Jadilah Wanita Sholihah , Tidak Susah Kok!

Menjadi wanita sholihah adalah idaman bagi setiap wanita muslimah, karena Allah SWT sudah menjanjikan surga sebagai balasannya di akhirat kelak. Namun banyak juga yang masih menganggap bahwa menjadi wanita itu lebih susah dibandingkan dari laki-laki, apalagi menjadi wanita sholehah. Hal ini karena banyak yang melihat berbagai alasan dan aturan yang biasa terjadi pada wanita.

Alasan Beratnya Beban Menjadi Wanita

Beberapa alasan yang sering dikeluhkan oleh para wanita adalah beratnya beban yang mesti dipikul, dengan membandingkannya dengan laki-laki antara lain sebagi berikut:

  • Wanita auratnya lebih susah dijaga dibanding lelaki.
  • Wanita menerima warisan lebih sedikit dari pada lelaki.
  • Wanita perlu minta ijin dari suami apabila mau keluar rumah tetapi tidak sebaliknya.
  • Wanita kekuatan persaksiannya (apabila menjadi saksi) kurang berbanding lelaki.
  • Wanita kurang nyaman dalam beribadat karena adanya masalah haid dan nifas.
  • Wanita perlu menghadapi kesusahan mengandung dan melahirkan anak
  • Wanita wajib taat kepada suaminya, sementara suami tak perlu taat pada istrinya.
  • Talak terletak di tangan suami dan bukan istri.

Memang benar faktor-faktor diatas hanya ada pada wanita, namun pernahkah Sahabat memikirkan akan kelebihan yang diberikan Allah SWT kepada kaum wanita ini? Allah SWT bahkan memberikan keistimewaan-keistimewaan yang tidak ada pada laki-laki, dan memberikannya khusus pada wanita.

Keistimewaan Yang Diberikan Allah SWT Hanya Kepada Kaum Wanita

keistimewaan wanita muslimah
keistimewaan wanita muslimah

Jika poin-poin diatas Sahabat muslimah baca maka memang akan terasa berat sekali beban yang mesti dipanggul oleh kaum wanita. Namun, cobalah sejenak menungkan poin-poin dibawah ini sebagai perbandingan, maka insya Allah Sahabat akan merasa bahwa beban berat tersebut ada makna yang terkandung didalamnya. Keistimewaan para wanita dibandingkan dengan laki-laki adalah sebagai berikut:

  • Wanita itu ibarat sebuah benda yang mahal harganya. Benda yang mahal dan istimewa akan selalu dijaga dan dibelai serta disimpan di tempat yang teraman dan terbaik. Sudah pasti itulah intan permata bandingannya dengan seorang wanita.
  • Wanita perlu taat kepada suami, tetapi tahukah lelaki wajib taat kepada ibunya tiga kali lebih utama daripada kepada Bapaknya? Ibunya tentu juga seorang wanita.
  • Wanita menerima warisan lebih sedikit daripada lelaki, tetapi tahukah bahwa harta itu akan menjadi miliknya dan tidak perlu diserahkan kepada suami? Sementara suami apabila menerima warisan ia wajib juga menggunakan hartanya untuk istri dan anak-anaknya?
  • Wanita perlu bersusah payah mengandung dan melahirkan anak, tetapi tahukah bahwa setiap saat dia didoakan oleh segala mahluk, malaikat dan seluruh mahluk Allah dimuka bumi ini, dan tahukah jika ia meninggal karena melahirkan adalah syahid dan surga menantinya?
  • Di akhirat kelak, seorang lelaki akan dipertanggung jawabkan terhadap empat wanita, yaitu: istrinya, ibunya, anak perempuannya dan saudara perempuannya. Artinya, bagi seorang wanita tanggung jawab terhadapnya ditanggung oleh empat orang lelaki, yaitu: suaminya, ayahnya, anak lelakinya dan saudara lelakinya.
  • Seorang wanita boleh memasuki pintu syurga melalui pintu mana saja yang disukainya cukup dengan empat syarat saja, yaitu: shalat lima waktu, puasa di bulan Ramadhan, taat kepada suaminya dan menjaga kehormatannya.
  • Seorang lelaki wajib berjihad di jalan Allah, sementara bagi wanita jika taat kepada suami serta menunaikan tanggung jawabnya kepada Allah Azza Wa Jalla, maka ia akan turut menerima pahala setara seperti pahala orang pergi berjihad di jalan Allah tanpa perlu mengangkat senjata.
Baca Juga:  Darah Istihadhah Pada Wanita, Pengertian dan Jenisnya

Demikianlah keistimewaan yang diberikan kepada wanita muslimah, sangat banyak dibandingkan dengan kesusahan dan berat tanggung jawab yang diembannya. Jadi sahabat, jadilah wanita muslimah sholehah, tetap bersemangat dan berniat karena Allah SWT, insya Allah semua beban akan terasa lebih ringan saat dijalani. Semoga kita termasuk hamba-hamba-Nya yang bertakwa, amiin… (islampos)

Leave a Reply