Inilah Jenis-Jenis Kain Sifon Yang Sahabat Harus Ketahui

Mengetahui jenis-jenis kain sifon adalah suatu nilai tambah bagi kita sebagai wanita muslimah yang sangat memperhatikan busana, apalagi kita juga sangat membutuhkan pengetahuan tentang kain karena memang lebih banyak berurusan dengan hal yang satu ini, dibandingkan dengan kaum lelaki. Nah setelah dalam artikel-artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang kain pashmina, maka saatnya kita membahas lebih detail tentang bahan dan kain sifon.

Apakah Bahan atau Kain Sifon Itu?

Sebelum membahas lebih banyak tentang jenis-jenis kain sifon, maka tak ada salahnya kita mengulas apa itu kain sifon. Hal ini tentunya akan bermanfaat terutama bagi sahabat muslimah yang belum begitu mengatahui tentang kain sifon ini.

kain sifon atau chiffon dan jenis-jenisnya
kain sifon atau chiffon dan jenis-jenisnya. image: shwinandshwin.com

Kain atau bahan sifon adalah kain yang memiliki tekstur sangat halus dan juga tipis. Ciri-ciri dari kain ini adalah biasanya dibuat dari bahan katun, sutra, nilon, rayon, polyester, dan blend atau campuran. Bahan sifon atau orang menulis chiffon ini biasanya materialnya tipis dan agak menerawang, kalau dipegang licin dan seratnya halus. Karena sifatnya yang licin inilah terkadang sifon atau chiffon menjadi agak susah untuk dibentuk. Busana yang terbuat dari kain sifon jika dikenakan, bahannya nge-flow atau berkesan “jatuh” sehingga akan terlihat lebih cantik. Apabila untuk busana muslim, karena bahannya tipis dan agak menerawang maka biasanya harus menggunakan tambahan furing atau lapisan dalam lagi. Jika digunakan untuk pashmina biasanya agak licin dan untuk mengamankan agar tidak berubah posisi maka dibutuhkan jarum pentul untuk menguncinya.

Anda Bisa Membaca Artikel Terkait Berikut:

  1. Inilah Jenis Bahan Katun dan Ciri-cirinya Yang Wajib Sahabat Ketahui
  2. Inilah Bahan Ceruti, Karakteristik, Ciri-cirinya dan Contoh Penggunaannya
  3. Bahan Wolfis atau Woolpeach Itu Apa? Inilah Karakteristik dan Ciri-ciri Lengkapnya
  4. Bingung Membedakan Bahan Kain Jersey dan Spandex? Bacalah Tulisan Berikut

Jenis-Jenis Kain dan Bahan Sifon atau Chiffon

Nah setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan kain sifon atau chiffon ini, maka selanjutnya adalah membahas tentang jenis-jenis kain sifon yang beredar di pasaran, terutama di market Indonesia ini. Ternyata banyak sekali jenis bahan sifon yang bisa kita dapatkan untuk membuat busana muslim sesuai dengan kebutuhan kita. Apa sajakah macam-macam bahan kain sifon itu? Inilah dia selengkapnya.

1.Kain Sifon Berbahan Serat Alami

Ada beberapa macam bahan kain sifon yang terbuat dari bahan serat alami. Serat alami yang dimaksudkan disini adalah bahan serat yang didapatkan langsung dari alam tanpa melalui proses pembuatan secara kimia. Sahabat muslimah bisa melihat salah satu contoh dari serat alami ini adalah serat yang berasal dari kepompong ulat sutra yang diolah menjadi bahan kani sutra, atau juga kain katun yang dibuat dari bahan serat kapas atau bahasa Inggrisnya adalah cotton.

Jenis kain sifon yang terbuat dari serat alami ada beberapa macam yaitu:

A.Kain Sifon dari Serat Sutra atau Silk Chiffon

Kain sifon yang berbahan utama serat ulat sutra atau lebih dikenal dengan silk chiffon ini dibuat dari serat alami yaitu kepompong ulat sutra. Kain ini merupakan jenis bahan sifon alami yang pertama kali dibuat oleh manusia, yang ditemukan pada sekitar abad 18.

silk chiffon atau sifon sutra
silk chiffon atau sifon sutra. image: bandjfabrics.com

Sifon sutra atau silk chiffon ini banyak sekali dipakai untuk membuat gaun pengantin, gaun pesta,dan saat ini banyak juga yang menggunakannya sebagai bahan untuk membuat busana muslim seperti baju gamis, kerudung atau scarf.

Bahan sifon sutra ini banyak yang menyukai karena penampilannya yang elegan ringan, lembut, bahannya jatuh, dan luwes dalam mengikuti gerak tubuh. Kain sifon sutra ini biasanya dibuat dengan tenunan polos atau silk crape yang menutupi lekuk tubuh yang tidak ingin ditonjolkan. Namun, selain indah dan banyak disukai oleh wanita muslimah, ada beberapa kekurangan dari sifon sutra ini. Karena bahannya yang mudah sobek maka sangat perlu perhatian khusus. Oleh karena itu pada busana muslim sering digunakan untuk busana dengan model siluet loose atau longgar. Selain itu, karena bahannya dari serat sutra maka tentu saja harga pakaian atau busana yang terbuat dari jenis sifon sutra ini lebih mahal dibandingkan bahan sifon lainnya.

B. Kain Sifon Berbahan Serat katun atau Cotton Chiffon

Selain silk chiffon, jenis lain dari kain sifon yang terbuat dari serat alami adalah sifon yang berbahan serat katun, atau lebih dikenal sebagai cotton chiffon. Dengan membaca namanya pasti sahabat sudah mengetahui bagaimana kain jenis ini. Karena berbahan dasar serat katun maka kain jenis ini mempunyai daya serap yang sangat bagus, nyaman dipakai, dan tentunya tetap memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda dengan silk chiffon.

cotton chiffon atau katun sifon
cotton chiffon atau katun sifon. image: made-in-china.com

Di dunia fashion muslim, bahan kain cotton chiffon ini banyak dipakai untuk dijadikan busana muslimah. Bagi sahabat muslimah yang ingin mencobanya, sahabat dapat menjadikan kain sifon katun ini menjadi baju gamis, kerudung atau jilbab, syal dan yang lainnya. Namun karena sifat bahan sifon yang tipis ini, maka untuk membuat busana muslimah harus ditambah dengan furing atau lapisan dalam pakaian sehingga tidak menerawang dan terlihat lekuk tubuh. Bahan kain sifon katun ini juga sangat bagus dikombinasikan dengan bahan lain sesuai dengan keinginan.

2.Kain Sifon dari Bahan Sintetis

Di atas sudah kita ulas tentang jenis kain sifon yang terbuat dari bahan serat alami yaitu silk chiffon dan cotton chiffon, maka jenis yang keuda adalah bahan sifon yang terbuat dari serat sintetis atau semi sintetis. Jenis serat sintetis ini meliputi bahan polyester, nylon, atau juga rayon.

Penemuan kain sifon yang terbuat dari bahan sintetis ini tak lepas dari material dan bahan dasar dari kain sifon alami yang jumlahnya sangat terbatas dan harganya yang lebih mahal, maka dengan ditemukannya serat sintetis maka manusia tidak lagi terhalang oleh terbatasnya bahan serat alami ini. Selain itu juga dengan adanya serat sintetis maka harga jual dari busana bisa ditekan sehingga jauh lebih murah.

Macam-macam kain sifon dari bahan serat sintetis antara lain:

A. Kain Sifon dari Serat Nylon atau Nylon Chiffon

Berbeda halnya dengan jenis kain sifon yang terbuat dari serat alami yang harganya mahal, maka kain nylon chiffon ini harganya jauh lebih murah. Namun demikian kain sifon yang terbuat dari serat nylon ini karakteristiknya tetap lembut, tipis dan jatuh seperti kain sifon jenis lainnya. Selain itu kelebihan lainnya adalah bahan ini lebih kuat dan lebih mudah dalam hal perawatannya.

nylon chiffon atau sifon dari serat nylon.
nylon chiffon atau sifon dari serat nylon. image: etsy.com

Dalam hal penggunaannya, kain sifon dari serat nylon ini selain digunakan untuk membuat pakaian seperti gaun pengantin atau pesta, untuk cotum, floral, juga digunakan sebagai kain atau tirai penghias ruangan didalam rumah.

B. Kain Sifon dengan Bahan Polyester atau Polyeter Chiffon

Polyester chiffon atau kain sifon berbahan polyester ini mempunyai sifat dan karekteristik yang sama atau hampir sama dengan sifon sutra, yaitu lembut dan jatuh. Harganyapun jauh lebih murah, lebih kuat, dan juga lebih mudah dalam hal perawatan dibandingkan sifon yang berbahan sutra. Akan tetapi ada kekurangan dari jenis sifon ini yaitu bahan polyester susah untuk diberi warna. Oleh karena itu untuk tidak banyak warna yang ditawarkan dari bahan kain sifon polyester ini.

polyester chiffon
polyester chiffon. image: etsy.com

Karena harga dari kain sifon polyester ini jauh lebih murah dibandingkan jenis sifon yang terbuat dari serat alami, maka hal ini sangat menguntungkan baik dari segi produsen maupun konsumen. Karena harganya yang lebih murah maka banyak orang yang membeli bahan kain dari jenis ini, dan hal ini berimbas positif pada produksi bahan kain ini yang semakin banyak, sesuai dengan permintaan pasar.

Pada sifon jenis polyester dan nylon sebenarnya pada proses pembuatannya adalah sama, tetapi ada hal yang membedakannya yaitu proses penenunan, dimana pada sifon poliester menggunakan teknik plain wave, dan pada sifon nylon menggunakan teknik knit wave.

C. Kain Sifon dari Bahan Serat Rayon atau Rayon Chiffon

Seperti kita ketahui bahwa serat rayon disebut sebagai serat semi sintetis. Hal ini karena bahan utama dari serat rayon diambil dari tumbuh-tumbuhan, tepatnya hasil dari regenerasi selulosa, yang mana selulosa ini adalah komponen utama dinding sel yang ada di hampir semua tumbuhan. Dan jenis kain sifon yang berbahan serat rayon ini harganya juga tidak semahal silk sifon.

rayon chiffon atau rayon sifon.
rayon chiffon atau rayon sifon. image: timeaftertimedesigns.com

Karakteristik dan sifat dari kain sifon rayon atau rayon chiffon ini hampir sama dengan jenis kain sifon lainnya, dan penggunaannyapun sama. Yang membedakan hanyalah harganya yang lebih murah dibandingkan dengan silk chiffon dan cotton chiffon, namun diatas polyester chiffon.

3. Blend Chiffon

Jenis dari kain sifon terbaru ini adalah Blend chiffon. Kain ini merupakan jenis kain sifon yang terbuat dari serat campuran antara sutra dan polyester. Kehadirannya menjadi solusi kombinasi yang sering dipakai para perancang untuk berkreasi lebih luas lagi.

contoh blend chiffon
contoh blend chiffon. images: bandjfabrics.com

Sebagai perpaduan silk chiffon dan polyester chiffon, bahan ini menjadi lebih elastis, lebih kuat, dan berkilau meskipun tidak seindah kilau sifon sutra. Beberapa bahan sifon campuran antara lain hycon chiffon, cerruti chiffon, dan crepe chiffon.

Nah sahabat muslimah, demikian diatas sudah dijelaskan tentang jenis-jenis kain sifon yang terdapat di pasaran yang dapat sahabat muslimah cari untuk membuat busana muslimah sesuai dengan selera sahabat. Dengan mengetahui jenis bahan kain ini juga sahabat akan lebih luas dan dalam pengetahuannya tentang bahan kain, dan tidak mudah tertipu oleh pedagang busana maupun bahan kain saat sedang berbelanja kain atau busana. Semoga bermanfaat. (referensi: kaos-kerah.com)

1 COMMENT

  1. […] Bahan sifon dibuat dari campuran sutera, serat sintetis dan serat kapas, sehingga sebenarnya agak panas jika dipakai lebih-lebih pada siang hari. Namun karena tampilannya yang sangat menarik sehingga banyak yang menyukai jilbab syar’i dari bahan sifon ini. Untuk mengurangi panas di kepala, sebaiknya gunakan inner atau ciput dengan bahan kaos sebelum memakai jilbab dari bahan sifon ini. Untuk lebih lengkap mengenai bahan sifon, silahkan klik tautan berikut. […]

Leave a Reply