Inilah 7 Tips dan Cara Mengatur Keuangan Bagi Muslimah Yang Belum Menikah

0
933

Semua manusia diciptakan untuk hidup berpasang-pasangan, sesuai dengan firman Allah SWT yang ada pada Al Qur’an, tak terkecuali pada wanita muslimah. Hanya saja untuk masalah pasangan, jodoh atau pernikahan adalah rahasia Allah yang sudah ada ketentuannya, dimana sebagai makhluk ciptaan-Nya kita harus terus berusaha untuk menggapainya.

Dewasa ini dimana arus globalisasi yang semakin merebak di negara kita, sudah menjadi tren jika menikah bagi wanita termasuk wanita muslimah, adalah menunggu sampai umur diatas 25 tahun. Hal ini sebenarnya tidak sesuai dengan sunnah Rasulullah, namun karena gempuran arus globalisasi tersebut akhirnya mau tidak mau hal tersebut menjadi sesuatu yang biasa.

Nah jika ditelisik dari sisi ekonomi, bagaimana dengan wanita muslimah yang belum menikah, apakah perlu untuk mengatur keuangannya? Jawabannya adalah sangat perlu. Hal ini karena banyak para wanita yangbelum menikah yang tidak dapat mengatur keuangannya, sehingga tidak mempunyai tabungan untuk hari depan, dan juga terkadang malah pengeluarannya lebih besar dari uang yang dihasilkannya. Selain itu kondisi ini didukung oleh kemudahan dalam memperoleh segala sesuatu dengan adanya uang. Kita tinggal membayar, maka barang yang kita inginkan akan segera kita dapatkan. Jika barang tersebut merupakan kebutuhan primer atau sekunder, hal itu tidaklah mengapa. Namun terkadang karena rayuan iklan yang begitu mempesona, sehingga barang-barang yang sebenarnya tidak kita perlukan, akan ikut terbeli juga. Kondisi inilah yang mengakibatkan keuangan kita selalu nol atau bahkan minus dari bulan ke bulan.

Perencanaan keuangan masa depan sangatlah diperlukan bagi wanita muslimah yang belum menikah, agar dapat memenuhi kebutuhan hidup kedepan, dan juga nantinya tidak hanya mengandalkan keuangan yang didapatkan dari suami saat sudah menikah nanti. Apalagi kita belum mengetahui apakah sang suami nantinya dapat memback-up semua kebutuhan keuangan kita saat berkeluarga nantinya. Dan juga biasanya sebagai ibu rumah tangga nanti, sang isteri harus pintar mengelola keuangan yang didapat oleh suami. Oleh karena itu, inilah saatnya bagi wanita muslimah yang belum menikah untuk belajar mengatur keuangan dirinya sehingga pada saat sudah berkeluarga nanti tidak akan bingung dan shock.

Sahabat muslimah, berikut ini kami coba uraikan 7 tips dan cara untuk mengatur keuangan bagi Anda yang belum menikah. Tips tersebut adalah sebagai berikut:

1.Menentukan biaya bulanan

Hal paling utama yang harus kita lakukan adalah menentukan biaya bulanan yang kita habiskan untuk biaya hidup sehari-hari selama sebulan. Tuliskan semua kebutuhan dalam sebulan beserta biayanya masing-masing dari yang besar sampai dengan hal terkecil yang akan kita lakukan yang membutuhkan uang. Jika kita memiliki hutang, maka prioritaskan untuk membayar hutang tersebut, baik dicicil secara berkala ataukah langsng dibayar lunas.

menentukan biaya bulanan
menentukan biaya bulanan

Seandainya setelah menuliskan semua pengeluaran dan membandingkannya dengan penghasilan yang kita dapatkan ternyata nilai penghasilan lebih kecil dibandingkan dengan biaya hidup bulanan, maka kita ihat kembali list kebutuhan tersebut, pilahlah item yang bukan termasuk kebutuhan pokok yang dapat kita hapus atau kecilkan nilai pengeluarannya. Biasakanlah untuk berhemat sehingga kita dapat menyimpan sisa dari penghasilan bulanan kita.

