Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home Dunia Fashion Bahan Kain Satin Velvet, Inilah Ciri Khas dan Kegunaannya

Bahan Kain Satin Velvet, Inilah Ciri Khas dan Kegunaannya

Gamisjilbabsyari.com – Membicarakan tentang bahan kain satin sebenarnya sudah ada pembahasannya dalam artikel sebelumnya Inilah Kain Satin, Jenis dan Penggunaannya Bagi Fashion Muslimah dimana dijelaskan bermacam-macam jenis bahan kain satin, dan kali ini akan kita lanjutkan dengan pembahasan tentang kain satin velvet, ciri khas dan kegunaannya.

bahan kain satin velvet
bahan kain satin velvet. image: bukalapak

Secara umum, kain satin termasuk sejenis bahan kain yang memiliki ciri khas dengan permukaannya yang halus dan licin. Dan Sahabat muslimah, jika dilihat secara sepintas bahan satin sebenarnya memiliki ciri khas dan tampilan yang hampir mirip dengan bahan sutra meski serat penyusunnya sebenarnya berbeda. Sehingga meskipun keduanya terasa lembut di kulit, bahan kain satin umumnya memiliki permukaan yang lebih licin dibanding dengan bahan sutera.

Jika dilihat dari proses pembuatannya, kain satin lebih mudah dibuat dibanding dengan kain sutera yang sangat bergantung dari hasil peternakan ulat sutera. Hal ini mengakibatkan secara otomatis harga kain satin lebih terjangkau, dan harga kain sutera jauh lebih mahal. Seperti kain tekstil pada umumnya, kain satin sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai jenis dan variasi. Salah satunya diantaranya yaitu berupa kain satin velvet.

Apakah Bahan Kain Satin Velvet Itu?

Sebelum melangkah lebih lanjut mengenai ciri-ciri bahan kain satin velvet, ada baiknya Sahabat Muslimah mengetahui lebih dahulu apa itu bahan kain velvet dan pembuatannya sehingga nanti akan memahami ciri-cirinya.

bahan kain satin velvet meteran
bahan kain satin velvet meteran. image: tokopedia

Bahan kain satin velvet sebenarnya adalah salah satu jenis kain polyester yang memiliki sifat lembut dan cenderung jatuh. Jenis kain ini banyak dipakai untuk membuat busana wanita karena memberi kesan yang feminim, anggun, mewah dan elegan.

Ciri dan karakteristiknya utamanya adalah tebal dan jatuh yang menjadikan kain satin velvet ini sangat sesuai jika digunakan sebagai bahan pembuatan gamis, dress, maupun rok panjang. Bahkan pada perkembangannya bahan satin velvet ini juga sering dimanfaatkan untuk membuat hijab bagi para wanita muslim.

Baca Juga:  Tutorial Cara Memakai Jilbab Segi Empat Polos Cantik dan Simpel

Ciri Khas Bahan Kain Satin Velvet

Jika Sahabat Muslimah memperhatikan bahan kain satin velvet ini maka terdapat banyak ciri khas yang menjadikannya berbeda dengan bahan kain lainnya. Ciri-cirinya antara lain sebagai berikut:

1. Serat kainnya lebih rapat

Serat kain satin velvet ini karakteristiknya lebih rapat dibandingkan jenis satin lainnya dan tebal. Dengan ketebalannya yang diatas rata-rata maka keuntungannya adalah jika menggunakan kain ini untuk busana muslimah sangat cocok karena tidak transparan. Namun begitu untuk lebih amannya Sahabat bisa tetap menggunakan kain dalaman atau furing sehingga lebih tebal lagi.

2. Permukaan halus dan licin

Jika kita disuruh memilih bahan kain, secara umum kita akan memilih kain yang halus dan licin permukaannya dibandingkan dengan bahan kain yang kasar dan kaku. Karena jika halus dan licin otomatis busana yang dihasilkan akan nyaman dipakai. Hal ini tentu tidak berlaku jika Sahabat memang menggunakan bahan kain yang kasar misalkan untuk mode atau persyaratan khusus.

3. Warna Lebih Doff

Dibandingkan dengan jenis kain satin yang lainnya, kain ini warnanya lebih doff sehingga terkesan lebih soft atau lembut dipandang. Biasanya ada orang-orang yang lebih menyukai warna-warna doff dibandingkan dengan warna-warna terang, sehingga kain velvet satin ini menjadi salah satu pilihannya.

4. Kain satin velvet memiliki tampilan yang mewah dan elegan

Dengan seratnya yang halus dan lembut, warnanya yang cenderung doff dan permukaannya yang licin menjadikan bahan kain ini memiliki tampilan yang mewah dan elegan. Dengan tampilannya ini maka bahan satin velvet banyak dipakai menjadi busana pesta, gamis syar’i resmi ke pertemuan, dan sebagainya.

5. Kain satin velvet termasuk kedalam jenis kain satin yang tidak panas dipakai

Dengan karakteristiknya yang tidak panas jika dipakai dan seratnya yang halus maka banyak yang memilih bahan kain ini untuk dijadikan busana muslimah yang biasanya tertutup akan menjadikannya nyaman dipakai.

Baca Juga:  Bahan Kain Maxmara, Karakteristik dan Jenisnya Yang Harus Sahabat Ketahui

6. Tersedia dalam banyak warna dan motif

Bagi Sahabat Muslimah jangan kuatir jika mencari warna tertentu dari bahan satin velvet ini karena bahan ini dibuat dengan banyak pilihan warna sehingga mudah untuk mendapatkannya. Namun tentunya Sahabat mesti mencari toko bahan pakaian yang lumayan besar yang mempunyai banyak pilihan warna. Selain warnanya yang banyak pilihan, bahan kain ini juga ada pilihan dengan warna polos atau motif.

7. Harga Relatif murah

Dan terakhir yang sebetulnya menjadi salah satu faktor utama saat kita akan membeli suatu barang adalah masalah harga. Untuk kain satin velvet harganya cukup terjangkau yaitu sekitar 24.000 IDR per meter dengan lebar 150 cm.

Penggunaan Bahan kain Satin Velvet

Penggunaan kain satin velvet ini banyak macamnya sesuai dengan ciri dan karakteristiknya, mulai dari berbagai model gamis syar’i dan hijab bagi muslimah, rok dan bawahan, serta busana atau gaun pesta.

contoh jilbab khimar dai bahan satin velvet
contoh jilbab khimar dai bahan satin velvet. image: bukalapak

Demikianlah Sahabat Muslimah sedikit penjelasan tentang ciri khas bahan satin velvet beserta penggunaannya. Semoga bermanfaat.

NO COMMENTS

Leave a Reply

%d bloggers like this: