26.9 C
Jakarta
Thursday, February 22, 2024

Buy now

spot_img

Cara Mudah Membersihkan Karang Gigi Sendiri Yang Membandel

Inilah beberapa cara mudah membersihkan karang gigi sendiri yang membandel. Karang gigi adalah lapisan keras di bagian luar gigi, tepatnya di bawah garis gusi, yang merupakan akumulasi dari plak yang tidak dibersihkan dengan benar. Plak gigi sendiri adalah lapisan lengket, terbentuk dari bakteri dan makanan berpati maupun manis, yang terus-menerus terbentuk pada gigi. Bakteri tersebut akan menghasilkan asam setelah Anda makan atau minum. Asam yang dihasilkan dari plak gigi bisa merusak email gigi bahkan menyebabkan gigi berlubang. Jadi, jika plak gigi mengeras hingga membentuk karang gigi, risiko terjadinya kerusakan gigi juga akan semakin meningkat.

cara mudah membersihkan karang gigi
cara mudah membersihkan karang gigi. Image by Stefan Keller from Pixabay

Meski pembersihan karang gigi sebaiknya dilakukan oleh dokter gigi dengan alat khusus, Anda dapat mencegahnya semakin tebal dan keras dengan melakukan beberapa cara membersihkan karang gigi sendiri. Ingin tahu caranya?

Cara Mudah Membersihkan Karang Gigi Sendiri Yang Membandel

Setelah mengerti apakah itu plak dan karang gigi, maka hal berikutnya yang wajib Anda ketahui adalah bagaimana cara mudah membersihkan karang gigi. Nah berikut ini adalah beberapa cara membersihkan karang gigi sendiri:

1. Sikatlah Gigi Menggunakan Sikat dan Pasta Gigi Khusus

Menyikat gigi adalah sebuah rutinitas yang wajib dilakukan setidaknya dua kali sehari selama 2 menit. Sebagai cara membersihkan karang gigi sendiri, sikatlah gigi menggunakan sikat gigi kecil berbulu lembut yang mampu menjangkau seluruh bagian mulut, termasuk gigi geraham belakang. Anda juga disarankan untuk menggunakan sikat gigi elektrik, karena diduga lebih baik dalam membersihkan plak gigi dibandingkan sikat gigi manual. Selain sikat gigi, pilihlah juga pasta gigi dengan fluoride dan triclosan yang diformulasikan khusus untuk mengontrol pembentukan karang gigi. Hal ini diperkuat dengan penelitian yang menunjukkan bahwa pasta gigi dengan kandungan bahan aktif ini terbukti efektif dalam membersihkan plak gigi dan mencegah karang gigi semakin tebal.

Baca Juga:  Adab Interaksi dengan Lawan Jenis

2. Bersihkan Gigi dengan Benang Gigi

Tak hanya menyikat gigi, Anda juga sebaiknya menggunakan benang gigi (dental floss) atau melakukan metode water flossing minimal sekali sehari untuk membersihkan kotoran hingga ke sela-sela gigi. Sebagai salah satu cara membersihkan karang gigi sendiri, kebiasaan ini dapat membantu menghilangkan plak gigi. Perlu Anda ketahui, plak gigi tidak bisa hilang sendiri, sehingga dibutuhkan usaha ekstra untuk membersihkannya.

3. Cara Mudah Membersihkan Karang Gigi dengan Menggunakan Obat Kumur Antiseptik

Rutin membersihkan mulut dengan obat kumur bisa menjadi salah satu cara membersihkan karang gigi sendiri. Hal ini karena obat kumur antiseptik mengandung bahan yang dapat melawan bakteri penyebab plak dan mencegah karang gigi, seperti cetylpyridium, chlorhexidine, dan beberapa jenis minyak atsiri.

4. Mengonsumsi Suplemen untuk Mengurangi Plak

Ada beberapa suplemen yang dapat membantu mengurangi plak dan mencegah penumpukan karang pada gigimu seperti zinc, kurkumin atau teh hijau. Beberapa zat yang disebut mempunyai kandungan zat yang efektif untuk menghancurkan dan meluruhkan kotoran yang menempel di gigi.

5. Mengunjungi Dokter Gigi Spesialis

Meski pembersihan karang gigi sebaiknya dilakukan oleh dokter spesialis dengan alat khusus, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter spesialis secara rutin untuk memeriksakan kondisi mulut dan menjaga kesehatan mulut Anda.

mengunjungi dokter gigi
mengunjungi dokter gigi. Image by u_165b5hiuva from Pixabay

Menurut dokter gigi paling tidak setiap enam bulan sekali wajib mengunjungi dokter gigi untuk mengecek kondisi terakhir gigi.

Demikianlah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan karang gigi yang kadang sudah lama menempel dan membandel di gigi Anda. Semoga bisa menambah pengetahuan dan jangan lupa untuk selalu rajin menyikat gigi secara rutin. Dari rekomendasi tim dokter gigi spesialis menyikat gigi dilakukan minimal dua kali sehari sehabis makan dan sebelum tidur. Dengan demikian akan menjaga gigi kita dari kotoran yang menempel dan menjadi karang gigi. Selamat mencoba!

Maryam
Maryam
Loves drawing, reading books & riding bicycle with friends.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru

%d