2.Mempersiapkan Dana Darurat

Dana darurat adalah simpanan uang kita yang nilainya paling sedikit enam kali jumlah pengeluaran rutin bulanan kita. Hal ini sangat diperlukan, karena kita tidak mengetahui bagaimana kondisi kedepannya, yang semuanya serba mungkin terjadi. Kita tidak dapat mengetahui apakah penghasilan kita akan tetap atau bertambah dalam beberapa bulan mendatang, ataukah malah perusahan tempat kita bekerja bermasalah sehingga tidak dapat membayar gaji bulanan kita. Oleh karena itu, menyediakan dana darurat ini sangat penting untuk dilakukan. Sedangkan penyimpanan uang ini bisa dalam bentuk emas atau asset yang lain yang tidak ada resiko rusak atau hilang nilai. Dan untuk mencegah terkena riba, maka janganlah menyimpan uang tersebut ke bank.

persiapkan dana darurat
persiapkan dana darurat

3.Menyiapkan Dana Pensiun

Menyiapkan dana pensiun, apakah tidak terlalu tergesa-gesa? Toh kita masih muda, belum menikah lagi! Tentunya tidak. Walaupun kita masih muda dan waktu pensiun masih jauh didepan kita, kita akan lebih cerdas untuk mulai mempersiapkannya mulai dari sekarang. Dengan menyiapkan dana pensiun ini, kita akan mengamankan kondisi finansial kita di masa kita tua nantinya, sehingga saat tua nantinya kita tidak terlalu sibuk untuk mencari uang dimana kondisi badan sudah tidak kuat lagi melakukannya.

persiapkan pensiun
memersiapkan masa pensiun sejak dini

4.Jangan Terbuai Untuk Berbelanja

Sebagai wanita, sudah fitrahnya untuk menyukai berbelanja segala kebutuhan sehingga banyak yang melupakan untuk menabung. Berbelanjalah dengan smart, pilihlah barang-barang primer yang Anda benar-benar membutuhkannya, dan janganlan tergoda untuk membeli barang-barang yang sifatnya tidak mendesak dan tidak terlalu penting. Hal ini sesuai juga dengan perintah Rasulullah yang tidak memperbolehkan umat islam untuk hidup boros.

jangan boros dalam berbelanja
Jangan boros dalam berbelanja

5.Membeli Rumah

Membeli rumah adalah salah satu bentuk simpanan dan investasi yang cerdas, dimana harga tanah dan bangunan yang tidak akan pernah turun, yang terjadi adalah sebaliknya naik terus. Pembelian rumah ini dapat dilakukan dengan cash atau kredit. Pilihlah perumahan yang mempunyai posisi yang bagus kedepannya, dan juga jelas segala persyaratannya. Jika membeli dengan sistem kredit, carilah developer yang mau menjual rumah tersebut dengan cara syar’I, sehingga terhindar dari riba, dan Insya Allah berkah.

membeli rumah
membeli rumah

6.Mempersiapkan Pernikahan

Pernikahan adalah satu acara besar dalam hidup kita, yang kita berdoa ini adalah satu-satunya acara sejenis yang kita lakukan. Karena ini meupakan acara yang besar dimana kita akan mengundang saudara, teman, kolega, tetangga dan yang lainnya, maka event pernikahan ini jelas membutuhkan biaya yang tidak kecil. Memang dalam beberapa tradisi masing-masing suku di Indonesia, bahwa biaya pernikahan adalah murni dari pihak suami atau mempelai laki-laki, namun ada juga yang berada sebaliknya. Jika memang Anda sebagai wanita muslimah mengetahui kondisi keuangan sang calon suami yang mungkin pas-pasan, maka Anda dapat dengan suka rela untuk ikut menyumbang biaya pernikahan ini.

persiapkan pernikahan
persiapkan pernikahan

7.Banyak Bersedekah

Bersedekah jika dilihat secara materi maka kit justru akanmengeluarkan uang. Namun kita sebagai umat Islam meyakini bahwa dengan bersedekah, kita dapat membersihkan uang kita dari hal-hal yang mungkin tidak baik, sehingga uang yang kita dapatkan dan kita keluarkan adalah berkah.

banyak bersedekah
banyak bersedekah

Demikianlah tips dan cara mengatur keuangan bagi wanita muslimah yang dapat kami tuliskan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Dan masih banyak informasi dan tips bagi Anda wanita muslimah yang akan kami sharing hanya di Qorina blog.

Leave a Reply