersama, dimana satunya memakai baju seragam yang rapid an terlihat bersih, sedangkan satunya memakai baju seragam yang kusut dan seperti tidak terawat. Sahabat lebih menyukai yang mana? Tentunya akan lebih menyukai anak yang menggunakan seragam rapid an terawat. Begitu juga dengan kita sendiri, tentu akan lebih nyaman jika memakai busana yang rapi terawat. Oleh karena itu perawatan yang benar sangat dibutuhkan untuk menjaga pakaian kita agar tetap bersih, rapi dan tidak mudah rusak. Apalagi jika dilihat dari faktor  harga busana yang mahal tentu kita akan lebih berhati-hati dalam memakai dan membersihkannya. Jika dilihat busana yang kita pakai merupakan busana muslimah syar’I yang secara umum menggunakan bahan kain yang lebih banyak dibanding busana lainnya, otomatis harga jualnya juga semakin mahal.

Tips Merawat Busana Muslim Berbahan Katun Toyobo

Berikut ini adalah beberapa tips yang mesti sahabat muslimah ketahui untuk menjaga dan merawat busana muslimah seperti baju gamis syar’I, jilbab atau hijab, blouse, rok dan jenis pakaian lainnya agar bisa awet dan tahan lama serta warnanya tidak cepat pudar. Tipsnya antara lain adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  Tips dan Cara Mudah Merawat Gamis Bahan Wolfis
Tips Merawat Busana Muslim Berbahan Katun Toyobo
Tips Merawat Busana Muslim Berbahan Katun Toyobo. image: molto.co.id
  1. Pergunakan jasa laundry yang terpercaya

Tips pertama ini adalah tips yang paling simple karena sahabat tidak butuh melakukan perawatan sendiri terutama untuk mencuci dan juga menyeteikanya. Tips ini sangat cocok dipakai untuk sahabat yang memang mempunyai segudang kegiatan harian baik di dalam maupun diluar rumah. Sahabat tinggal menelpon jasa laundry langanan yang sudah dipercaya, kemudian mereka yang akan mencuci dan menyeterika busana kita secara professional dan hasilnya juga kita akan mendapatkan pakaian yang bersih, wangi dan rapi. Kita tinggal menyimpannya saja di lemari pakaian kita.

  1. Mencuci Pakaian Berbahan Katun Toyobo

Nah jika sahabat muslimah mencuci sendiri baju dan pakaian di rumah, maka untuk busana yang berbahan katun Toyobo sebaiknya pergunakan deterjen secukupnya dan jangan terlalu banyak. Karena kalau terlalu banyak nanti malah lebih susah membilasnya agar deterjen bisa hilang dari baju kita. Selain itu lebih baik sahabat menggunakan deterjen dengan jenis soft karena akan lebih ramah di pakaian, hasilnya pakaian tetap awet dan serat kainnya tidak koyak atau rusak.

Untuk pencucian dengan manual atau dengan menggunakan tangan maka sahabat tinggal mengucek pakaian dengan bahan katun toyobo ini dengan tenaga kucek yang disesuaikan dengan tingkat kotoran yang menempel  pada kain. Hal ini jauh lebih baik karena sahabat akan lebih mudah untuk membersihkan lokasi dimana ada kotoran yang menempel .

Jika sahabat muslimah mencuci dengan menggunakan mesin cuci, maka akan lebih baik jika sahabat menggunakan mesin cuci dengan jenis bukaan depan atau front loader. Mesin cuci jenis ini lebih bagus karena tidak akan ada pakaian yang terlilit di dalamnya dibandingkan dengan sahabat yang menggunakan mesin cuci dengan bukaan atas. Tapi ya memang mesin cuci dengan bukaan depan harganya jauh lebih mahal.

  1. Cara menjemur

Setelah mencuci, tips merawat busana muslim berbahan katun toyobo selanjutnya adalah menjemur. Cara menjemur busana muslimah seperti baju gamis syar’I dan sejenisnya yang terbuat dari bahan katun Toyobo ini adalah dengan tidak menjemur langsung di bawah terik sinar matahari. Sahabat bisa menjemur nya dengan cara diangin-anginkan saja di bawah tempat yang terlindung. Hal ini karena warna yang terdapat pada kain akan lebih mudah kusam dan pudar jika terkena panas matahari.

  1. Cara Menyeterika

Untuk menyeterika pakaian dengan bahan katun Toyobo ini sebenarnya tidak terlalu susah karena mirip dengan bahan katun lainnya yang terbuat dari serat kapas alami. Sahabat tinggal mengatur tingkat panas sedang agar serat kain tidak rusak atau terbakar.

  1. Cara Menyimpan

Busana muslim seperti baju gamis syar’I, jilbab, blouse maupun rok dan lainnya yang terbuat dari bahan katun toyobo harus disimpan dengan  benar agar awet tdan tidak mudah rusak. Setelah diseterika maka tibalah saatnya sahabat menyimpan pakaian tersebut agar tetap rapi dan bersih.

Baca Juga:  Tutorial Cara Memakai Jilbab Segi Empat Polos Cantik dan Simpel

Untuk menyimpannya sahabat dapat menggantungnya pada hanger atau gantungan pakaian yang kemudian dimasukkan ke dalam lemari pakaian, atau bisa juga dengan cara dilipat dan ditumpuk dengan pakaian lain dan dimasukkan ke dalam lemari. Yang paling penting adalah kondisi kelembaban dalam lemari yang harus kering dan bersih dan terlindung dari binatang-binatang yang dapat merusak pakaian seperti kecoak, semut dan rayap. Jika pakaian disimpan dengan cara dilipat dan ditumpuk, sahabat dapat memilih  pakaian yang sering dipakai untuk diletakkan di tumpukan bagian atas, sedangkan untuk pakaian yang jarang sekali dipakai ditaruh pada tumpukan bagian bawah. Hal ini akan memudahkan sahabat saat mengambil pakaian pada saat akan dipergunakan. Dengan menempatkan pakaian yang sering dipakai di tumpukan bagian atas maka sahabat akan mudah untuk mengambilnya tanpa perlu menyentuh pakaian lainnya pada tumpukan yang sama.

contoh gamis syar'i bahan katun toyobo
contoh gamis syar’i bahan katun toyobo. image: tokopedia

Demikianlah tips merawat busana muslim berbahan katun toyobo yang dapat kami sampaikan pada artikel ini. Semoga dapat memberikan wawasan pada kita semua terutama dalam hal merawat busana agar tidak mudah rusak dan kusam serta bisa awet. Semoga bermanfaat.

 

 

NO COMMENTS

Leave a Reply

%d bloggers like this: